Cara Ambil dan Kirim Uang dengan Western Union (WU) & Kelebihannya

Sekarang sudah ada layanan pengiriman uang baik itu dalam ataupun luar negeri, yakni dengan Western Union. Semakin banyaknya transasksi menggunakan layanan ini, maka pertumbuhannya pun menjadi signifikan.

Keunggulan dari Western Union ini adalah kita dapat mengirimkan (transfer) uang keluar negeri secara realtime atau dengan kata lain langsung dapat diterima oleh si penerima di negara lain. Ini tentunya membedakan dari beberapa bank lokal yang hanya menyediakan layanan transfer di ruang lingkup lokal saja. Untuk lebih mengenal Western Union mari kita simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Western Union?

Bila kita berbicara mengenai Western Union sendiri adalag sebuah layanan yang dapat digunakan untuk transfer (mengirimkan) uang kepada orang lain dengan suatu system yang telah tertata berbasis digital. Nah saat kita akan melakukan transfer maupun menerima uang kita hanya membutuhkan kartu identitas tanpa harus membuat rekening bank maupun yang lain.

Baca juga : 8 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar

Pengiriman uang dengan Westren Union juga dianggap lebih spesial dibanding dengan bank lokal. Hal ini karena ada beberapa kelebihan saat kita mengirimkan uang lewat Western Union ini.

Kelebihan Transfer Via Western Union

1. Transfer Tanpa Menggunakan Rekening

Nah boleh dibilang keunggulan Western Union dibanding bank lokal adalah yang satu ini. Bila transefer dengan bank maka pengirim dan penerima harus mempunyai rekening. Sedangkan tarnsfer menggunakan Western Union kita hanya menunjukkan identitas diri saja saat melakukan pengiriman maupun penerimaan transfer.

2. Biaya Pengiriman Murah

Untuk biaya transaksinya tak mengeluarkan biaya yang besar. Berbeda bila kita menggunakan ATM dari bank lokal, yang terkadang biaya transfernya cukup mahal apalagi bila transfer menuju bank yag berbeda. Nah dengan Western Union ini biaya transefernya tak semahal saat transfer menggunakan bank ataupun ATM.

3. Tak Ada Batasan Minimum Transfer

Keuntungan lain yakni tak ada batas pengiriman minimum tentang uang yang kita kirim. berbeda halnya dengan bank lokal, yang rata-rata masih ada batasan minimum transfer, hal ini berbeda dengan Western Union yang tak membatasi jumlah uang yang akan dikirim oleh kita.

Baca juga : 5 Bidang Bisnis UKM yang Prospek Masa Depannya Bagus

4. Layanan Sudah Tersebar di Penjuru Dunia

Kita tak usah khawatir bila mengirimkan uang ke luar negari, pasalnya Western Union sudah ada di 200 negara termasuk juga di Indonesia. Jadi transfer uang di luar negeri bisa lebih mudah dan  bukan lagi menjadi masalahnya dengan Western Union.

5. Proses Transaksi Aman

Kita juga perlu tahu bahwa pengiriman uang dengan Western Union dijamin keamanannya dan tak ada kecurangan sedikit pun. Walaupun tak adanya surat bank, tapu Western Union tetap menjamin keamanan yang ketat bagi para penggunanya.

6. Pengiriman Uang Instan, Mudah, dan Cepat

Dengan menggunakan basis data digital dengan didukung oleh sistem informasi dan jaringan yang canggih, membuat transfer menggunakan Western Union lebih cepat dan mudah. Dalam hitungan detik saja transfer kita langsung terkirim, dan prosesnya begitu mudah tanpa ada syarat yang berbelit-belit. Hanya dengan datang ke kantor Western Union dan menunjukkan syarat-syarat kirim ataupun terima, maka kita sudah bisa melakukan transfer uang.

Fitur-fitur yang Ada di Western Union

Bukan hanya keunggulan saja yang menjadi daya tarik dari Western Union, melainkan juga fitur-fitur manarik bagi kita saat melakukan transaksi. Terus apa saja fitur tersebut? Berikut ini adalah beberapa fitur yang dimiliki Western Union.

1. Will Call

Fitur yang satu ini memungkinkan kiya untuk mengirimkan uang kepad penerima yang dimana penerima tersebut bukan dari pihak perusahaan melainkan individu.

2. Antar Jemput Uang

Ini asalah fitur spesial dari Western Union, yakni kita dapat mengirimkan uang ke penerima dengan cara uangnya diantar langsung ke rumah penerima. Namun bila menggunakan fitur ini akan ada dana tambahan sebagai ongkos atas tagihan antar jemput tersebut.

3. Quick Pay

Fitur ini memungkinkan kita untuk melakukan pengiriman uang ke suatu lembaga yang telah terdaftar di Western Union. Contohnya saat kita punya tagihan di lembaga resmi maupun non resmi, dan lembaga tersebut telah terdaftar di Western Union, maka kita dapat melakukan pembayaran di kantor Western Union.

Baca juga : Pengertian Pemasaran, Faktor-Faktor, Tujuan, dan Strateginya

Sebenarnya fitur yang dimiliki oleh Western Union masihlah banyak, namun ke-3 fitur tersebut adalah yang boleh dibilang adalah yang menjadi daya tarik bagi kita untuk menggunakan Western Union. Jangan kahwatir bila kita ingin menggunakan Western Union, karena kita dapat menemukannya dengan mudah dan umumnya juga terdapat di kantor-kantor bank lokal, koperasi, ataupun di kantor POS.

Cara Mengirimkan Uang Via Western Union

Ada beberapa formulir di kantor pos (gambar : diarysivika.com)

Cara mengirimkan uang lewat Western Union ini tak serumit yang sering dibayangkan banyak orang. Untuk lebih pahamnya lagi berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Pertama kita cari dan datangi kantor Western Union terdekat.
  2. Setelahnya kita minta ke Customer Service (CS) bahwa kita ingin mengirimkan uang, selanjutnya CS akan memberikan formulir yang harus kita isi untuk memenuhi persyaratan pengiriman uang.
  3. Maka kita akan disuruh menunjukkan kartu identitas kita, untuk mengecek apakah data diri yang diisi telah sesuai dengan identitas yang dimiliki. Kita bisa menggunakan KTP, SIM, maupun kartu identitas lainnya. Bukan hanya untuk mengecek identitas saja, tapi ketika ada kendala dalam pengiriman uang bisa diurus dengan cepat oleh pihak Western Union.
  4. Selanjutnya kita menyerahkan (membayarkan) uang yang akan kita kirim sesuai dengan nomimal yang telah disepakati.
  5. Terkahir kita harus memberikan kabar dan informasi kepada si penerima uang tentang siapa pengirimnya, nominal transfer, kode daerah dan nomor referalnya untuk pengambilan uangnya.

Cara Mengambil Uang Western Union

Dalam pengambilan uang lewat Western Union juga tak butuh proses yang merepotkan. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Datangi kantor Western Union terdekat.
  2. Pastikan kita telah mendapatkan informasi mengenai rincian transaksi dari si pengirim uang, baik itu nama pengirim, nominal yang dikirim, dan lain sebagainya.
  3. Setelahnya serahkan kartu identitas kita untuk mengkroscek kembali, kita bisa menggunakan KTP, SIM, ataupun kartu identitas lainnya.
  4. Maka kita akan diminta untuk mengisi formulir penerimaan oleh pihak Western Union, tentang informasi transaksi, meliputi nama pengirim, jumlah uang, asal daerah, dan lainnya.

    Formulir Pengambilan Uang lewat Western Union (Gambar : tipsXcara.Com)

  5. Bila informasi yang kita tulis benar, maka kita bisa langsung mengambil uang dikiriman dari si pengirim tanpa biaya sedikitpun.

Aman dan Praktis

Western Union hadir untuk memberikan layanan transfer uang dengan capat, aman dan praktis. Dengan semua kelebihan yang dimiliki oleh Western Union dibandingkan dengan layanan transfer uang yang lain akan memberikan alternatif bagi kita yang ingin melakukan transfer uang baik dalam negari maupun luar negeri.

Cari Artikel di Sini


Cara Ambil dan Kirim Uang dengan Western Union (WU) & Kelebihannya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: