12 Tokoh Nasional di Uang Terbaru Indonesia Tahun 2017

Tampilan Uang Pecahan Rp. 50.000,00 Terbaru

Kita tahu bersama bahwa pada tangal 19 Desember 2016 yang lalu pemerintah Indonesia meresmikan 11 pecahan mata uang Negara Kesatuan Republik Indonesia yang baru. Dalam pecahan mata uang yang baru ini terdapat 12 gambar tokoh pahlawan Indonesia. Dari 11 mata uang baru tersebut, ada tujuh uang rupiah kertas dan sisanya dalang mata uang rupiah logam. Dimata uang terbaru ini pula terdapat tokoh-tokoh nasional baru yang ditampilkan, adapun tokoh-tokoh di mata uang terbaru Indonesia antara lain :

  1. Dr.(H.C) Ir. Soekarno
  2. Dr. (H.C) Drs. Mohammad Hatta
  3. H. Djuanda Kartawidjaja
  4. G.S.S.J. Ratulangi
  5. Frans Kaisiepo
  6. K.H. Idham Chalid
  7. Mohammad Hoesni Thamrin
  8. Tjut Meutia
  9. I Gusti Ketut Pudja
  10. Letnan Jendral TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang
  11. Tjiptomangunkusumo
  12. Dr. Ir. Herman Johanes

Hal yang menarik dalam penerbitan desain baru dari mata uang Indonesia ini adalah respon dari masyarakat Indonesia sendiri, khususnya di media sosial. Tentunya ada yang pro dan kontra akan desain baru dari mata uang Indonesia ini.

Beberapa pandangan negatif akan mata uang baru ini seperti uang Rupiah yang baru dianggap mirip dengan uang China, ikon atau tokoh yang ada di mata uang baru tidak terlalu dikenal, dan ada juga yang menganggap desain dari mata uang baru ini seperti uang bohongan atau uang mainan yang sering digunakan oleh anak-anak. Tapi yang lebih parah lagi yakni adanya komentar dari beberapa orang yang menghubungkan penerbitan uang baru Rupiah ini dengan hal-hal yang barbau SARA. Hal ini tentunya sangat disayangkan.

Apa Tujuan Mengganti Uang Rupiah Baru?

Bagi teman-teman yang mempunyai pandangan negatif akan penerbitan desain mata uang baru ini, dan jangan dahulu untuk terlalu menghakimi pemerintah, maka ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui latar belakang dari pergantian desainn mata uang Rupiah ini.

Dikutip dari maxmanroe, perlu kita ketahui bahwa pergantian desain atau tampilan mata uang dari suatu negara dalah hal yang lumrah. Pasalnya semua negara pernah melakukannya, dan bahkan ada beberapa negara yang rutin mengganti desain atau tampilan dari mata uangnya. Adapun tujuan dari pergantian desain atau tampilan mata uang yakni :

  1. Pertama untuk memberikan penyegaran tersendiri dalam proses transaksi di negara Indonesia.
  2. Uang baru ini akan menjadi sebuah ruang khusus untuk memberikan apresiasi atau penghargaan tersendiri bagi para toko penting atau pahlawan Indonesia, kekayaan alam yang ada di Indonesia, dan juga seni ataupun kebudayaan yang dimiliki oleh negeri tercinta Indonesia.
  3. Mencegah upaya kriminal yakni pemalsuan uang Rupiah, karena dalam uang Rupiah yang baru ini tersemat teknologi keamanan terbaru yang canggih sehingga akan sulit untuk dapat dipalsukan.

Nah tadi merupakan tujuan dari pembaharuan desain atau tampilan dari uang Rupiah. Semoga saja tak ada lagi pihak-pihak yang melihat hal ini sebagai sesuatu yang negati dan tidak baik.

Dua Belas Tokoh yang Menjadi Ikon Rupiah Baru

1. Dr.(H.C) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C) Drs. Mohammad Hatta. Gambar dua tokoh ini akan ada dalam satu pecahan mata uang. Kedua Pahlawan Nasional tersebut akan menjadi ikon gambar utama dalam mata uang yang baru dengan pecahan Rp. 100.000,00.

Pada bagian belakang mata uang ini juga terdapat gambar Tari Topeng yang berasal Betawi, Pemandanga alam Raja Ampat serta Anggrek Bulan.

Desain Uang Pecahan Rp. 100.000,00 Terbaru

Tampilan Uang Pecahan Rp. 100.000,00 Terbaru

2. H. Djuanda Kartawidjaja. Gambar pahlawan yang satu ini akan berada di bagian depan dari mata uang baru di pecahan Rp. 50.000,00.

Untuk bagian belakangnya sendiri akan bergambar Tari Legong dari Bali, Pemandangan alam Taman Nasional Komodo, dan bunga Jepun Bali.

Tampilan Uang Pecahan Rp. 50.000,00 Terbaru

Tampilan Uang Pecahan Rp. 50.000,00 Terbaru

3. G.S.S.J. Ratulangi. Untuk gambar Pahlawan Nasional ini akan kita temukan pada bagian depan uang Rupiah yang baru pada nominal Rp. 20.000,00.

Sedangkan untuk bagian belakang dari mata uang Rp. 20.000,00 ini akan terdapat gambar Tari Gong yang berasal dari Suku Dayak, Pemandangan alam Derawan serta bunga Anggrek Hitam.

Tampilan Uang Pecahan Rp. 20.000,00 Terbaru

Tampilan Uang Pecahan Rp. 20.000,00 Terbaru

4. Frans Kaisiepo. Untuk bagian depan mata uang Rupiah yang baru ada gambar Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo pada pecahan Rp. 10.000,00.

Sedangkan untuk bagian belakangnya sendiri akan terdapat gambar Tari Pakarena yang berasal dari Sulawesi Selatan, Pemandangan alam Taman Nasional akatovbi serta bunga Cempaka Hutan Kasa yang begitu cantik.

Tampilan Uang Pecahan Rp. 10.000,00 Terbaru

Tampilan Uang Pecahan Rp. 10.000,00 Terbaru

5. K.H. Idham Chalid. Untuk gambar Pahlawan Nasional yang satu ini akan berada di bagian depan mata uang Rupiah baru pada pecahan Rp. 5.000,00.

Untuk bagian belakang dari uang pecahan Rp. 5.000,00 kertas ini akan terpampang sebuah gambar Tari Gambyong yang berasal dari Surakarta, Pemandangan Gunung Bromo serta bunga Sedap Malam yang begitu harmonis.

Tampilan Uang Pecahan Rp. 5.000,00 Terbaru

Tampilan Uang Pecahan Rp. 5.000,00 Terbaru

6. Mohammad Hoesni Thamrin. Untuk gambar Pahlawan Nasioanl yang satu ini akan kita temukan di bagian depan dari mata uang Rupiah kertas NKRi dengan nominal Rp. 2.000,00.

Untuk bagian belakang dari mata uang pecahan ini akan ada gambar Tari Piring yang berasal dari Minangkabau, Pamandangan alam Ngarai Sianok serta bunga Jeumpa.

Tampilan Uang Pecahan Rp. 2.000,00 Terbaru

Tampilan Uang Pecahan Rp. 2.000,00 Terbaru

7. Tjut Meutia. Gambar Pahlawan ini akan kita temukan di bagian depan uang Rupiah kertas yang baru dengan pecahan Rp. 1.000,00.

Untuk bagian belakangnya sendiri akan terpampang sebuah gambar Tari Tifa (Maluku dan Papua), pemandangan alam Banda Naira serta bunga Anggrek Larat yang begitu serasi.

Tampilan Uang Pecahan Rp. 1.000,00 Terbaru

Tampilan Uang Pecahan Rp. 1.000,00 Terbaru

8. I Gusti Ketut Pudja. Untuk gambar pahlawan yang satu ini akan kita temukan dibagian depan mata uang Rupiah koin yang baru dengan nominal Rp. 1.000,00.

TampilanUang Pecahan Rp. 1.000,00 Koin Terbaru

TampilanUang Pecahan Rp. 1.000,00 Koin Terbaru

9. Letnan Jendral TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang. Gambar Pahlawan Nasional ini akan kita temukan di desain mata unag Rupiah koin yang baru dengan nominal Rp. 500,00.

10. Tjiptomangunkusumo. Gambar Pahlawan ini akan berada di desain mata uang Rupiah koin yang baru dengan pecahan Rp. 200,00.

Tampilan Uang Pecahan Rp. 200,00 Koin Terbaru

Tampilan Uang Pecahan Rp. 200,00 Koin Terbaru

11. Dr. Ir. Herman Johanes. Tarakhir ada gambar Pahlawan Nasional Prof. Dr. Ir. Herman Johanes yang akan ada di bagian depan desain terbaru dari uang Rupian koin dengan pecahan Rp. 100,00.

Tampilan Uang Pecahan Rp. 100,00 Koin Terbaru

Tampilan Uang Pecahan Rp. 100,00 Koin Terbaru

Seperti yang kita lihat, dalam mata uang tersebut akan terdapat penjelasan singkat mengenai ciri khas dari mata uang Rupiah kertas maupun koin yang baru. Selain dalam segi desain atau tampilan yang berubah, mata uang Rupiah yang baru ini juga telah mempunyai beberapa ciri khs, terutama pada uang kertas, misalnya saja terdapat blind code, yakni strip yang berbeda-beda untuk tiap pecahan uang. Dan bila kita lihat dalam pecahan mata uang yang baru ini menampilkan banyak nama pahlawan yang mungkin tidak kita ketahui sebelumnya. Dengan adanya mata uang baru ini maka kita dapat mengenal dan mengenang jasa-jasa mereka. Bukan hanya nama pahlawan saja tapi juga banyak menonjolkan seni atau kebudayaan,  pemandangan alam, serta berbagai jenis tanaman yang ada di Indonesia.

Cari Artikel di Sini


12 Tokoh Nasional di Uang Terbaru Indonesia Tahun 2017 | Admin | 4.5
%d bloggers like this: