8 Tips Lolos Saat Interview Kerja

Saat anda telah banyak mengincar perusahaan sebagai tumpuan karir anda, tentunya bisa terhambat manakala anda gagal dalam mengikuti seleksi interview kerja. Interview atau wawancara merupakan satu tahapan yang penting dalam proses rekrutmen pegawai karena dari situlah dapat dilihat kepribadian calon pegawai perusahaan secara langsung baik itu etos kerjanya, cara berpikirnya, dan juga berbagai kepribadian lainnya yang dapat dinilai dan dianalisis oleh ahlinya.

Interview tentunya menjadi part paling penting bagi perusahaan untuk mengenal calon karyawannya. Banyak sekai calon pekerja yang gagal dalam tahapan ini. Bagi anda yang tidak mau menyerah, terdapat beberapa tips interview kerja yang dapat anda praktikkan agar lolos seleksi, diantaranya :

1. MEMPERSIAPKAN DIRI

Guna mempersiapkan diri, anda dapat melatih diri dengan cara membuat beberapa pertanyaan singkat yang sekiranya sering ditanyaan saat interview kerja. Dari situ anda dapat menyiapkan jawaban jawaban yang tepat agar saat interview berlangsung, anda tidak lagi gugup.

2. MENUNJUKKAN NILAI PLUS DIRI ANDA

Jelaskan bahwa anda layak untuk menjadi bagian dari perusahaan, uraikan poin plus dari diri anda. Namun ingat, jangan sampai terlalu menonjolkan diri karena hal ini tidak baik dimata para rekruiter. Melalui penunjukan nilai plus yang ada pada diri anda, tentunya pihak perusahaan akan mampu menilai bahwa andalah calon karyawan yang tepat yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

3. MEMANFAATKAN WAKTU YANG ADA

Saat melakukan interview, pastikan anda tidak bertele tele dalam menjawab. Gunakan waktu yang diberikan semaksimal mungkin untuk menunjukkan kelebihan diri anda dan membuat rekruiter terkesan. Jangan lupa jawab pertanyaan dari pewawancara sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, bila perlu beri polesan sedikit pada jawaban anda agar terlihat manis, kecuali dalam hal kepribadian.

4. JANGAN LUPA MEMBAWA CV

CV atau resume menjadi patokan utama bagi pewawancara untuk menggali potensi dan kelebihan yang ada dalam diri anda. Dengan ini, tentunya akan menghemat waktu interview anda agar bisa lebih maksimal lagi dan tidak membuat pewawancara bosan dengan jawaban anda yang panjang lebar.

5. KENALI TEMPAT ANDA MELAMAR

Hal ini merupakan poin penting saat anda melakukan wawancara. Tidak jarang seorang pewawancara akan menanyakan hal hal dasar dari perusahaan yang anda lamar. Dari sini dapat dilihat keseriusan seseorang dalam melamar pekerjaan di perusahaan yang bersangkutan. Biasanya pertanyaan dalam hal ini berkaitan dengan jobdesk atau posisi yang ada lamar saja.

6. BERPIKIRLAH DENGAN POSITIF

Anda harus senantiasa mempunyai pola pikir yang positif. Tidak jarang, seorang pewawancara akan mengajukan pertanyaan tentang hal hal negatif di tempat anda bekerja sebelumnya untuk melihat hal hal tertentu dalam pribadi anda. Jangan sampai anda terkesan menjelek jelekkan tempat kerja anda yang lama demi mendapatkan posisi yang lebih baik di perusahaan yang bersangkutan.

7. PERHATIKAN GERAK GERIK DAN BAHASA TUBUH ANDA

Dari mulai anda memasuki ruangan, cara berjalan, cara menjawab, dan juga cara duduk anda tentu akan menjadi perhatian dari pewawancara. Untuk itu anda harus benar benar memperhatikan bahasa tubuh dan gerak gerik yang anda buat. Jangan sampai hal ini mempengaruhi penilai pewawancara terhadap kepribadian anda. Usahakan anda dapat memberikan first impression yang baik kepada pewawancara dengan menjabat tangan secara hangat dan yakin serta pandangan mata yang meyakinkan.

8. LATIHAN TERUS DAN JANGAN PERNAH MENYERAH

Terakhir, tidak ada salahnya anda terus berlatih dan berlatih untuk melakukan interview kerja. Kegagalan dalam interview kerja bukanlah akhir dari segalanya. Jika anda sudah beberapa kali mempunyai pengalaman interview kerja, pastinya anda akan menjadi terbiasa. Jangan pernah menyerah jika anda telah gagal dalam satu kali interview. Jika satu pintu tertutup, yakinlah ada 1000 pintu lainnya yang akan menyambut anda.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: