Pengertian Akuntansi Manajemen adalah: Menurut Ahli, Fungsi, Manfaat

Akuntansi Manajerial – Ada banyak macam-macam tipe akuntansi, seperti pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang akuntansi manajemen sektor publik dan akuntansi keuangan.

Nah, pada artikel kali ini saya ingin membahas tentang akuntansi manajemen. Pada intinya mereka memiliki arti yang sama saja, cuma berbeda pada hal penerapan atau aplikasiannya.

Definisi Umum Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen juga biasa disebut dengan akuntansi manajerial adalah salah satu dari sekian banyak bidang akuntansi yang memiliki fungsi untuk menyajikan laporan-laporan yang ditujukan untuk pihak internal perusahaan terutama untuk pihak manajemen untuk melaksanakan tugas/proses manajemen seperti perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan pengendalian.

Dalam akuntansi manajemen memang difokuskan untuk memberikan data informasi keuangan / financial report guna keperluan interen perusahaan. Informasi yang disajikan oleh akuntansi manajemen sangat diperlukan guna mengambil kebijakan / strategi apa yang harus diambil untuk tahun berikutnya. Karena, dengan data dan informasi akurat maka pihak manajemen akan bisa memberikan arahan yang tepat pula.

Mudahnya akuntansi manajerial atau akuntansi manajemen merupakan sistem akuntansi yang berkaitan dengan ketentuan dan penggunaan informasi berupa akuntansi untuk memanajemen suatu organisasi.

Akuntansi manajemen juga berguna untuk memberikan dasar kepada manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang akan membuat manajemen lebih siap dalam pengelolaan dan melaksanakan fungsi kontrol.

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Ahli

Akuntansi Manajemen merupakan sistem akuntansi yang berkaitan dengan penggunaan informasi akuntansi oleh tingkat manajerial dalam suatu organisasi atau perusahaan. Laporan tersebut akan membantu pihak internal untuk mengetahui seluk beluk lebih dalam tentang perusahaannya. Pihak internal seperti manajer keuangan, manajer pemasaran, manajer produksi, dan pihak internal lainnya. Ada beberapa pengertian mengenai akuntansi manajemen dari beberapa ahli.

1. Halim dan Supomo (2000:3)

Definisi Akuntansi Manajemen menurut Halim dan Supomo adalah kegiatan yang menghasilkan informasi keuangan untuk mengatur atau mengelola sebuah organisasi sebagai dasar pengambilan pasal-pasal keputusan dalam menjalankan dan mewujudkan fungsi manajemen.

2. Charles T. Homgren

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Ahli yaitu Charles T homgren menyatakan bahwa akuntansi manajemen (Management Accounting) merupakan proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, penyiapan, analisis, penafsiran dan komunikasi tentang informasi yang membantu dalam masing-masing  eksekutif untuk memenuhi tujuan dari sebuah organisasi.

3. RA Supriyono (1993:8)

Akuntansi manajemen adalah suatu proses identifikasi, pengumpulan data, analisis, penyiapan dan komunikasi informasi finansial. Hal tersebut untuk digunakan manajemen untuk sebuah perencanaan, evaluasi dan pengendalian dalam suatu organisasi atau perusahaan.

4. Mulyadi (2001:2)

Pengertian Akuntansi Manajemen menurut Mulyadi adalah suatu informasi keuangan yang dihasilkan oleh tipe akuntansi manajemen yang digunakan. Terutama digunakan oleh pihak intern suatu perusahaan atau organisasi.

5. Chartered Istitute of Management Accountant (1994:30)

Akuntansi manajemen merupakan penyatuan bagian manajemen yang mencakup, penyajian dan penafsiran informasi. Penyatuan tersebut digunakan untuk perumusan strategi, aktivitas perencanaan dan pengendalian. Optimalisasi penggunaan sumber daya, pembuatan keputusan, pengungkapan kepada pemilik dan pihak luar, pengungkapan kepada pekerja, dan pengamanan aset perusahaan.

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Berbisni tentu akan berhubungan erat dengan proses akuntansi. Akuntansi dibagi kedalam dua macam bidang yaitu akuntansi keuangan dan satunya lagi yaitu akuntansi manajemen.

Akuntansi keuangan sering digunakan oleh pihak luar sedangkan akuntansi manajemen digunakan oleh pihak dalam. Ada beberapa Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan yang perlu Anda ketahui yaitu :

1. Tujuan

Tujuan Akuntansi Manajemen yaitu untuk menghasilkan laporan secara spesifik dan detail, serta mengidentifikasi masalah yang timbul dan menyelesaikan masalah tersebut. Sedangkan akuntansi keuangan yaitu menghasilkan laporan yang menggambarkan kinerja, kondisi dan performa dari perusahaan.

2. Ruang Lingkup

Ruang Lingkup dari akuntansi manajemen yaitu memberikan informasi yang bertujuan untuk melaporkan suatu bagian dalam perusahaan. Misalnya bagian produksi, bagian pemasaran atau bagian yang lainnya. Sedangkan akuntansi keuangan yaitu menyajikan keuangan mengenai perusahaan secara menyeluruh. Misalnya neraca, laporan laba rugi, jurnal umum dan masih banyak lagi.

3. Penggunaan Laporan

Akuntansi manajemen berfungsi sebagai penyelenggaraan keuangan seperti kebutuhan informasi tentang keuangan oleh sebuah manajemen atau pihak internal dalam perusahaan. Kegunaan Akuntansi Manajemen nantinya akan dipakai sebagai bahan evaluasi dan sarana pengambilan keputusan untuk perusahaan. Seperti para manajer, eksekutif, karyawan administrasi, supervisorataupunsales.

Sedangkan akuntansi keuangan berfungsi untuk menyajikan sebuah informasi keuangan perusahaan atau badan Negara bagi pengguna atau bagian dari luar perusahaan. Pihak luar tersebut merupakan pihak eksternal perusahaan yang meliputi pemegang saham, pemerintah, kreditur maupun analisis keuangan. Laporan ini tidak bisa digunakan untuk pengambilan keputusan.

4. Rentang Waktu

Rentang waktu akuntansi manajemen lebih fleksibel dibandingkan dengan akuntansi keuangan. Periode dari akuntansi manajemen yaitu memiliki rentang waktu harian atau mingguan. Sedangkan pada akuntansi keuangan yaitu periode bulanan, setengah tahun ataupun satu tahun.

5. Fokus Informasi

Akuntansi manajemen biasanya lebih cenderung berorientasi pada masa yang akan datang. Sedangkan akuntansi keuangan lebih fokus pada informasi masa lalu dengan gambaran pertanggungjawaban perusahaan dalam mengelola dana untuk sebuah bisnis yang dilakukan.

6. Sifat Informasi

Sifat informasi dari akuntansi manajemen yaitu mampu membantu manajemen dalam pengambilan keputusan perencanaan, pengorganisasian, atau juga pengarahan dan pengendalian. Buku Akuntansi Manajemen tidak hanya mengandalkan satu disiplin ilmu akuntansi tetapi juga mengambil disiplin ilmu yang lainnya. Misalnya disiplin ilmu manajemen.

Sedangkan sifat informasi dari akuntansi keuangan yaitu membutuhkan tingkat ketepatan yang tinggi, objektif, akurat dan bisa diuji kebenarannya. Pihak manajemen mempergunakan layanan jasa sebagai pihak ketiga yang independen.

7. Tipe Informasi

Tipe Akuntansi manajemen yaitu mengukur keuangan, mengukur operasional, dan pengukuran fisik proses, supplier, teknologi, kompetitordan pelanggan. Sedangkan tipe informasi akuntansi keuangan hanya mengukur pada keuangannya saja.

Fungsi Akuntansi Manajemen

Fungsi Akuntansi Manajemen yaitu:

  1. Menghasilkan runtutan informasi mengenai keuangan untuk kepentingan sebuah manajemen atau pihak internal perusahaan untuk mencapai suatu perwujudan visi misi dan  tujuan perusahaan. Informasi keuangan dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan keputusan dan menilai hasil yang sudah tercapai oleh perusahaan.
  2. Mengidentifikasi. Mengukur dan melaporkan informasi keuangan dalam bentuk laporan keuangan yang sistematis, detail dan transparan. Hal tersebut memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas. Penilaian tersebut didapat dari informasi akuntansi manajemen yang dilakukan oleh pihak-pihak dalam suatu perusahaan.
  3. Menyajikan suatu laporan sebagai satu kesatuan usaha. Kepentingan pihak internal datau orang dalam perusahaan untuk menjalankan proses manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Manfaat Akuntansi Manajemen

Manfaat akuntansi manajemen yaitu:

1. Membantu dalam penyusunan perencanaan yang efektif

Akuntansi manajemen bagi manajer yaitu membantu dalam membuat perencanaan program-program bisnis perusahaan. Biasanya orang menyebutnya sebagai penganggaran. Setiap bisnis pasti memerlukan perkiraan dana yang dibutuhkan agar kegiatan perusahaan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

2. Membantu proses pengawasan pengendalian

Akuntansi manajemen bermanfaat untuk membantu proses pengawasan pengendalian perusahaan atas penyimpangan perencanaan yang mungkin terjadi. Jika terjadi suatu penyimpangan tentu kegiatan usaha menjadi tidak lancar dan berujung pada kerugian materiil. Akuntansi Manajemen disini mampu mencegah terjadinya hal-hal tersebut.

3. Sebagai acuan operasional

Makna Akuntansi Manajemendisini sebagai acuan dari operasional usaha sehari-hari untuk mendapatkan suatu sistem kerja yang efektif dan efisien. Perusahaan yang bisa berkembang dan berhasil yaitu membutuhkan adanya sistem operasional yang baik sesuai standar. Manajer memiliki kebutuhan yang konstan terhadap informasi akuntansi manajemen.

4. Menyediakan informasi keuangan

Adanya akuntansi manajemen yaitu menyediakan informasi keuangan yang relavan bagi manajemen perusahaan dalam pelaksanaan fungsi perencanaan. Manfaat utama dari akuntansi manajemen yaitu membantu perusahaan dalam fungsi perencanaan yang sebelumnya telah disusun oleh para manajer perusahaan.

5. Menyediakan alat analisa

Akuntansi manajemen bermanfaat sebagai penyedia alat analisa. Alat analisa ini bersifat kuantitatif dan kualitatif sebagai dasar dari pengambilan keputusan manajemen.

6. Menyediakan informasi pihak eksternal

Manajemen keuangan berguna untuk menyediakan informasi bagi pihak eksternal perusahaan dalam hal pelaporan usaha. Perusahaan tidak mungkin tidak berhubungan dengan pihak lain untuk menjalin kerja sama agar usahanya semakin lancar. Nah akuntansi manajemen inilah yang berguna untuk asosiasi usaha.

7. Menyediakan informasi penetapan dan pertanggungjawaban

Akuntansi manajemen juga bermanfaat sebagai penetapan dan pelaporan pertanggungjawaban masing-masing unit kerja perusahaan dan manajerial perusahaan tersebut. Perusahaan besar biasanya terdiri dari unit-unit kecil. Fungsinya untuk memudahkan pihak perusahaan dalam pembagian kerja yang jelas. Sehingga kegiatan usaha perusahaan mampu berjalan lancar.

8. Memudahkan koordinasi aktivitas perusahaan

Laporan akuntansi berguna untuk mempermudah koordinasi aktifitas yang ada pada sebuah perusahaan. Banyaknya unit kerja dalam perusahaan mengharuskan seluruh unit kerja bisa bekerja sama dengan baik dan lancar. Hal tersebut membutuhkan akuntansi manajemen untuk memudahkan koordinasi.

9. Menyediakan teknik dan sarana

Teknik dan sarana dibutuhkan untuk mengukur prestasi perusahaan secara menyeluruh. Hal tersebut bisa dilihat dari laporan akuntansi manajemen. Karena akuntansi manajemen memuat data kuantitatif tertentu yang mampu menunjukkan kinerja masing-masing unit kerja serta prestasi yang didapat oleh perusahaan.

Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Dalam praktiknya ruang lingkup informasi yang terdapat pada akuntansi manajemen lebih spesifik dibandingkan dengan bidang akuntansi yang lain alias cenderung lebih sempit.

Akuntansi manajemen tidak terlalu terfokus pada suatu perusahaan sebagai sebuah entitas tetapi cenderung lebih ke detail lagi karena laporan yang disajikan lebih akan menjadi sangat vital untuk perusahaan, seperti bagian produksi ataupun marketing, sehingga informasi itu dijadikan data/ acuan valid untuk penentuan strategi kedepannya.

Tingkat kompleksitas akuntansi manajemen bergantung pada tingkat kebutuhan ataupun elemen-elemen yang ada pada tingkatan manajemen tersebut, seberapa banyak pihak yang terlibat pada pengambilan sebuah keputusan. Itu tadi adalah pengertian akuntansi manajemen, semoga bermanfaat bagi Anda.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: