Apa Itu Surat Keterangan Kerja? Surat keterangan kerja menjadi dokumen yang sering dibutuhkan oleh karyawan. Dengan adanya surat ini, pihak ketiga atau pihak yang bersangkutan dapat mengetahui posisi, pekerjaan dan konfirmasi. Dokumen diterbitkan oleh perusahaan dimana karyawan tersebut bekerja.

Pengertian surat Keterangan kerja merupakan surat yang dibuat oleh pihak tertentu berdasarkan keterangan yang benar kepada pihak lain. Surat berguna untuk memberikan keterangan yang sebenarnya karena suatu hal. Isi surat biasanya meliputi posisi, pekerjaan dan konfirmasi mengenai orang tersebut. Berikut ini beberapa manfaat dari Surat Keterangan Kerja.

1. Melamar Pekerjaan di Tempat Baru

Jika Anda pernah bekerja di suatu perusahaan, jangan lupa meminta surat keterangan kerja ketika memutuskan untuk berhenti di tempat tersebut (baca: contoh surat lamaran kerja).

Dengan adanya surat keterangan kerja, Anda dapat menggunakannya untuk melamar pekerjaan di tempat yang baru. Dokumen dilampirkan oleh pelamar sebagai bukti sejarah karir pelamar.

Dokumen ini merupakan pernyataan pelamar terkait dengan posisi dan pekerjaan sebelumnya. Selain itu, pihak tempat bekerja yang baru dapat menverifikasi kebenarannya. Kesempatan Anda diterima pun lebih besar, karena Anda sudah memiliki bukti pengalaman kerja.

2. Menunjukkan Kinerja yang Baik

Surat Keterangan kerja menjadi bukti bahwa ketika Anda bekerja di perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik. Mereka menunjukkan perilaku kerja positif dan dedikasi yang baik.

Memiliki dokumen ini membuktikan bahwa karyawan bekerja sesuai dengan job description sehingga memberikan hasil sesuai target KPI (baca: contoh surat pengunduran diri kerja).

3. Mencairkan Dana JHT BPJS

Adanya surat keterangan kerja dapat digunakan untuk mencairkan Dana JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS sebesar 10 persen atau 30 persen. Tunjangan tersebut kini dapat dicairkan baik pekerja non-aktif atau pekerja aktif. Tanpa adanya surat keterangan kerja ini, Anda tidak akan bisa mencairkan dana JHT BPJS tersebut.

4. Mengajukan Pinjaman ke Bank

Anda dapat mengajukan pinjaman ke Bank dengan bantuan surat keterangan kerja. Pinjaman dapat berupa kredit pemilikan rumah, kredit tanpa agunan, kredit multiguna, kredit kendaraan bermotor dan sebagainya.

Surat Keterangan Kerja ini sebagai jaminan bahwa pihak pemohon memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap. Sehingga memungkinkan pada debitur dapat membayar cicilan pinjaman sesuai dengan kesepakatan.

5. Membuat Kartu Kredit

Surat Keterangan kerja menjadi salah satu syarat untuk membuat kartu kredit. Dalam pembuatan kartu kredit ada persyaratan mengenai penghasilan minimal setiap bulannya.

Sehingga surat keterangan kerja ini membantu pihak bank untuk memastikan bahwa Anda siap membuat kartu kredit dan membayar.

Membuat kartu kredit seperti halnya mengajukan permohonan pinjaman kepada bank. Bank menggunakan surat keterangan kerja atau paklaring sebagai bukti bahwa pemohon memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap.

6. Mendaftar Beasiswa Jalur Profesional

Sekarang Anda dapat menemukan beasiswa jalur profesional di berbagai universitas. Donatur dari beasiswa mulai dari pemerintah hingga institusi swasta. Tidak hanya itu, pihak pemerintah negara asing pun tidak sedikit yang memberikan beasiswa jalur profesional ini.

Beasiswa Jalur Profesional membutuhkan surat keterangan kerja sebagai salah satu persyaratannya. Selain itu, paklaringjuga harus dilegalisir oleh pihak perusahaan yang bersangkutan. Adanya dokumen ini sebagai syarat beasiswa juga didukung dengan adanya surat rekomendasi pihak perusahaan.

Dengan membaca ulasan tersebut, Anda akan mengetahui Apa Itu Surat Keterangan Kerja dan manfaatnya. Menggunakan surat keterangan kerja sebagai dokumen pendukung Anda melamar pekerjaan baru memudahkan Anda untuk diterima ke perusahaan tersebut.

Cari Artikel di Sini