7 Kunci Sukses Dalam Berbisnis Apapun

Usaha kecil minim modal tentunya butuh ketekunan dan kerja keras yang luar biasa karena hal tersebut dipakai untuk mengimbangi minimnya modal yang dikeluarkan, berbeda dengan rata rata usaha yang mengandalkan modal besar. Namun, usaha keras tersebut akan menjadi tidak berarti jika anda salah menentukan mentor dan terjerumus dalam dunia bisnis terombang ambing tanpa ada yang mengarahkan. Alih alih mendapatkan keuntungan, yang ada anda malah menjadi putus asa. Ada beberapa kunci sukses dan tahapan yang bisa anda lakukan dalam memulai usaha kecil, diantaranya adalah :

1. Amati, Tiru, dan Kembangkan

Tidak ada salahnya belajar dalam memulai sebuah bisnis. Saat memulai berbisnis, anda harus tetap melihat sekeliling anda dan cari contoh sukses dari model yang anda tekuni. Pelajari cara berbisnisnya, amati setiap langkahnya dan tirulah serta kembangkan sesuai dengan gaya bisnis anda. Semua bisnis tentunya sudah ada yang mendahului, maka dari itu bisnis orang lain bisa menjadi pedoman bagi permulaan bisnis anda.

2. Cari Partner

Jikalau usaha anda membutuhkan mdoal, usahakan tidak menginvestasikan udang sendiri. Carilah partner guna mengurangi risiko apalagi jika anda belum paham betul mengenai bisnis. Sehingga, saat semuanya tidak berjalan sesuai rencana, anda tidak akan mengalami kebangkrutan yang pahit dan tidak dikejar hutang karena adanya partner bisnis anda yang saling melengkapi.

3. Hargai Waktu

Tidak ada usaha yang bisa berhasil bila tidak disiplin menghargai waktu. Konversikan waktu anda sebagai uang agar lebih terasa dalam usaha menghargai waktu. Cara ini terbukti efektif meningkatkan efektivitas pekerjaan dan kedisiplinan anda dalam menjalankan usaha.

4. Lakukan dengan Maksimal

Di awal membuka usaha, tentunya anda harus siap bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan bahkan tidak memperhatikan kesehatan. Sebagai pemula, tentunya anda belum mampu membayar karyawan, maka dari itu diri anda sendirilah yang menjadi karyawan. Lakukan sepenuh hati disertai dengan doa, niscaya usaha anda akan terus berkembang dan keuntungan akan selalu menghampiri anda.

5. Rekrut Karyawan untuk Membantu Pekerjaan

Jika nantinya usaha anda sudah mulai stabil, mulailah rekrut karyawan. Lakukan proses rekrutmen dengan hati hati dan cermat, carilah orang yang mempunyai passion di bidang usaha anda agar kualitas usaha anda tetap terjaga. Karyawan merupakan perwujudan dari visi dan misi anda, maka dari itu selektiflah.

6. Manfaatkan Teknologi Terkini

Jika usaha anda berbasis online, maka manfaatkan teknologi terbaru yang saat ini sedang marak digunakan. Alokasikan sebagian waktu anda untuk mempelajari teknologi terbaru tersebut demi kemajuan usaha anda.

7. Jual Kelebihannya, Minimalisasi Perang Harga

Saat anda berbisnis, jangan perang harga dengan pesaing. Namun, anda harus mampu menjual kelebihan produk yang anda jual. Jika bersaing harga, bisa jadi anda akan kalah dengan pejuang lama, maka dari itu perbaiki komunikasi anda dengan pelanggan dan jual kelebihan produk anda.

Ada banyak sekali usaha kecil minim modal yang bisa anda praktikkan, seperti menjadi dropshipper, menjual e-book, mengikuti program affiliasi, dan berbagai bisnis lainnya. Yang terpenting adalah anda harus mempunyai jiwa bisnis yang pantang menyerah karena setiap tantangan dalam bisnis yang akan anda hadapi pasti menyimpan sebuah pelajaran yang bisa anda ambil hikmahnya. Bahkan kesulitan dan tantangan yang ada bisa menjadikan anda pribadi yang lebih gigih dan ulet. Pokoknya jangan pernah takut untuk mencoba.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: