12 Aplikasi untuk Marketing dan Pemasaran Online

Marketing Tools Online- Sebagai seorang marketing pasti kita sering disibukkan dengan banyaknya pekerjaan, klien dan deadline yang harus ditangani, terkadang hal itu membuat kita kewalahan. Tapi tenang itu dulu, sekarang seiring berkembangnya zaman mulai banyak tool yang dapat memudahkan itu semua. Berikut ini 17 marketing tool yang populer digunakan sesuai kebutuhan anda :

Manajemen Proyek / Kolaborasi

1. Mavenlink

Mavenlink pantas dicoba untuk me-manage proyek anda karena daftar fitur yang kuat, meliputi segala sesuatu dari mengelola tugas-tugas, untuk pelacakan proyek (baik secara internal maupun dengan klien), berbagi dan menerima file, dan pelacakan waktu dan biaya.

Pada dasarnya ini merupakan tool manajemen proyek yang semua ada dan terintegrasi dengan Google Apps sehingga sangat membantu anda

Salah satu fitur favorit dari Mavenlink adalah anda dapat menentukan tugas kepada orang lain (baik klien atau orang-orang dalam organisasi anda), menetapkan tenggat waktu dan melihat ketika mereka sudah mulai dan menyelesaikan kata tugas.

Memang dibutuhkan waktu lebih untuk memahami tool ini tapi setelah anda menguasainya tool ini sangat berguna.

2. Basecamp

Basecamp telah muncul beberapa waktu ini, jadi mungkin saja anda pernah mendengar tentangnya. Ini merupakan tool manajemen proyek yang berbasis cloud tapi tidak seperti Mavenlink, anda tidak dapat melacak waktu atau biaya dan anda tidak bisa memberikan tugas ke orang lain.

Tapi kalau hanya untuk tool manajemen proyek berbasis klien yang memungkinkan anda untuk berbagi file dan percakapan pada sebuah proyek-by-proyek, Basecamp bekerja dengan baik.

3. Trello

Trello adalah alat yang baik untuk manajemen proyek anda. Gambaran umumnya seperti anda membuat “papan” untuk setiap proyek, membuat daftar untuk melihat kemajuan anda pada proyek itu dan membuat “kartu” yang mencantumkan setiap tugas. Dan tentu saja sangat mudah untuk dipelajari serta mudah digunakan.

Tools untuk SEO (Search Engine Optimization)

1. Moz

Moz adalah salah satu alat SEO yang suangaaat mudah digunakan dan atur. Anda dapat melihat bagaimana peringkat kata kunci anda, perbandingan side-by-side dari tiap kata kunci, dan melihat mesin pencari  mana yang mengirimkan traffic ke situs anda hanya melalui dashboard anda. Fitur terbaik dari Moz adalah tata letak visual dashboard yang sangat menarik.

2. Tools Untuk Manajemen file

marketing-tool2

3. Dropbox

Tentu saja anda sangat mengenal tool yang ini. Dropbox memungkinkan anda untuk mengakses file di cloud, sehingga anda masih dapat mengakses file yang anda butuhkan dimanapun anda berada. Hal yang menarik ialah tool ini semacam bertindak sebagai server online yang menyimpan file-file bahkan file besar sekalipun dan memungkinkan anda untuk berbagi atau mengedit file tersebut bersama semua anggota tim anda tanpa perlu melakukan transfer file melalui email, hanya cukup drop it dan semua menjadi mudah.

4. Google Drive

Tidak jauh berbeda dengan dropbox google drive juga digunakan sebagai cara untuk berbagi sumber daya, file dan membuat atau memperbarui spreadsheet. yang membedakan google Drive dengan Dropbox adalah anda harus membayar untuk jumlah ruang penyimpanan yang dapat anda gunakan dalam Dropbox, sedangkan Google Drive gratis tis tis dengan batas penyimpanan hingga – 15 GB. jelas tool ini menjadi sangat populer. Ditambah lagi kemampuan pencarian file atau folder dari google yang ditawarkan Drive sangat memudahkan anda. Anda hanya perlu memiliki akun Gmail dan semua fitur google Drive dapat anda nikmati.

Manajemen Media Sosial

marketing-tool

1. HootSuite

Jika Anda mengelola beberapa media sosial untuk klien yang berbeda, HootSuite adalah alat yang tepat. Anda dapat menggunakan scheduler untuk menjadwal posting anda pada tanggal dan waktu tertentu. selain itu, Anda dapat melihat bagaimana hal itu akan ditampilkan.

Dengan fitur HootSuite “stream,” anda dapat melihat postingan di semua medsos anda dalam format visual yang memudahkan anda untuk mengecek apa ayang anda posting dan dimana. Selain itu anda juga dapat mengecek analisa promosi, fitur yang sangat berguna untuk melihat seberapa berhasil promosi yang kita lakukan.

2. TweetDeck

TweetDeck memungkinkan anda mengatur bebrapa account Twitter dan Facebook anda dari satu dashboard, mirip dengan HootSuite. Tool ini juga dapat memberitahukan anda ketika suatu postingan sukses dengan pemberitahuan yang muncul melalui kotak kecil dibagian pojok layar anda.

Sayangnya TweetDeck hanya bekerja untuk Twitter dan Facebook dan tidak berintegrasi dengan account lain seperti Google+ atau LinkedIn.

selain dari beberapa marketing tool diatas masih banyak marketing tool lain yang mudah digunakan dan tentu saja gratis seperti yang diberikan Google berikut

3. Google Alerts

Google Alerts  memberitahu anda ketika barang anda disebutkan secara online, bahkan dapat memberitahukan anda ketika pesaing anda disebutkan.

4. Google Analytics

Google Analytics sangat diperlukan untuk memantau hasil traffic situs Web anda dan darimana asalnya. Tampilan grafik ini sangat berguna untuk melihat secara visual perubahan traffic sehingga anda dapat memahami bagaimana memanfaatkan tindakan yang menyebabkan traffic meningkat.

5. Google Insights

Ingin tahu seberapa populer kata kunci tertentu? Gunakan Google Insights untuk melihat manakah kata kunci yang mendapatkan atau kehilangan popularitas dari waktu ke waktu. Anda dapat mencari menurut wilayah dan mencari tahu apa yang populer pada waktu-waktu tertentu seperti liburan.

Nah itu tadi adalah beberapa alat-alat marketing yang dapat kamu gunakan guna meningkatkan produktifitas kamu. Tentu saja masih ada banyak tools-tools marketing lainnya yang bisa digunakan. Ini semua tergantung pada selera dan kebutuhan kamu.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: