Apa Itu Marketing Plan?

Definisi Marketing Plan – Untuk menghasilkan sesuatu anda memerlukan langkah-langkah yang tepat agar apa yang dihasilkan sesuai dengan harapan. Seperti memasak contohnya, agar dapat terhidangkan sepiring telur dadar yang enak diperlukan bahan-bahan seperti telur, bawang, daun bawang, garam dan berbagai bahan lainnya. Kemudian setiap langkah nya harus tepat dan dengan pembagian waktu yang pas, karena jika tidak bisa jadi telur dadar anda gagal disajikan. Bisnis yang anda jalankan pun tidak jauh berbeda, diperlukan strategi pemasaran dengan tujuan yang jelas dan rencana pemasaran yang akan mewujudkan tujuan tersebut. Seperti  yang disinggung sedikit pada artikel 7 Tips Cara Mudah Membuat Strategi Marketing, Marketing Plan atau rencana pemasaran adalah segala hal yang secara spesifik menentukan apa saja yang perlu anda lakukan untuk mencapai tujuan yang telah anda tetapkan. Dalam artikel ini akan dijelaskan secara singkat apa itu marketing plan, semoga dapat bermanfaat.

Sekilas Tentang Marketing Plan

Sebuah rencana pemasaran atau marketing plan menentukan bagaimana anda akan menempatkan strategi pemasaran anda ke dalam praktek dipasar. Marketing plan juga memastikan bahwa setiap orang dalam tim anda tahu apa yang anda coba lakukan dan apa yang harus mereka lakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Rencana pemasaran yang efektif harus menetapkan tujuan yang jelas yang akan membantu anda menuju tujuan strategis jangka panjang anda. Ketika dalam strategi pemasaran anda menargetkan segmen pelanggan tertentu, maka marketing plan Anda harus jelas dan memiliki tujuan yang terukur khusus untuk membantu anda mencapai tujuan ini, seperti meningkatkan penjualan dengan persentase klosing tertarget. Menetapkan tenggat waktu dan menyetujui anggaran pemasaran, membantu anda fokus pada prioritas anda dan berkomitmen untuk mencapai target tersebut.

Anda harus membuat perkiraan penjualan dan menargetkan bagian penting dari rencana pemasaran anda kemudian memasukannya ke dalam rencana bisnis anda secara keseluruhan. Tapi ukuran kinerja lain bisa sama pentingnya. Anda dapat memilih target seperti ini untuk mencerminkan tujuan strategis anda. Dengan mareketing plan juga dapat membantu anda mengidentifikasi mana bagian marketing anda yang bekerja atau tidak misalnya, jika tingkat penyelidikan memenuhi target namun penjualan tidak.

Rencanakan Marketing Anda

Kegiatan pemasaran bisnis anda kemungkinan akan fokus pada berkomunikasi dengan pelanggan yang ada dan potensial. Rencana pemasaran anda harus menentukan kapan dan bagaimana anda akan melakukan hal ini. Mulai membangun jadwal dengan mengetahui waktu penting tiap tahunnya misalnya, ketika pelanggan bisnis anda akan merencanakan anggaran tahun depan atau puncak pembelian musiman (seperti Natal). Atur waktu promosi pemasaran anda agar sesuai dengan tanggal-tanggal seperti ini dan mencari kesempatan-kesempatan lain, seperti pameran dagang, atau waktu-waktu yang memberikan keuntungan bagi anda.

Jika ada waktu lowong yang banyak dalam jadwal pemasaran anda, isilah dengan kegiatan hemat biaya untuk membantu menjaga ketertarikan pelanggan. Anda mungkin bisa mengirimkan update barang atau info yang kikra-kira bermanfaat. jika Anda sangat bergantung pada jumlah pelanggan penting yang sangat sedikit, cobalah untuk mengembangkan rencana pengelolaan rekening perorangan untuk mereka. Dibandingkan mailshots dan bentuk-bentuk komunikasi pemasaran umum yang lain, key account seperti panggilan biasa telepon, pertemuan, bisnis hiburan, dan sebagainya lebih cocok untuk digunakan.

Kesimpulannya rencana pemasaran atau marketing plan adalah langkah spesifik yang dilakukan agar strategi pemasaran yang dibuat dapat terlaksana dengan baik sehingga tujuannya dapat tercapai. Itulah tadi sekilas tentang apa itu marketing plan, semoga dapat menjawab pertanyaan anda dan mohon maaf untuk kekurangannya. Jika ada yang kurang jelas atau perlu ditanyakan anda dapat mengisi kolom komentar dibawah terima kasih.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: