Apa itu kerja remote, freelance atau kerja lepas di luar gedung kantor?. Sistem freelance ini sudah banyak diberlakukan oleh perusahaan modern.

Demi alasan kenyamanan dan keleluasaan karyawan, sistem “work from home” atau “bekerja dari rumah” mulai banyak diberlakukan (baca: contoh surat lamaran pekerjaan).

Seseorang dapat bekerja dari rumah dengan posisi kantor yang berada di luar kota atau bahkan dari luar negeri sekalipun. Pemberlakuan sistem freelance ini dapat berlaku secara part time ataupun full time.

Kerja remote atau freelance dengan tawaran fleksibilitas kerja yang memiliki banyak keuntungan. Karyawan menjadi punya banyak waktu untuk berkumpul dengan keluarga di rumah. Saat jenuh dengan deretan tugas di depan layar, mereka bisa mencari hiburan lain terlebih dahulu.

Bekerja sambil nonton tv, tiduran, ngemil, main game, melakukan pekerjaan rumah tangga, ataupun mengasuh anak. Meski demikian, mereka punya tantangan tersendiri.

Ketika terlalu asyik dengan urusan lain, terkadang lupa dengan deadline tugas harian. Oleh karenanya, dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi agar kerja remote bisa tetap terkontrol.

Berikut ada 5 tips agar kerja remote yang Anda lakukan secara freelance bisa tetap efisien.

1. Tentukan jam kerja yang jelas dan konsisten

Bekerja dengan sistem “work from home” akan terkesan lebih lama dari kerja konvensional manakala jadwal kerjanya tidak jelas. Sebaiknya tentukan jadwal kerja yang jelas dan tetap.

Semisal Anda akan bekerja dari pukul 8 pagi-3 sore nonstop. Ataupun dengan sistem kerja putus-putus yaitu tiap 3 jam kerja maka istirahat 1 jam dan seterusnya. Sesuaikan dengan kondisi di rumah.

2. Jaringan internet lancar dengan gadget high technology

Kunci utama dalam kelancaran sistem remote adalah jaringan internet dan telekomunikasi yang lancar. Hal ini menjadi faktor penentu kelancaran dan efisiensi kinerja. Tanpa gadget yang canggih dan jaringan yang lancar, mustahil pekerjaan dengan sistem home work ini akan berjalan dengan baik.

3. Komunikasikan dengan orang-orang sekitar tentang sistem kerja Anda

Menjadi suatu tantangan tersendiri ketika orang rumah menganggap sepele pekerjaan Anda dan dimintai tolong untuk mengerjakan sesuatu yang lain.

Sebaiknya komunikasikan dengan orang sekitar tentang apa itu kerja remote, freelance work from home dengan tanggung jawab sama sebagaimana konvensional. Sampaikan jam kerja Anda di rumah sehingga tidak diganggu oleh orang lain.

4. Sesuaikan dengan gaya bekerja favorit Anda

Ciptakan suasana yang paling nyaman di rumah agar mood tetap baik. Anda bisa membuat ruang kerja khusus di sudut kamar, taman belakang, atau dimanapun yang dirasa nyaman (baca: contoh surat resign kerja).

Busana yang dikenakan tentunya jauh lebih santai. Tapi memang ada sebagian orang yang tetap memilih berpakaian rapih dan resmi untuk menjaga diri agar tidak bermalas-malasan.

5. Luangkan waktu untuk hangout

Apa bedanya ketika Anda tetap berkutat pada layar laptop padahal sudah memilih kerja sistem remote. Buatlah spesifikasi jadwal yang membuat Anda tetap bisa hangout dengan keluarga atau teman. Hiburan sangat penting untuk menghindari kejenuhan dan stress.

Kerja remote, freelance tidak di bawah kontrol management kantor dengan sistem jarak jauh. Pada intinya, dibutuhkan sistem pengendalian diri. Harus memiliki tekad kuat agar tetap disiplin dan sesuai dengan arahan atasan yang berada di kantor. Tentukan target harian ataupun mingguan agar tidak keluar jalur.

Cari Artikel di Sini