Tips Membuat Logo yang Keren untuk Website / Perusahaan (Startup)

Logo merupakan hal penting untuk memperkenalkan brand anda dan membantu memasarkan produk anda. Dengan adanya logo, tentunya memudahkan anda dalam membranding produk anda sendiri. Menciptakan logo sekilas terlihat mudah, namun bisa jadi memikirkan bentuk dan desain logo yang merepresentasikan produk anda merupakan hal yang tidak mudah. Artikel kali ini akan memberikan anda tips mengenai bagaimana cara membuat logo atau banner untuk produk anda dengan cara yang cepat dan mudah. Bahkan cara ini bisa dipakai oleh anda yang tidak begitu expert dalam seni menggambar dan membuat logo.

Logo secara sederhana adalah sebuah grafik yang mewakili atau merepresentasikan produk, dalam bahasa marketing disebut juga untuk keperluan branding. Biasanya sebuah logo berbentuk sederhana dan mudah diingat. Logo juga berkaitan dengan iklan dalam bentuk billboard, iklan dan pemasaran, sehingga akan membuat anda belajar untuk mengasosiasikan logo dengan perusahaan induknya ataupun situs websitenya.

Bahkan, ketika sebuah logo tidak dilengkapi dengan kata kata pun tetap bisa menjelaskan keterkaitannya dengan produk, situs, maupun layanan yang diberikan oleh perusahaan anda. Hal ini sangat memudahkan anda dalam proses pemasaran karena hanya dengan menampilkan logo tanpa embel embel kata kata lain pun bisa membuat pelanggan mengenali dan berpikir tentang produk yang anda tawarkan. Bisa jadi logo adalah wajah dari produk yang anda jual atau wajah dari perusahaan anda. Sebuah logo yang didesain kurang menarik akan membuat calon pelanggan anda berpaling dan melupakan logo bahkan produk yang anda tawarkan.

Logo berfungsi sebagai identitas, baik untuk sebuah produk, seseorang, perusahaan, bisnis, bahkan sebuah kegiatan. Ada beberapa layanan pembuat logo online yang bisa membantu anda dalam mendesain logo, yaitu Logaste, Zillion Designs, dan Hipster Logo Generator. Ada juga logo berbasis font yang biasa dikenal dengan sebutan Word Mark dengan ciri khas penggunaan font font cantik yang menggambarkan nama produk atau nama perusahaan anda.

Logo berbasis font bisa anda dapatkan secara gratis. Namun untuk membuat logo berbasis font atau Word Mark yang stunning, anda memerlukan font berbayar yang memang terlihat lebih menarik jika didesain menjadi sebuah logo. Beberapa situs yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membuat Word Mark atau logo berbasis font diantaranya adalah dribble.com, logopond.com, logofaves.com, logospire.com, dan logomoose.com.

Langkah langkah yang bisa anda lakukan sebelum membuat sebuah logo guna membantu branding produk atau perusahaan anda adalah :

  1. Tentukan fungsi utama dari logo anda. Fungsi tersebut akan berdampak pada penggunaan logo apakah berupa gambar, ikon, atau font.
  2. Pertimbangkan terget audiens anda untuk menyesuaikan tampilan logo agar terlihat menarik.
  3. Temukan inspirasi dari logo lain, namun jangan sampai menjadi plagiator logo.
  4. Buat beberapa desain untuk diuji dan dibandingkan.
  5. Gambar dulu sketsa kasar dari desain yang akan anda pakai untuk memudahkan penambahan ide.
  6. Minta pendapat orang lain agar bisa membantu dalam branding produk dan perusahaan anda.
  7. Buatlah draft akhir logo anda dengan berbagai software yang tersedia atau gunakan jasa desainer.

Sebelum anda me-launching logo yang telah dibuat. Ada baiknya anda periksa kembali logo tersebut, apakah logo tersebut sudah istimewa, apakah logo anda sudah terlihat baik (visible), apakah logo anda dapat beradaptasi,  apakah logo anda mudah diingat, apakah logo anda universal, apakah logo anda bisa dipakai abadi, dan apakah logo anda sederhana. Jika kesemuanya sudah terpenuhi atau beberapa sudah terpenuhi, maka logo anda sudah sempurna dan siap di launching.

Cari Artikel di Sini


Tips Membuat Logo yang Keren untuk Website / Perusahaan (Startup) | Admin | 4.5
%d bloggers like this: