7 Tips Singkat Menjadi Kaya dari Warren Buffet

Siapa yang tak mengenal Warren Buffet? Dia adalah salah oranag terkaya didunia dengan total kekayaan ditaksir telah mencapai $ 62 mlyar atau sekitar Rp. 620 triliun rupiah. Menakjubkan bukan?

Walaupun dengan kekayaan yang dimiliki tak membuat dia ssombong, bahkan dia terkenal dengan gaya  hidup yang sederhana dan juga dermawan. Bukan hanya itu saja dia juga pernah menyumbangkan setengah dari harta kekeyaannya untuk yayasan sosial Melinda Gates yakni istri dari Bill Gates untuk memerangi penyakit Malaria.

Sejak kecil Warren Buffet sudah menunjukkan ketertarikan dengan bisnis dan finansial, bahkan pada umurnya yang ke-11 sudah membeli 3 saham Cities Service yang pada saat itu seharga USD 38.

Dan pada saat itu saham tersebut mengalami penurunan harga, karena khawatir dia pun menjualnya pada saat harganya USD 40. Akan tetapi Warren mengalami penyesalan karena setelah menjual sahamnya, harga saham Cities Service mengalami kenaikkan harga menjadi USD 200. Dan kejadian tersebut mengajarkan bahwa kesabaran itu baik.

Berikut ini adalah tips kaya ala Warren Buffet

1. Jangan Takut Jika Kamu Beda!

Bila orang lain mengambil suatu keputusan, maka jangan mengikutinya begitu saja. Warren terkenal dengan keputusannya yang sering berinestasi ke bisnis yang sedang lesu, walaupun banyak rekan kerja yang lain sudag meninggalkan bisnis tersebut dan memberikan saran utnuk  berhenti.

Karena mereka menganggap bisnis (investasi) tersebut akan gagal. Terus mengapa Warren tak meninggalkannya? Karena Warren sudah melakukan riset dan ia tahu bahwa bisnis tersebut mempunyai potensi yang baik di masa depan. Dan biasanya, keputusan yang diambil Warren selalu tepat.

Untuk itu ambillah keputusan dari ketetpan yang kita ketetapan yang kita tentukan dalam hati sendiri, dan bukan berdasarkan penilaian pihak luar. Dan tentunya harus melakukan riset dan observasi dengan teliti.

2. Perbaiki Mindset / Pola Pikir

Kita tak boleh meremehkan kuatnya mindset, Warren Buffet pernah mengataka bahwa kaya adalah mindset. “Saya selalu punya keyakinan, bahwa aya akan kaya, dan tak pernah meragukannya walaupun hanya seminit”, kata Warren. Keyakinan inilah yang akan menggerakn kita untuk menentukan cara kita dalam memperoleh kekayaan, mengambil suatu keputusan dan cara kita untuk bergerak.

3. Investasikan Keuntungan Anda

Pada saat bisnis atau investasi kita mengalami kenaikkan (keuntungan) maupun juga saat mendapatkan gaji jangan mudah membelanjakannya. Akan lebih baik kita menginvestasikannya, hal ini tentunya juga untuk jangka panjang.

4. Batasi Pinjaman dan Hutang

Warren hampir tak pernah meminjam, walaupun sekalipun untuk berinvestasi bahkan untuk membeli rumah atau tanah. Dia selalu memberikan saran untuk menabung menabung dan menanbung.

5. Awasi Pengeluaran Kecil

Saat ketika Warren memilih manager, ia selalu memilih menager ang sangat menyukai angka-angka yang mendetail untuk menjalankan bsinisnya. Hal ini dikarenakan dia menyukai berinvestasi kepada para perusahaan-perusahaan yang mempunyai perhitungan yang sangat detail tentang keungannya.

6. Jangan Jadi “penghisap Jempol”

Warren selalu mempelajari sendiri semua hal yang berkaitandengan bisnis yang mau atau sedang dia jalani. Dan dia harus melakukannya dengan tindakan yang cepat dan tak buang-buang waktu.

Dia juga terkenal dengan kemampuan dalam mengambil keputusan yang cepat dan akurat. Dari situlah muncul ungkapan dari Warren yakni “penghisap jempol”, yang diperuntukan untuk mereka yang hanya duduk dan berfikir terlalu lama, dan hanya membuang wkatu dan tak bertindak.

7. Selalu Membuat Kesepatakan Jelas Sebelum Memulai

Ini juga penting sebelum kita benar-benar memulai berinvestasi (kerjasama) dalam bentuk apapun, pastikan kita mempunyai sebuah perjanjian yang sangat jelas dengan bentuk kerjasaa kita kedepannya mau seperti apa. Seperti apa yang kita tawarkan dan apa yang akan kita dapatkan harus tertulis dengan jelas.

Memang apa yang dilakukan oleh Warren Buffet sangatlah mengagumkan, dan sangat menginspirasi. Tapi kalau kita hanya membaca setiap yang dilakukan oleh Warren Buffet hal itu tak ada gunanya. Untuk itu mari kita lakukan dari yang paling mudah untuk dilakukan. Semoga Sukses dan Berhasil.

Sumber : cermati

Cari Artikel di Sini


7 Tips Singkat Menjadi Kaya dari Warren Buffet | Admin | 4.5
%d bloggers like this: