4 Cara Efektif dalam Facebook Marketing untuk Profit Maksimal

Maksimalkan Facebook Marketing – Apakah Anda tahu bahwa pada Maret 2013, Facebook diperkirakan memiliki 11.1 milyar pengguna? bagaimana dengan sekarang 2016? tentu saja jumlahnya meningkat dengan banyak. Ini seperti lahan subur yang banyak terdapat emas didalamnya. Dengan banyaknya pengguna tidak dapat dipungkiri lagi setiap orang hampir semua memiliki akun facebook. Mulai dari anak kecil bahkan nenek-nenek sekalipun, dan karena itu juga facebook memiliki target pasar yang beragam dan cocok hampir untuk semua bisnis online.

Sayangnya meskipun banyak orang menggunakan facebook sebagai media berbisnis belum semua dapat menggunakannya secara maksimal. Dalam artikel ini akan ada beberapa langkah yang harus anda lakukan agar mendapatkan hasil maksimal dengan menggunakan facebook marketing. Tapi sebelum itu, anda sebaiknya sudah memiliki beberapa hal berikut:

  • Website yang baik: Website anda adalah pusat bisnis maka dari itu harus terlihat profesional dan menampilkan apa yang anda tawarkan ke pelanggan anda.
  • Rencana dan model bisnis yang jelas: Bagaimana anda mendapatkan uang? Ini pertanyaan gampang, tetapi banyak pengusaha tidak memiliki rencana bisnis yang kuat dan belum mengerti hal-hal seperti biaya barang atau berapa banyak uang yang bisa (dan harus) dialokasikan kebagian pemasaran.
  • Email layanan pengiriman: Beberapa konsumen produk besar mungkin tidak memerlukan sistem pengiriman email, tapi kebanyakan bisnis masih perlu menggunakan pemasaran email sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka secara keseluruhan.
  • Fanspage Facebook yang sudah dioptimasi: Sebelum anda memulai pemasaran di Facebook, sebaiknya anda memiliki terlebih dahulu fanspage yang sudah dioptimasi. Setelah anda telah melakukan hal-hal ini, anda dapat mulai untuk mengintegrasikan pemasaran Facebook anda dengan rencana pemasaran anda secara keseluruhan. (baca juga: Cara Membuat Fanpage Facebook)

Siap untuk mempelajari lebih lanjut tentang marketing di platform media sosial yang paling populer di dunia dan bagaimana memaksimalkan strategi pemasaran Facebook Anda?

1. Mulai Dengan Strategi Rencana Pemasaran

Jika anda baru kenal dengan Facebook marketing, kenalkan diri anda dengan peluang promosi yang disediakan platform ini – kemudian pilihlah mana yang paling cocok untuk bisnis anda. Tidak semua bisnis online sama begitu juga dengan pelanggannya. Tanyakan kepada diri sendiri: siapa saja yang mengiinginkan bisnis anda? Apa yang anda ketahui tentang mereka? lihat juga demografi sosial, kebiasaan, preferensi mereka. Ketika anda memulai pemasaran di Facebook, informasi ini akan membantu anda menyesuaikan konten anda ke khalayak agar dapat diterima.

2. Tentukan Target Pemasaran Facebook Anda

OK setelah anda tahu apa yang orang-orang inginkan. Sekarang apa yang sebenarnya ingin anda dapatkan dengan melakukan pemasaran di Facebook? Apakah Anda ingin orang merasa tertarik dengan merek anda? maka pikirkanlah tujuan yang lebih spesifik seperti ketertarikan orang akan meningkat 50% di akhir tahun. Menulis tujuan Anda sebelum Anda mulai promosi Facebook marketing Anda. Informasi ini sangat penting untuk mengecek keberhasilan strategi pemasaran Anda.

3. Pilih Strategi Pemasaran yang Tepat

Ada banyak metode dan teknik untuk melakukan pemasaran melalui media sosial. Dengan informasi yang anda miliki tentang target anda, lakukanlah riset – kemudian mengembangkan strategi pemasaran untuk bisnis online anda dan berikut ini beberapa strategi yang dapat anda coba sebagai awal:

  1. The Power Of Freebies!
    Semua orang senang mendapatkan sesuatu secara gratis. Pastikan apa pun yang anda berikan di Facebook akan dianggap sebagai sesuatu yang berharga untuk followers anda
  2. Coba Facebook Ads
    Kalau anda tidak pernah mengeluarkan uang untuk iklan sebelumnya dan takut untuk membeli iklan yang belum terpercaya, maka anda bisa mencoba Facebook Ads. Dengan Facebook Ads anda dapat menyesuaikan banyaknya iklan dengan biaya yang anda miliki. Kemudian Facebook Ads juga menampilkan iklan ke follower yang sudah tertarget sehingga strategi ini akan lebih menghasilkan .
  3. Gunakan Gambar Dan Video
    Anda akan mendapatkanlebih banyak like dan klik melalui informasi visual seperti Foto, Infografis, dan video. karena pada dasarnya manusia menyukai dari hal apa yang dia lihat. Ketika anda sedang menawarkan tips atau tutorial, membahas liburan anda, atau mempromosikan produk, pesan anda akan lebih menarik dengan visual.
  4. Jangan Abaikan Judul Postingan
    Judul postingan anda ibarat Headline dalam promosi sehingga Luangkan waktu untuk menggunakan teknik copywriting agar orang tertarik hanya dari membaca judulnya.
  5. Jadikan Diri Anda Likeable 
    Ini penting karena follower anda akan percaya kepada anda dan membeli dari Anda. Jadi tunjukkan kepribadian Anda dan selalu ramah, selalu siap membantu.
  6. Luangkan Waktu Untuk Online
    Jangan posting lalu lari! Luangkan waktu anda untuk menanggapi komentar dan pesan di Facebook . Ketika mereka mengomentari posting, mengucapkan terima kasih atas komentar mereka dan buka percakapan. Hanya beberapa menit ekstra dapat meningkatkan kepercayaan pada brand anda.

4. Periksa Seberapa Baik Marketing Anda Berjalan

Tanpa mengetahui keefektifitasan keuangan anda, anda tidak tahu seberapa baik bisnis anda berjalan. Sangat penting bukan? Ini sama seperti analisis media sosial. Jika anda tidak mengukur follow, aktivitas klik, like baru dan konfersi, anda tidak tahu apakah strategi anda efektif atau hanya buang-buang waktu. Check-in secara teratur dan perbaiki upaya pemasaran anda untuk memaksimalkan kinerja.

Tentu saja strategi pemasaran Facebook anda secara keseluruhan harus selalu melakukan posting secara teratur, bergaul dan berinteraksi dengan follower anda dan selalu sediakan konten yang cocok untuk dibagikan ke teman-teman dan fans. Berikan apa yang mereka inginkan, dan anda akan lebih menarik minat mereka ke bisnis online anda.

Itulah dia 4 Langkah Efektif Memaksimalkan Facebook Marketing semoga dapat bermanfaat. Lihat juga berbagai artikel mengenai Facebook dan media sosial lain yang juga sangat bermanfaat. terima kasih.https://rocketmanajemen

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: