6 Tips Singkat Cara Membuat Website Company Profile Mudah dan Lengkap

Di era digital seperti sekarang ini, website menjadi kebutuhan yang penting bagi sebuah perusahaan. Website bisa menjadi sebuah media efektif untuk menunjukkan profil perusahaan kepada masyarakat dan meninggalkan kesan di benak mereka. Karena banyaknya peminat, jasa pembuatan website company profile pun tumbuh subur seperti jamur di musim hujan.

Sayangnya, tidak semua pemberi jasa pembuatan website menetapkan harga yang ramah di kantong pengusaha kecil dan menengah. harga membuat website company profile yang ditetapkan terkadang berada jauh di atas kemampuan rata – rata pengusaha kecil atau mereka yang baru saja membuka usaha.

Cara membuat Company Profile

Kalau kamu adalah salah satu pengusaha yang ingin mengetahui cara membuat website company profile tapi terpentok anggaran yang minimalis, jangan berkecil hati lebih dulu ya. Kamu hanya butuh sedikit niat dan kesabaran untuk belajar membuat website company profile perusahaan untuk apapun usahamu atau kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website company profile terpercaya. Yuk simak tutorial membuat website company profile dalam beberapa langkah mudah di bawah ini.

1. Miliki domain dan hosting cPanel yang berjalan dengan baik

Langkah paling awal yang kamu butuhkan dalam mempersiapkan website milikmu adalah memiliki domain dan hosting cPanel yang aktif dan berjaan dengan baik. Kamu pun tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkan domain dan hosting cPanel ini. Sudah banyak perusahaan yang menjual jasa penyediaan domain dan hosting cPanel ini.

Kamu bisa memesan hosting dan domain untuk website kamu dengan beberapa langkah mudah. Untuk membeli sebuah domain dan hosting kamu dapat membelinya dipenyedia hosting dan domain kesukaanmu, kalau kita sendiri sih menyarankan agar menggunakan penyedia hosting dan domain luar.  Karena apa ? karena mereka memliki suport yang lebih cepat dibandingkan dengan penyedia hosting lokal (berdasar pengalaman).

Hanya butuh beberapa menit untuk melakukan proses pembelian. Biaya yang diperlukan pun relatif lebih murah. Biaya yang kamu keluarkan ini berlaku untuk setahun ke depan lho. Duduk dan bersantailah sampai domain dan hosting cPanel di websitemu aktif dan kita siap untuk melakukan tahap selanjutnya dalam membuat website company profile.

2. Menginstall WordPress dari cPanel dan masuk ke halaman administrator

Setelah domain dan hosting cPanel aktif, kita akan mencoba untuk menginstall WordPress dari cPanel. WordPress menjadi rekomendasi utama sebagai platform utama dalam membuat websitemu karena sifatnya yang fleksibel. Di waktu yang mendatang, seiring dengan usahamu yang semakin berkembang, WordPress masih memiliki fleksibilitas untuk dikostumisasi dan menjalankan berbagai macam peran untuk kebutuhan websitemu.

Menginstall WordPress di cPanel juga sangat mudah. Tunggulah beberapa menit hingga kamu siap menggunakamu akan diarahkan menuju ke halaman administrator. Di bagian ini kamu perlu memasukkan username dan password seperti yang sudah kamu lakukan di cPanel tadi. Ingat – ingat username dan password yang kamu pakai karena kamu akan sering mengunjungi bagian ini untuk melakukan posting konten atau artikel untuk website company profilemu.

3. Memilih tema atau design yang paling cocok dengan perusahaanmu

Setelah berhasil masuk ke halaman dashboard, hal paling pertama yang akan kamu lakukan adalah menentukan template atau tema untuk website company profilemu. Bagian ini sangatlah penting karena tampilan yang menarik akan membuat pengunjung websitemu tertarik untuk berselancar lebih jauh. Butuh desainer website dong? Tenang saja, WordPress menyediakan banyak sekali pilihan tema yang bisa kau pilih kok.

Untuk mendapatkan tema WordPress secara cuma – cuma, kamu bisa langsung mengarahkan kursor ke bagian opsi di bagian kiri, lalu pilih menu appearance. Temukanlah desain website yang paling cocok dengan karakter perusahaanmu disini. Kamu juga bisa melakukan pembelian theme atau tema wordpress ke developer theme wordpress ternama.

Masih belum puas dengan tema yang ada?  Langsung saja meluncur ke bagian customize dan kamu juga bisa melakukan kostumisasi lebih lanjut di tampilan websitemu. Jangan melakukan kustomisasi yang terkesan lebay, lakukan kustomisasi agar website company profile terlihat profesional.

4. Memasang plugin dasar untuk website company profile

Banyak orang yang masih meremehkan fungsi dari sebuah plugin. Padahal, memasang plugin adalah langkah yang tidak boleh dilupakan dalam membuat company profile. Dengan penggunaan plugin ini akan memudahkan para pengunjung website agar dapat terhubung dengan perusahaanmu.

Contoh plugin yang penting dan sering digunakan dalam website company profile adalah plugin SEO Yoast, w3 total cache, 404 redirect dan contact form. Plugin SEO akan membantu meningkatkan visibilitas websitemu dalam mesin pencarian. Sedangkan contact form 7 akan memudahkan komunikasimu dengan para pengunjung website. Plugin ini disiapkan oleh WordPress tanpa biaya sepeser pun!

5. Membuat halaman yang diperlukan dan merapikan menu

Mengatur dan menentukan halaman yang akan tersedia dalam websitemu juga tak boleh ketinggalan. Di halaman inilah seluruh konten berupa tulisan, foto, dan video akan terlihat oleh para pengunjung website. Untuk menambahkan halaman, kamu bisa menuju ke menu Pages > Add New

Setelah semua halaman yang dibutuhkan sudah siap, kamu masih perlu menyajikan semua halaman itu dalam pilihan menu. Menu ini akan memudahkan pengunjung untuk loncat dari halaman satu ke halaman lainnya. Aturlah menu yang akan kamu butuhkan di bagian Appearances lalu klik menu.

Berikut ini Menu yang bisa kamu tambahkan pada website company profile mu :

  • About Us –  berisi tentang perusahaanmu
  • Our Focus – fokus bidang bisnis yang kamu geluti
  • Our Team – semua team yang ikut berpartisipasi
  • Testimonials – testimonial dari sesuatu yang sudah kamu hasilkan
  • Contact – kontak perusahaanmu agar lebih mudah di hubungi
  • Subscribe – halaman untuk berlangganan
  • Latest News – berisi hal-hal baru yang sudah kamu kerjakan.

6. Sudah siap? Eiitt.. Jangan lupa kontennya

Secara keseluruhan, websitemu sudah terlihat selesai. Namun, jangan lupakan penyempurnaan terakhir dalam membuat website company profile dengan WordPress. Jurus pamungkas untuk menyelesaikan website company profile milikmu adalah pengisian konten. Konten ini bisa berupa tulisan, foto, maupun video. Pastikan kamu memiliki konten yang menarik untuk membuat pengunjung memahami isi diri website company profilemu.

Kamu juga perlu menambahkan konten bisnis apa yang perusahaan kamu sedang geluti, jangan sampai nantinya visitor malah kebingungan dan bertanya tanya sebenarnya perusahan kamu ini perusahaan apa? Kok kontennya gak jelas.

Tumbuhkan kesan bahwa perusahaan adalah perusahaan yang dapat di percaya. Sudah siap membuat website profil perusahaan milikmu sendiri? Jika memang dirasa susah dalam mebuat website company profile. Kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website wordpress terbaik yang kamu rasa mereka dapat mewujudkan website perusahaan imipianmu

Sekian itu tadi ulasan menarik dalam membuat website company profile dengan wordpress. Terus lah mencoba jika terjadi kesalahan atau kebingungan silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah ini. Kami sebisa mungkin akan membalas semua komentar yang kamu berikan. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: