Definisi Umum PH

Pengertian PH adalah ukuran kadar keasamaan atau basa dalam suatu larutan. PH dapat menentukan ukuran ion hydronium H3O+ dan ukuran tersebut nantinya akan diperlihatkan dengan skala logaritma mulai dari angka 0 sampai dengan angka 14. Contohnya, air murni mempunyai kadar PH sebesar 7.0 dan masuk dalam kategori PH netral.

Ketika suatu larutan dikatakan asam, maka kadar PH-nya akan lebih kecil dari angka 7.0. sedangkan suatu larutan dianggap basa saat kadar PH-nya lebih dari angka 7.0.

Dikarenakan kadar PH memakai skala logaritma, bukan skala linear, maka nilai PH 6 mengindikasikan 10 kali lebih banyak jumlah proton H daripada larutan bernilai PH 7.0. Begitu juga dengan PH 5 yang mengindikasikan 10 kali lebih banyak proton daripada PH 6.

Dampak PH Pada Tumbuhan

PH merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh pada proses pertumbuhan tanaman karena mempunyai dampak langsung terhadap kemampuan atau daya serap ke-16 macam elemen nutrisi atau gizi dari sebuah tanaman. Daya serap maksimal tanaman berada pada tataran angka 5.5 hingga 6.5.

Ketika daya serap diluar ambang batas PH tersebut, nutrisi makro baik N, P, atau K serta nutrisi mikro tidak akan dapat diserap secara maksimal dan bahkan dapat berubah menjadi senyawa racun.

Cara Ubah Kadar PH

Kadar PH sebenarnya dapat diubah dengan cara menggunakan garam asam atau garam basa yang disebut sebagai alkali. Salah satu cairan pengubah kadar PH disebut sebagai larutan buffer yang merupakan produk yang banyak dijual di pasaran karena banyak dimanfaatkan masyarakat dalam berbagai bidang untuk menaikkan atau menurunkan kadar PH suatu larutan.

Pengukuran PH

Saat anda membangun suatu sistem hidroponik, sebaiknya anda juga melakukan pengukuran kadar PH setiap hari agar diketahui secara mendalam karakteristik larutan nutrisinya.

Anda dapat melakukan pengukuran sebelum air dicampurkan dengan larutan nutrisi kemudian mengukurnya secara berulang setelah satu jam setelah larutan tersebut dicampurkan. Guna menjaga keseimbangan PH, anda juga dapat menambahkan larutan buffer sebanyak yang diperlukan.

Cari Artikel di Sini