Alasan resign harus akurat dan bijak jika Anda tidak ingin mendapat masalah. Kemungkinan tidak nyaman saat bekerja di sebuah perusahaan, pasti pernah Anda rasakan.

Atau bahkan Anda sedang memikirkan untuk berhenti dari tempat Anda berkerja sekarang ini. Kemudian, Anda ingin mencari perusahaan yang lebih baik untuk mengembangkan keahlian dan keterampilan yang Anda miliki. Tetapi, keputusan tersebut perlu Anda pikirkan secara matang-matang karena hal itu akan berpengaruh pada karier Anda.

Tidak nyaman dalam bekerja memiliki banyak faktor seperti tidak suka hal tertentu di dalam perusahaan. Namun alasan tersebut kurang baik jika digunakan untuk mengajukan pengunduran diri secara profesional.

Walaupun Anda ingin berhenti dari perusahaan tersebut, sebaiknya Anda tetap menunjukkan profesionalitas. Selain itu Anda harus lebih yakin apakah benar ingin mengundurkan diri atau tidak, untuk itu temukan alasan resign yang bijak. Simak berikutnya:

1. Mendapatkan Pekerjaan Baru

Untuk yang pertama yaitu mendapatkan pekerjaan baru, yang berarti secara status finansial sudah terjamin. Hal tersebut menjadi alasan yang sangat masuk akal jika yakin untuk berhenti dari tempat bekerja sekarang ini. Tetapi, Anda harus memastikan bahwa surat lamaran kerja yang Anda kirim sudah diterima dan pekerjaan yang baru sudah tetap.

Anda juga harus membuat kesepakatan dengan perusahaan yang memberi tawaran pekerjaan baru apakah Anda benar-benar akan bekerja tetap atau tidak. Jika Anda tidak memastikan hal tersebut dengan benar, maka sangat disarankan tetap untuk bekerja di perusahaan sekarang ini.

2. Perusahaan Tidak Memberi Jenjang Karier Yang Jelas

Biasanya, perusahaan memberi jenjang karier yang jelas karena ada beberapa posisi bisa saja ditempati. Sebagai karyawan yang sudah bekerja lama, Anda dapat diangkat menjadi pegawai tetap di perusahaan tersebut.

Namun, juga ada perusahaan yang memberi tahap jenjang karier yang tidak terang. Seperti ada karyawan yang barusan diangkat, namun sudah mempunyai wewenang besar. Hal ini diperoleh karena memiliki rekan seorang pemimpin sedangkan banyak yang bekerja berpuluh tahun masih di posisi yang sama.

3. Karyawan Yang Tidak Dihargai

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan karyawan merasa tidak dihargai di dalam perusahaan. Hal inilah yang mengakibatkan para karyawan ingin berhenti berkerja.

Selain itu ada alasan resign lainnya yaitu mengenai besaran upah yang dianggap tidak sesuai dengan beban kerja. Bahkan para karyawan merasa bahwa dirinya tidak dihargai dengan setiap pekerjaannya dan pencapaian yang sudah dilakukan. Jika hal ini terjadi dengan Anda, segara ajukan surat pengunduran diri.

4. Alasan Kesehatan

Untuk keluar dari perusahaan ada satu alasan yang tidak akan memberikan predikat buruk yaitu sakit yang merupakan kondisi yang memang tidak dapat dipaksakan untuk bekerja.

Sakit menjadi alasan yang sangat bisa dimaklumi untuk mengundurkan diri secara mendadak. Walaupun yang sakit adalah keluarga atau mungkin Anda sendiri, tetapi sebelum mengundurkan diri. Setidaknya Anda harus menanyakan kejelasan asuransi perusahaan untuk meringankan beban dalam membayar biaya perawatan.

5. Tanggung Jawab Tidak Sesuai Dengan Pekerjaan Yang Diberikan

Pastinya Anda datang di sebuah perusahaan membawa keterampilan dan keahlian serta latar pendidikan. Dengan bayangan untuk bekerja di bidang yang Anda kuasai, apabila Anda mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai.

Mungkin pekerjaan yang Anda lakukan malah membuat tidak nyaman setiap hari. Sebaiknya hal tersebut perlu Anda pikirkan sebagai alasan yang tepat untuk mengundurkan diri. Tentunya hal tersebut jika dipaksakan dapat membuat produktivitas perusahaan menjadi tidak optimal.

6. Jam Kerja Tidak Sesuai

Untuk alasan yang terakhir adalah jam kerja yang tidak sesuai, karena idealnya harus seimbang dengan kehidupan pribadi Anda. Misalkan Anda seorang perempuan yang menjadi ibu untuk anak Anda dan harus lebih memperhatikan keluarga.

Tentunya jam kerja di dalam perusahaan tidak akan sesuai dengan kehidupan sehari-hari Anda. Jadi hal tersebut dapat menjadi alasan jika Anda ingin mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja sekarang ini.

Berikut tadi merupakan alasan resign yang bisa Anda gunakan, sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri. Sebaiknya Anda harus mempertimbangkan apakah alasan Anda sudah tepat atau belum. Semoga penjelasan berikut dapat membantu Anda!

Cari Artikel di Sini