6 Tipe Software untuk Meningkatkan Profit Bisnis

Tujuan orang berbisnis tentunya untuk mendapatkan untung sebesar-besarnya dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada semaksimal mungkin. Salah satu aspek penting untuk peningkatan profit bisnis ialah dalam hal manajemen internal perusahaannya, karena sebuah perusahaan tidak mungkin bisa berkembang dengan baik jika tidak ada manajemen bisnis yang baik pula.

Nah, untuk memaksimalkan manajemen tersebut diperlukan sebuah program atau aplikasi bisnis guna untuk memaksimalkan produktivitasnya. Manajemen disini bisa di semua sektor seperti manajemen keuangan, manajemen marketing hingga manajemen sumber daya manusia.

Berikut ini adalah macam-macam software yang bisa meningkatkan produktivitas perusahaan :

Software Untuk Mengatur Jadwal / Schedule

Jika Anda sebagai pengusaha tentu mengatur jadwal adalah hal yang terpenting, jangan sampai jadwal Anda tidak teratur. Misalkan, hari senin Anda harus mengerjakan ini, selasa harus meeting disana, rabu harus begini. Semuanya harus teratur, jika tidak maka pekerjaan bisa tidak akan selesai dan alhasil maka bisnis Anda tinggal tunggu waktu untuk bangkrut.

Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi penjadwalan di smartphone atau asisten virtual yang akan memberikan alarm tentang pekerjaan yang harus Anda selesaikan.

Software Untuk Komunikasi

Komunikasi adalah bagian paling penting dalam bisnis, tanpa adanya komunikasi yang baik maka tidak akan mungkin mendapatkan relasi bisnis yang mumpuni, baik mitra maupun client. Dalam hal ini dibutuhkan software komunikasi yang mumpuni supaya komunikasi menjadi lebih mudah.

Dengan menggunakan aplikasi ini koordinasi pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih baik. Bahkan ada beberapa aplikasi yang memungkinkan untuk rapat online dengan menggunakan teknologi video call seperti menggunakan aplikasi skype.

Software Point of Sale

Aplikasi POS adalah aplikasi yang digunakan untuk mengurus transaksi keuangan dalam usaha retail atau toko seperti minimarket, restaurant, dll. Jadi mudahnya aplikasi POS ini adalah aplikasi mesin kasir, dengan aplikasi ini sangat memudahkan pemilik usaha untuk melakukan dan mendokumentasikan transaksi penjualan.

Software HRD

Software HRD adalah aplikasi yang digunakan untuk memanajemen personalia seperti mengurus kepegawaian. Dengan menggunakan aplikasi ini pihak HR dimudahkan dalam mendata karyawannya, hal ini penting untuk bahan pertimbangan utama pemberian gaji karyawan.

Software Pengolahan Data

Data dalam bisnis adalah barang yang sangat penting, jika pengusaha tidak bisa membaca data dengan baik dan efektif maka besar kemungkinan akan salah dalam menentukan kebijakan kantor kedepannya. Untuk itu diperlukan program untuk membaca data, minimal spreadsheet seperti Google Sheet ataupun Microsoft Excel. Program ini juga sudah sangat banyak untuk versi komputer maupun smartphone.

Software Pengolah data Akuntansi / Keungan

Dalam bisnis bagian keuangan adalah bagian yang sangat krusial, bisa dikatakan jantungnya. Jika 6keuangan dalam perusahaan tidak lancar maka otomatis roda perusahaan tidak akan bisa berputar dengan baik.  Karena itulah diperlukan sebuah aplikasi untuk mengolah akuntansi atau keuangan dalam perusahaan.

Kunjungi Juga : Sleekr Software Akuntansi

Dalam aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan penggajian dengan menggunakan fungsi payroll jadi pihak keuangan tidak kerepotan saat tanggal gajian datang. Selain itu, aplikasi juga bisa digunakan untuk menghitung nilai akhir gaji tiap karyawan sesuai dengan ketentuan pajak PPh 21.

Tentu masih ada banyak sekali software yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas bisnis, semua itu tergantung pada kebutuhan bisnis Anda sendiri. Untuk itu sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi yang mana, Anda harus bisa mendefinisikan bisnis Anda sendiri.

Misal, untuk software komunikasi dalam perusahaan akan menggunakan Whatsapp atau Telegram, semua itu harus dikomunikasikan dengan baik supaya komunikasi internal dapat terjalin dengan efektif dan efisien.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: