5 Aspek Penting dan Utama Dalam Usaha Sampingan

Mempunyai usaha sampingan sangatlah menarik. Selain bentuk usaha ini dapat menambah pundi pundi penghasilan anda, tentunya usaha sampingan bisa digunakan untuk mengisi waktu luang. Banyak sekali karyawan kantoran yang mengeluhkan gajinya terlalu kecil di tengah banyaknya waktu luang yang mereka punyai. Hanya saja sebagian dari mereka tidak mampu memanfaatkan waktu luang tersebut untuk lebih menghasilkan padahal banyak sekali usaha sampingan yang bisa dijalankan dengan modal kecil di waktu luang anda.

Pada umumnya, usaha sampingan seharusnya tidak mengenal kata gagal karena memang usaha ini merupakan side job dari pekerjaan utama anda dan hanya dijadikan sebagai penghasilan tambaha. Jikalau memang ada yang gagal dalam menjalankan usaha sampingan, sudah barang tentu orang tersebut belum sepenuhnya berjiwa wirausaha dan kurang tekun dalam berbisnis.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui berkaitan dengan usaha sampingan, diantaranya adalah bahwa banyak dari perusahaan yang anda kenal saat ini berawal dari suatu bisnis rumahan berskala kecil. Melihat peluang pasar yang terbuka luas tentunya anda harus dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menjalankan usaha sampingan agar tetap dapat menghasilkan tambahan penghasilan bagi anda dan dapat dijadikan sebagai salah satu usaha dalam menghadapi masa pensiun. Selain itu, melakukan usaha sampingan juga bisa menjadi sarana aktualisasi diri karena dapat disesuaikan dengan passion yang anda miliki.

Kesahalan Fatal Dalam Membangun Bisnis

Meskipun hanya sebagai usaha sampingan, sebuah bisnis tetaplah bisnis. Risiko kegagalan akan selalu menghampiri perjalanan bisnis seseorang. Lantas apa sajakah yang menyebabkan sebuah bisnis menjadi gagal? Berikut ini terdapat beberapa poin kesalahan yang berdampak pada kegagalan suatu bisnis.

1. Salah menentukan prioritas

Meskipun menjadi usaha sampingan dan bukan pekerjaan utama anda, namun kesalahan dalam menentukan prioritas akan membuat kesalahan fatal pula dalam bisnis. Banyak orang berambisi ingin cepat sukses dengan usaha sampingannya dan terlalu memaksakan diri, justru hal ini malah akan menurunkan produktivitas usaha sampingan anda.

2. Salah menentukan kebutuhan

Terkadang para pelaku bisnis terpaku pada hal hal yang belum diperlukan bagi usaha sampingan. Hendaknya anda dapat menghindari hal ini karena usaha sampingan paling tidak hanya fokus pada promosi, pasokan bahan baku, perizinan, dan konsep berbisnis yang kokoh.

3. Pola pikir yang keliru

Pola pikir yang menganggap enteng masalah pemasaran dan pengembangan produk merupakan hal yang fatal dalam dunia usaha sampingan. Hindari mengeluarkan uang untuk aspek aspek bisnis yang kurang penting di awal karir agar terhindar dari kemungkinan kegagalan usaha.

4. Perencanaan kurang matang

Sekecil apapun bisnis anda, sudah pasti membutuhkan rencana yang matang. Tujuan jangka pendek dan jangka panjang tetap harus ditentukan agar usaha sampingan anda semakin berkembang dan tidak stuck pada satu titik saja atau malah berujung kegagalan karena perencanaan yang kurang matang.

5. Tidak bisa membangun jaringan

Terakhir, anda harus bisa membangun kekuatan bisnis pada sebuah jaringan. Menambah dan membina jaringan yang sudah ada merupakan suatu kewajiban bagi anda yang tidak ingin usaha sampingannya menjadi gagal. Adakan silaturahmi bisnis untuk membangun jaringan ini because networking is a must.

Ada banyak sekali usaha sampingan yang bisa anda mulai lakukan dengan modal minim sekalipun, seperti membuka jasa desain grafis, membuka jasa les privat, maupun menjadi dropshipper. Semuanya bisa anda jalankan asal ada kemauan, usaha, dan juga semangat pantang menyerah yang tertanam di diri dan benak anda.

Cari Artikel di Sini


5 Aspek Penting dan Utama Dalam Usaha Sampingan | Admin | 4.5
%d bloggers like this: