[HOAX] Kirim Pesan Whatsapp (WA) Harus bayar

Beberapa tahun ini sempat beredar kabar hoax bahwa whatsapp akan menerapkan tarif pada setiap pesan yang kita kirim. Pesan ini beredar cepat melalui chat personal maupun lewat chat grup. Begini bunyi pesan tersebut :

“Mulai Hari Senin besok WhatSapp akan dikenakan bayaran (biaya) karena sekarang whatsapp sdh diakuisisi oleh Facebook. Jadi kalau anda punya kontak sekurangnya 10 org, maka kirimilah mereka pesan ini. Dengan begitu kita akan melihat bahwa anda adalah pengguna yang sangat membutuhkan whatsapp ini, dan kemudian logo anda akan menjadi biru dan akan tetap gratis. (Seperti berita yang dimuat dalam koran hari ini). Whatsapp akan dikenakan biaya sebesar 0.01€ per pesan (message). Kirimlah pesan ini ke 10 org. Apabila anda mengirim pesan tsb maka warna logo anda akan menjadi biru, kalau tdk setiap penggunaan whatsapp akan dikenakan biaya.”


Karena masih banyaknya orang awam yang memakai whatsapp dan menelan mentah-mentah informasi itu, maka banyak yang mempercayai berita hoax tersebut. Hal ini terjadi juga karena masih banyak orang yang enggan mencari info lebih lanjut atau bisa di istilahkan dengan tabayun dan enggan membaca FAQ whatsapp.

Dalam FAQ whatsapp, sudah di jelaskan bahwa whatsapp “tidak” menarik biaya pada pesan yang kita kirim. Disini di jelaskan bahwa WhatsApp menggunakan koneksi Internet telepon kamu (4G/3G/2G/EDGE atau Wi-Fi, bila tersedia) untuk mengirim dan menerima pesan ke teman-teman dan keluarga kamu. Kamu tidak perlu membayar untuk setiap pesan yang terkirim.

Selama tidak melewati batas data dalam paket Internet yang kamu gunakan atau kamu terhubung ke jaringan Wi-Fi, sehingga operator dari SIM card yang kamu gunakan seharusnya tidak mengenakan biaya ekstra untuk berkirim pesan melalui whatsapp.

Intinya whatsapp hanya memakai kuota data internet kamu untuk berkirim pesan tanpa mengurangi jumlah pulsa pada kartu telepun kamu.

Sebelumnya whatsapp memang pernah menarik biaya berlangganan bukan biaya untuk setiap pesan yang kita kirim. Biaya berlangganan tersebut sebesar $1 pertahunnya. Namun hal ini tidak bertahan lama yang kemudian whatsapp menghilangkan biaya berlangganan tersebut dan memberikan akses ke aplikasi whatsapp secara gratis.

Bagi kamu yang masih merasa bingung atau memiliki pertanyaan mengenai artikel diatas, kamu bisa menuliskannya pada kolom komentar dibawah. Insya Allah akan kami balas. Terimakasi telah membaca artikel kami. Baca juga artikel kami lainnya yang tak kalah menariknya.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: