Apa Fungsi dan Tujuan Strategi Pemasaran ?

Tujuan Strategi Pemasaran – Dalam dunia usaha strategi ataupun taktik sangat multak diperlukan untuk menunjang kemajuan perusahaan. Strategi-strategi itu dapat mencakup banyak hal, misalkan strategi produksi guna meminimalisir cost atau pengeluaran perusahaan. Ada juga strategi marketing atau strategi pemasaran. Apa itu strategi marketing?

Pengertian strategi pemasaran atau marketing adalah usaha untuk mengarahkan dan menciptakan suatu standard tertentu dalam kehidupan masyarakat.

Logika sederhananya adalah, kita membentuk standard baru yang sebelumnya belum ada atau mengubah standard lama dengan standard baru yang kita tawarkan. Misalkan, Apple dengan iPhonenya menjadi standard untuk setiap smartphone kelas premium.

Lalu apa tujuan strategi pemasaran barang atau jasa tersebut? Tentunya banyak sekali tujuan untuk mengembangkan strategi pemasaran untuk pengembangan perusahaan kedepannya. Berikut ini beberapa peranan atau fungsi strategi pemasaran barang dan jasa :

  1. Meningkatkan motivasi untuk berpikir jauh ke depan. Berfikir out of the box memang sangat diperlukan untuk menjaga ritme, ataupun kelangsungan perusahaan. Sesekali jangan terus mengikuti ritme pasar, tetapi coba untuk menggebrak pasar dengan sesuatu yang baru.
  2. Koordinasi pemasaran yang lebih efektif dan terarah. Sesuatu kalau tidak memiliki tujuan ataupun strategi pastinya akan berjalan dengan berantakan. Dengan adanya strategi pemasaran akan membuat koordinasi tim menjadi jauh lebih baik serta terarah.
  3. Dapat merumuskan tujuan/goal perusahaan yang akan dicapai. Dengan bantuan strategi ini, wirausahawan dapat terbantu untuk lebih mendetailkan tujuan apa yang ingin perusahaan capai. Baik jangka panjang ataupun jangka pendek.
  4. Pengawasan kegiatan pemasaran lebih efektif atas standard prestasi kerja. Tentunya dalam hal pemasaran perlu diawasi setiap anggota tim untuk peningkatan mutu ataupun kualitas.

Itu tadi adalah  4 fungsi staregi pemasaran. Lalu apa tujuannya dibentuk strategi pemasaran itu?

Berikut ini adalah tujuan strategi pemasaran barang dan jasa :

  1. Peningkatan kualitas koordinasi dalam tim pemasaran
  2. Mengukur hasil pemasaran berdasarkan standard prestasi yang berlaku
  3. Memberikan dasar yang logis dalam setiap pengambilan keputusan
  4. Mampu meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi jika ada perubahan-perubahan dalam pemasaran.

Itu tadi adalah pembahasan tentang tujuan dan fungsi strategi pemasaran. Semoga cukup bisa membantu Anda untuk peningkatan mutu serta kinerja perusahaan.

Cari Artikel di Sini


Apa Fungsi dan Tujuan Strategi Pemasaran ? | Admin | 4.5
%d bloggers like this: