Ingin Sukses Dalam Manajemen? You Must Know “The Six M’s”

Unsur Manajemen 6M – Pengertian manajemen 6M adalah enam elemen penting yang bisa mengantarkan manajemen lebih berhasil terdiri dari Man, Money, Material, Machine, Method, dan Market.

Bila kita lihat bahwa dalam manajemen pasti ada unsur yang akan membuatnya sukses. Yang mana unsur manajemen dikenal dengan istilah “6M” dalam manajemen atau lebih kerennya “The Six M’s in Management”.

Unsur dalam manajemen ini merupakan bagian terpenting serta mutlak yang ada pada manajemen, baik itu untuk mancapai semua tujuan ataupun hanya pencapaian tujuan masing-masing pelaksanaan fungsi manajemen.

Sesuai kutipan dari falah-kharisma.blogspot.co.id, berikut adalah keenam unsur beserta penjelasannya:

1.Man (manusia)

Kita pasti tahu bahwa manusia merupakan unsur terpenting daam menjalankan manajemen untuk meraih tujuan yang telah ditetapkan. Bila kita berbicra diperusahaan manusia sering kali disebut dengan sumber daya manusia (SDM).

Kualitas SDM ini sangat berbengaruh terhadap keberhasilan perusahaan, karena manajemen tak mampu mencapai tujuan tanpa adanya manusia.

unsur manajemen

salah satu kunci kesuksesan perusahaan adalah SDM yang mempuni (Image : studimanajemen.blogspot.com)

2.Money (uang)

Nah kita juga tahu bahwa dalam setioa kegiatan perusahaan pastilah membutuhkan dana (uang). Yang mana uang digunakan pendiri dari perusahaan untuk membayar gaji karyawan, pembelian bahan baku serta peralatan.

Untuk itu uang sebagi saran manajemen harus kita gunakan secara efektif serta efisien sehingga tujuan tercapai dengan biaya yang seminmal mungkin.

3.Material (bahan baku)

Bahan baku ini digunakan dalam proses produksi yang mana sebagai dasar dari pembuatan produk perusahaan. Seperti benang yang dibutuhkan perusahaan pakaian.

Bahan mentah ini akan diolah secara efektif serta efisien. Pada umumnya perusahaan akan membeli bahan mentah ini dari pihak lain seperti suplier, dengan harga yang paling murah.

4.Mechine (mesin)

Mesin ini merupakan salah satu kemajuan dari teknlogi yang sangat membantu dalam pekerjaan manusia. Perkembanag ilmu pengetahuan serta teknologi yang begitu pesat berakibat pada penggunaan mesin yang semakin meningkat pula.

Penggunaan mesin pada perusahaan akan membuat produksi kita serta kegiatan yang mana terkait untuk mencapai tujuan akan lebih efisien serta cepat tercapai.

5.Methods (metode)

Merupakan cara untuk melakukan agar berdaya guna serta berhasil. Dengan penggunaan metode yang tepat serta benar akan membuat usaha kita lancar.

Dengan begitu agar kegiatan perusahan eektif serta efisien kita membutuhkan berbagai macam alternatif metode agar mencapai tujuan perusahaan yang telah kita tetapkan. Masing-masing metode punya daya guna serta hasil guna yang berbed-beda.

6.Market (pasar)

Adalah tempat dimana kita melakukan aktivitas untuk memasarkan hasil produksi dari suatu kegiatan usaha kita. Kita perlu memahami penguasaan pasar untuk menyebarkan hasil produksi hingga dapat sampai pada tangan konsumen.

Hal tersebut merupakan unsur yang sanagt menentukan kegitan manajemen pada umumnya.

Nah itu penjelasan tentang unsur manajemen yaitu “6M”. Semoga artikel tadi bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah membaca artikel kami.

 

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: