Cara Mudah Membuat Group Facebook

Membuat Group facebookFacebook, sosial media besutan Mark hingga sampai saat ini masih menjadi sosial media terkemuka di dunia. Pasalnya, banyak pengguna facebook yang suka dengan berbagai fasilitas yang di berikan oleh Facebook ini dan hebatnnya semua ini di berikan secara gratis. Setiap orang mengunakan facebook untuk berbagai keperluan mulai dari sharing dengan teman, saudara, teman lama, bermain game, membuat undangan acara, tag foto dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Cara Jualan Dengan Facebook

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas satu fitur dari facebook, yaitu Group facebook. Jadi dengan adanya group facebook kita bisa berkumpul dan sharing dengan orang-orang yang satu visi dan satu pemikiran dengan kita. Jika anda suka dengan Teknologi, anda bisa bergabung dengan group-group yang berbau teknologi, mulai dari handphone, gadget dan laptop. Bagi anda yang suka dengan bidang Internet Marketing anda bisa bergabung dengan group-group yang berhubungan dengan hal tersebut.

Intinya anda di beri kebebasan untuk memilih kelompok atau group yang anda inginkan. It’s Free !
Sebelum kita lanjut bagaimana langkah-langkah membuat group facebook, tentu anda harus membuat akun facebook profil dulu, Jika anda belum punya anda bisa pelajari cara membuat facebook profil.

1. Jenis – Jenis Group Facebook

sebelum kita bahas cara-cara membuat group facebook anda harus paham dulu jenis-jenis group facebook. Group facebook sendiri punya tiga tipe yaitu group publik, group tertutup atau closed dan group rahasia atau secret.

A. Grup Facebook Publik

Group facebook publik. Group facebook dengan sifat publik artinya semua orang bisa langsung masuk ke group tersebut tanpa harus di konfirmasi oleh admin. Jadi anda cukup klik ” Join Group”, maka otomatis anda akan menjadi anggota dari group tersebut. Ini mirip seperti anda kita akan melaksanakan shalat jumat, tentu anda tidak perlu izin dengan pengurus masjid untuk bisa masuk ke masjid dan ikut melaksanakan shalat jumat. hehe.. Group seperti ini cocok bagi Anda yang ingin memiliki masa banyak dan memang targetnya semua kalangan

B. Grup Facebook Tertutup

Group facebook tertutup. Group facebook ini artinya anda hanya akan bisa menjadi anggota group tersebut ketika admin menyetujuinya. Jadi setelah anda klik “Join Group”, maka permintaan anda akan tertunda untuk sementara. Anda akan menjadi anggota group tersebut jika admin menyetujui permintaan anda. Contoh sederhananya seperti jika kita ingin masuk ke suatu seminar, tentu anda tidak boleh begitu saja masuk ke ruangan seminar. Anda harus registrasi dulu ke panitia baru anda boleh masuk dan menjadi anggota.

C. Grup Facebook Rahasia

Jenis group facebook yang ketiga ini mungkin jarang anda dengar. Group facebook rahasia, dari namanya saja sudah ketahuan, berarti hanya orang-orang tertentu yang boleh gabung. Group rahasia ini, tidak akan muncul di pencahariannya facebook. Jadi misalkan anda membuat group katakanlah ” Reseller Toko Parfum Cinta ” dan anda sebagai admin men-settingnya dengan setinggan rahasia, maka orang lain tidak akan pernah bisa menemukan group tersebut, sehingga orang tersebut tidak akan tahu ternyata ada group yang bernama ” Reseller Toko Parfum Cinta“.

Bagaimana cara gabung grup rahasia facebook?

Cara untuk gabung di group secret adalah dengan menghubungi admin dari group tersebut. Sebab satu-satunya orang yang bisa memasukan nama anda adalah admin. Sudah lebih paham bukan?

2. Cara Membuat Group dalam Facebook

1.  Silahkan kunjungi situs Facebook di url ini www.facebook.com dan silahkan masuk ke akun anda.

2.  Setelah masuk di Facebook, silahkan klik menu Buat Group di pojok kiri paling bawah.

Cara Membuat Grup Facebook

Cara Membuat Grup Facebook

Setelah itu tampilan akan berubah menjadi seperti ini

Form Registrasi Pembuatan Grup Facebook

Form Registrasi Pembuatan Grup Facebook

Silahkan di isi sesuai keperluan anda. Sebelum anda membuat group setidaknya anda harus berteman dengan minimal 1 orang, hal ini di karenakan dalam membuat group setidaknya ada 2 anggota yaitu admin dan teman anda.

  1. Nama Group
    Silahkan buat group yang sekiranya berhubungan dengan bisnis Anda. Buatlah dengan tema yang menarik sehingga banyak orang yang akan bergabung. Anda masih bisa menganti nama group sepuas anda asal jumlah anggota group anda belum mencapai 250 anggota. Jika jumlah anggotanya sudah lebih dari itu maka anda sudah tidak bisa mengubahnhya lagi.
  2. Anggota
    Masukan salah satu teman anda. Makanya di atas saya sarankan agar anda setidaknya sudah berteman dengan 1 orang dahulu. Cra menambahkanya yaitu dengan cara mengetikan namanya persis sesuai nama akun facebooknya.
  3. Privasi
    Silahkan pilih privasi atau jenis group anda. Apakah mau yang publik, tertutup atau rahasia. Jika anda belum jelas silahkan di pahami artikel di atas yang telas saya jelaskan mengenai jenis-jenis group
  4. Klik “Buat”
    Jika semua sudah terisi langkagh terakhir adalah klik “Buat”

Selanjutnya pilih ikon yang menurut anda sesuai. Jika sudah Klik OK

Pilih icon Group Anda

Pilih icon Group Anda

Selamat Group Anda sudah jadi.

Jika anda ingin membuatnya menarik, silahkan perhatikan keterangan-keterangan berikut ini:
1 & 4
Fitur pada nomor ini berfungsi untuk menganti foto sampul anda. Untuk referensinya, anda bisa baca artikel saya sebelumnya ( di kasih link)

Nomor 2

Silahkan ceritakan tentang group anda. Semakin jelas dan spesifik maka akan lebih baik, sehingga semua anggota bisa mengetahui latar belakang berdirinya group ini.

Nomor 3

Ini untuk menganti ikon anda jika pada pilihan pertaman anda kurang puas.

Nomor 5

Pada nomor ini anda bisa membagikan sesuatu kepada anggota anda. Baik itu share ilmu, agenda terdekat dll.

Tampilan Group Anda

Tampilan Group Anda

Nomor 6

Fitur ini berfungsi untuk menambahkan anggota baru. Caranya silahkan ketik sesuai nama akun profil anda.

Nomor 7 

Pada fitur ini, anda bisa melakukan pengaturan Group facebook seperti privasi, mengatur apakah semua anggota bisa posting atau hanya admin dll.

Itu tadi adalah tutorial membuat grup faceboook. Cukup mudah bukan? Saran saya manfaatkan fitur bagus facebook ini sebijak mungkin. Gunakan grup facebook untuk berdiskusi dengan teman-teman yang sehobi, dll. Jangan buat grup facebook untuk nyepam, asal invite orang. Karena itu sangat mengganggu.

Cari Artikel di Sini


Cara Mudah Membuat Group Facebook | Admin | 4.5
%d bloggers like this: