5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi yang krusial dan banyak dibutuhkan manusia. asuransi bukanlah sebuah produk yang ramah terhadap user sebagaimana gadget. Asuransi merupakan sebuah produk yang sifatnya sangat kompleks sehingga membutuhkan ketelitian dan kejelian berikut pemahaman yang cukup untuk memilih asuransi kesehatan.

Agar anda dapat memilih asuransi kesehatan ini dengan baik, berikut kami berikan beberapa tips yang dapat anda ikuti dalam usaha anda memilih dan menentukan jenis asuransi terbaik dalam kehidupan anda beserta keluarga.

1. GUNAKAN SISTEM CASHLESS

Cashless merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk klaim memakai fasilitas kartu. Anda cukup menunjukkan kartu cashless, maka anda akan dibebaskan dari biaya yang ditanggung oleh penanggung asuransi kesehatan ini saat harus dilakukan rawat inap atau opname.

Sistem cashless sendiri mempunyai perbedaan pokok dari sistem reimbursement. Melalui reimbursement, maka tiap tiap peserta akan dibebani dengan pembayaran tagihan saat melakukan layanan kesehatan terlebih duul baru mengajukan penggantian biaya ke pihak penanggung.

Sistem reimbursement ini dinilai kurang praktis, maka dari itu pilihlah asuransi yang memakai sistem cashless. Jika asuransi yang anda pilih hanya menyediakan sistem reimbursement, maka anda harus pahami betul prosedur klaim tiap tiap tagihan yang dibuat oleh rumah sakit saat anda berobat.

2. DAPAT DITERIMA OLEH SEMUA JENIS RUMAH SAKIT

Tips yang kedua adalah anda harus dapat memastikan bahwa asuransi kesehatan yang anda punyai dapat dipakai di semua jenis rumah sakit baik itu dalam maupun luar negeri karena kita sendiri tidak akan tahu sakit apa yang nantinya akan diderita dan rumah sakit mana yang mempunyai kemampuan untuk mengobati sakit kita.

Biasanya, pihak penyedia jasa asuransi akan memberikan daftar rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan mereka sehingga anda tinggal memilih rumah sakit mana yang sekiranya bonafide. Sistem cashless sebagaimana telah dijelaskan dalam poin pertama tadi hendaknya dibarengi dengan penyediaan jumlah rumah sakit kerjasama yang memadai agar manfaat yang didapat bisa lebih optimal.

3. UTAMAKAN ASURANSI KESEHATAN KELUARGA

Tips ketiga adalah pilih asuransi kesehatan yang juga memberikan asuransi kesehatan kepada keluarga. Misalnya, terdapat 3 orang anggota keluarga, maka hanya memerlukan satu jenis polis asuransi kesehatan saja yang didalamnya mencakup semua anggota keluarga tersebut. dengan pemilikan asuransi kesehatan keluarga dalam satu polis asuransi, maka premi asuransi yang dibayarkan nantinya dapat lebih murah.

Hal ini tentu saja masuk akal jika dibandingkan dengan jenis asuransi kesehatan yang mengharuskan tiap tiap anggota mempunyai polis asuransinya sendiri sendiri dimana premi yang harus dibayarkan pun berbeda beda.

4. PERHATIKAN CARA KLAIM

Inilah part dari asuransi kesehatan yang harus selalu mendapat perhatian lebih. Pada umumnya, penggantian klaim asuransi kesehatan ada dua macam, yaitu (1) penggantian atau klaim yang didasarkan atas besarnya biaya tagihan dari rumah sakit yang bersangkutan. Asuransi ini akan membebankan plafon terpisah untuk tiap tiap biaya yang dikeluarkan baik itu biaya dokter, biaya obat, biaya lab, biaya kamar, dan biaya biaya lainnya.

Dengan jenis penggantian ini, peserta asuransi tidak akan mengalami overplafon sehingga terkadang harus menombok memakai uang milik sendiri. (2) penggantian didasarkan atas santunan harian dari rawat inap atau cash plan. Jenis penggantian ini tidak mempermasalahkan nominal tagihan dari rumah sakit. Penggantian akan diberikan sejumlah santunan harian yang dikalikan dengan jumlah hari rawat inap.

5. PERHATIKAN SYARAT DALAM RAWAT INAP

Tips terakhir yang harus mendapatkan perhatian adalah syarat syarat dalam hal harus melakukan rawat inap. Anda dapat menanyakan detail penanggungan saat rawat inap ini pada pihak penanggung atau membacanya dalam polis asuransi yang ditandatangani.

Saat ini masih banyak orang yang berpikir bahwa jika sudah mengikuti asuransi kesehatan, maka semua biaya rawat inap akan ditanggung perusahaan asuransi. Memang demikian, namun ada banyak sekali syarat yang harus dipenuhi dimana tiap perusahaan asuransi akan menerapkan syarat yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: