Anda Selalu Gagal Menabung? Mungkin Anda Punya Kepribadian Ini!

Manabung adalah suatu yang tak asing lagi bagi kita, pasalnya sejak kecil kita pasti sudah diajarkan untuk menabung. Memang sebagian orang tak akan kesulita melakukannya, tapi untuk beberapa orang mengalami masalah dengan hal ini. Pastinya kita tahu bahwa dalam pengelolaan keuangan, menabung adalah salah satu cara yang akan sangat membantu dalam mencapai target serta tujuan keuangan.

Bila kita tak bisa menabung, bisa jadi kita akan mengalami kesulitan dalam berinvestasi. Dan apabila kita kesulitan dalam menabung, mungkin saja kita punya masalah dengan kepribadian kita. Berikut ini adalah beberapa tipe kepribadian yang biasanya mengalami kesulitan (masalah) dengan pengelolaan keuangan.

1. Pribadi yang Penakut (The Fearful)

Punya kebiasaan teliti dan bijak dalam menggunakan uang adalah hal yang sangat positif. Karena hal ini akan sangat membantu kita dalam mengontrol semua pengeluaran dengan baik dan tertata. Tapi bagaimana jika hal ini terjadi di semua lini keuangan kita?

Kita tahu bahwa setiap aktivitas yang berhubungan dengan keuangan tentu akan mempunyai risiko, termasuk juga dalam investasi. Dan tak dapat kita pungkiri bahwa investasi ini bisa menjadi poin penting dalam mengantarkan keungan kita menjadi lebih baik. Karena itu butuh sedikit keberanian untuk melakukan investasi, dan bila kita punya ketakutan dalam melakukan investasi boleh jadi keuangan kita akan berkembang lambat atau bahkan tidak berkembang sama sekali.

Banyak kesempatan yang boleh jadi terbuang sia-sia bila kita menunda-nunda untuk berinvestasi. Tetapi kita juga perlu mempertimbangkan secara matang dan pahami semua risiko yang mungkin datang.

2. Pribadi yang Selalu Gelisah (The Insecure)

Jika kita punya kepribadian seperti ini, umumnya akan punya keputusan yang selalu berubah-ubah dan melakukan pengeluaran yang tak perlu. Karena orang yang seperti ini tak tahu akan pilihannya sendiri. Dan kondisi ini, umumnya dimanfaatkan oleh pemasar (marketing). Dimana pemasar akan menyakinkan kita bahwa barang yang dijualnya adalah perlu kita butuhkan. Dan tak berselang lama, barang baru muncul dan marketing kembali memengaruhi kita untuk membeli barangnya. Ditambah lagi sekarang ini banyaknya toko online yang memudahkan kita untuk membeli barang,

Jelas bila dibiarkan maka kita akan cenderung konsumtif, dan tak heran bila pengeluaran kita akan membengkak. Untuk itu mulailah kenali kebutuhan kita dan belajar menghadapi berbagai godaan untuk membeli barang yang kurang berguna bagi kita.

3. Pribadi yang Tak Sabar (The Impatient)

Kebiasaan tak sabar saat membeli sebuah barang akan sangat merugikan kita, karena kita akan membeli barang tersebut walaupun harganya mahal. Bila kita lebih sabar maka kita bisa saja menemukan penawaran yang lebih baik.

Boleh dikatakan prbadi ini punya sifat boros, pasalnya saat membutuhkan sesuatu kita selalu berfikir untuk segara memilikinya. Dan boleh jadi harga barang tersebut sangat mahal, walapun begitu kita bisa langsung membelinya tanpa melakukan perbandingan terlebih dahulu. Kebiasaan ini sangatlah buruk, bahkan bisa membawa malapetaka dalam keuangan kita.

Mulai Dari Sekarang atau Tak Sama Sekali

Berbagai masalah dalam kepribadian sangat mungkin menjadi penghalang bagi kita untuk menabung. Hal ini tentunya butuh perhatian khusus. Sebab menabung ini adalah kegiatan yang baik untuk keuangan. Dan bila kita tak mengatasi masalah dalam manabung, mungkin saja berbagai masalah lain akan datang dan menjadi penghalan bagi kita untuk mencapai tujuan keuangan di masa mendatang. Untuk itu atasi masalah dengan tepat dan mulai untuk menyisihkan sebagian uang kita sebagai dana tabungan.

Cari Artikel di Sini


Anda Selalu Gagal Menabung? Mungkin Anda Punya Kepribadian Ini! | Admin | 4.5
%d bloggers like this: