5 Usaha Modal Kecil Bagi Pemula/Mahasiswa

Bagi anda yang ingin membuka usaha tetapi modal kalian yang sangat terbatas maka anda tidak perlu bingung dengan usaha yang akan kalian lakukan. Tidak perlu mencari pinjaman kepada seseorang apalagi harus meminjam di bank yang mempunyai bunga yang tinggi.

Banyak orang yang sampai saat ini masih salah tentang pengertian membuat usaha. Kebanyakan orang masih berpikir bahwa untuk memulai sebuah usaha harus dengan modal yang sangat banyak, bahkan sampai berpuluh puluh juta.

Pemikiran yang seperti itu harus kita ubah agar kita bisa lebih maju, apalagi di jaman sekarang banyak peluang usaha yang bisa dilakukan dengan modal yang sedikit. Berikut ini adalah jenis usaha yang dapat kalian lakukan dengan modal yang sangat terbatas yang sangat cocok untuk anda yang notabenenya masih pemula untuk melakukan usaha :

1. Bisnis pulsa

Banyak yang beranggapan kalau ingin bisnis pulsa harus dengan modal yang banyak untuk membeli saldo pulsa. Sebenarnya pada bisnis pulsa, anda tidak perlu membeli saldo yang banyak, cukup dengan uang 250 ribu saja sekarang sudah bisa untuk bisnis pulsa.

Saat ini sudah banyak distributor penyalur pulsa di sekitar kita, sehingga anda bisa memilih distributor mana yang cocok untuk dijadikan partner bisnis kita. Dengan ketekunan kita, modal 250 ribu bisa berlipat seiring berjalannya waktu dari hasil penjualan pulsa.

2. Bisnis kuliner

Banyak yang mengira kalau ingin memulai bisnis kuliner pasti membutuhkan modal yang sangat besar. Apabila anda ingin memulai bisnis kuliner tetapi modal yang kalian punya minim, anda bisa mencoba untuk membuat makanan ringan, seperti kue, kerupuk atau makanan lainnya yang bisa tahan lama.

Tidak perlu menyewa tempat untuk berjualan, cukup dengan media sosial atau membuat website untuk melakukan penjualan. Di jaman sekarang ini banyak orang yang menjual aneka produk dengan menggunakan website, facebook, instagram dan masih banyak lagi. Banyak orang yang sudah sukses dengan cara tersebut, tentunya cara ini bisa anda coba, selain tidak mengeluarkan modal yang cukup besar, tenaga yang kita keluarkan juga lebih sedikit.

3. Bisnis pakaian

Bisnis pakaian saat ini mengalami peningkatan yang sangat pesat, banyak orang yang membeli pakaian mengikuti tren yang terbaru sehingga pembelian pakaian masyarakat semakin meningkat. Di jaman yang sekarang ini penjualan pakaian tidak hanya di lakukan dengan membuka toko saja, akan tetapi bisa membuka toko secara online.

Anda cukup bermodalkan toko online seperti akun instagram, facebook atau dapat menjual di toko online yang sudah terkenal seperti lazada, bukalapak, shopee dan masih banyak lagi. Banyak orang yang membeli secara online, jadi jangan kuatir apabila baju yang anda jual tidak laku.

4. Jasa les privat

Bila anda mempunyai keahlian untuk mengajar dan mempunyai ijazah hingga sarjana tetapi belum mendapatkan pekerjaan. Anda bisa mencoba usaha jasa les privat. Banyak orang tua jaman sekarang mencari jasa les privat agar anak – anaknya lebih pintar lagi atau karena nilai yang didapatkan kurang memuaskan. Kesempatan ini bisa di coba, karena tidak perlu modal yang besar hanya perlu keahlian dalam mengajar saja.

5. Membuat website

Bila anda mempunyai keahlian di bidang IT. Usaha ini tentunya cocok sekali buat anda. Cukup bermodalkan laptop atau komputer dan internet anda bisa membuat website kemudian menjual kepada orang yang membutuhkan. Sekarang banyak orang yang membutuhkan website digunakan untuk membuka toko onine tetapi mereka tidak mempunyai keahlian membuat website.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: