4 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis Online

Saat ini penetrasi internet dalam kehidupan sehari-hari memang tidak bisa dihindari, hampir di setiap sektor kehidupan kita membutuhkan internet terutama pada sektor komunikasi dan hiburan. Saya yakin, sepanjang hari ada lebih dari 1 jam waktu yang kita gunakan untuk sekedar menjelajah internet.

Selain sektor tersebut, sektor ekonomi juga mengalami pergeseran yang luar biasa terutama pada saat proses jual beli. Kalau jaman dahulu orang beli barang harus ke pasar atau mall, tapi untuk sekarang cukup dengan membuka sebuah situs jual beli, pilih barang, transfer dan tunggu barang sampai dikirim oleh kurir. Sektor inilah yang bisa Anda bidik peluangnya. Anda bisa dengan mudah bisnis online di era digital tanpa modal yang besar jika memanfaatkan internet.

Kalau dulu orang membuka toko perlu sewa toko, maka tidak perlu. Cukup membuat sebuah website yang murah atau hanya menggunakan akun sosial media seperti instagram kita sudah bisa jualan online. Berikut kita bahas beberapa tips strategi pemasaran untuk meningkatkan pendapatan jualan online :

Buat Paket penjualan / upsell

Jika barang yang kita jual dirasa terlalu tinggi untuk konsumen, maka kita bisa menggunakan strategi upsell. Strategi upsell ialah strategi penjualan dimana kita sebagai penjual menawarkan produk kepada konsumen dalam bentuk sebuah paket, harganya lebih mahal tetapi produknya jauh lebih lengkap. Misal, kita jual barang A harga 100ribu, barang B harga 50ribu. Jika konsumen membeli barang A dan B sekaligus maka hanya membayar 120ribu saja.

Kunjungi : Sleekr Software HR

Strategi ini terbukti efektif, terutama jika barang yang kita jual bersifat konsumtif / fashion apalagi jika target konsumennya adalah wanita yang sudah cukup ekonominya. Tetapi, untuk membuat paket penjualan ini dibutuhkan kemampuan manajemen keuangan yang mumpuni, jangan sampai salah hitung dan berujung kerugian bagi perusahaan.

Memberikan layanan terbaik

Selain harga murah dan kualitas baik, salah satu aspek terpenting yang menjadi perhatian konsumen adalah pelayanan yang baik. Di dalam jual beli online tentu juga membutuhkan etika yang baik dalam hal pelayanan terhadap konsumen.

Caranya bagaimana? Kita harus dengan ramah melayani pembeli, jawab setiap pertanyaan pembeli dengan ramah, fast respond, bahasanya sopan, tidak singkat-singkat alias ketus, gunakan emotikon yang baik dan yang pasti JANGAN CAPSLOCK!

Selain itu kuasai produk yang kita jual, karena calon pembeli pastinya akan banyak bertanya tentang produk yang akan mereka beli dan ini sah-sah saja.

Buat penawaran yang sensasional

Pengertian penawaran sensasional / sensational offer ialah tipe merketing yang membuat sebuah penawaran terhadap sebuah produk sehingga calon konsumen sangat sulit untuk tidak membelinya. Jikapun terpaksa tidak membelinya, maka dibuat agar konsumen akan menyesal dikemudian hari.

Lalu bagaimana membuat penawaran sensasional ini? Caranya adalah dengan membuat sebuah produk yang berkualitas, langka dan memenuhi kebutuhan konsumen dengan sangat baik. Berikan janji-janji atau garansi kepada calon konsumen sebagai bentuk penjaminan mutu terhadap produk yang kita jual.

Manfaatkan iklan gratis dan berbayar

Salah satu alasan kita menggunakan internet adalah biaya iklan yang sangat murah dibanding dengan konvensional. Jika kita promosi menggunakan balio, brosur, maka beaya yang dikeluarkan akan sangat tinggi.

Untuk itulah, dengan adanya internet kita bisa meminimalisir beaya sampai ditingkat terendah. Untuk cara gratisan kita bisa memanfaatkan sosial media seperti instagram dan facebook. Tinggal post saja produk kita setiap hari, maka pasti akan ada yang minat asalkan konsisten dalam upload produk dan jangan lupa untuk “menghidupkan” akun dengan cara aktif memberi like, komen dan share. Perlu adanya manajemen waktu  dan diri yang baik supaya kita bisa konsisten menjalaninya.

Untuk cara berbayar kita bisa menggunakan facebook & instagram ads, dimana bsia menjangkau orang lebih banyak dan tertarget. Kita bisa menentukan jenis kelamin, umur, daerah bahkan hobi orang yang menjadi calon konsumen kita.

Itu tadi adalah beberapa tips untuk meningkatkan omset penjualan toko online. Jadi bukan alasan tidak mendapat pinjaman modal kemudian kita tidak berani berjualan online. Semuanya bisa diminimalkan bahkan di nolkan, tidak punya produk? Kita bisa dropship, tidak punya biaya iklan? Kita bisa menggunakan sosmed gratisan.

Cari Artikel di Sini



Leave a Comment

*

%d bloggers like this: