Trik Mendatangkan Visitor dengan SEO

Tips Jitu SEO

Definisi SEO – Visitor atau pengunjung memang hal mutlak yang ingin didapat bagi setiap orang yang membuat website.

Tidak ada gunanya bukan kalau membuat web tapi tidak ada yang mengunjungi? Kalau tidak ada yang mengunjungi apa bedanya dengan buku diari yang bersifat privasi?

Nah, dalam mendatangkan visitor ada buanyak sekali cara yang bisa ditempuh, ada yang mengandalkan konten viral dari facebook atau sosial media lainnya, ada yang lewat iklan, ada yang lewat referall web lain, dan salah satu cara paling jitu lewat mesin pencari atau search engine. Bagaimana cara mendatangkan visitor lewat search engine?

Apa itu SEO?

Search Engine Optimazation atau biasa disebut dengan istilah SEO (baca: ES I O) adalah sebuah cara atau trik agar website berada di ranking 1 atau minimal halaman 1 di mesin pencari.

Mesin pencari disini adalah Google. Mengapa Google? Simple, karena pasar search engine telah dikuasai / monopoli oleh Google.

Hanya beberapa negara saja Google keok, keoknya Google tidak lain karena proteksi negara tersebut yang ketat sebut saja China dan Rusia. Di China Baidu adalah mesin pencari nomor 1, sedangkan Yandex merajai di Rusia.

Seperti yang kita tahu, kedua negara tersebut sangat anti dengan Amerika. Karena itulah, mereka tidak mau produk-produk Amerika masuk ke negara mereka.

Apa SEO segampang itu? Kan tinggal buat aja web nomor 1 di Google, iya kan? Gampang dari hongkong? Iya gampang jika pesaing websitenya Cuma puluhan ribu, dengan kata kunci atau keyword sangat spesifik. Bagaimana jika pesaingnya jutaan bahkan miliaran website? Dengan kata kunci yang sangat ketat?

Mengapa jasa SEO mahal?

Karena tidak gampang alias sulit inilah mengapa jasa SEO bisa mahal. Untuk jasa paling murah berkisar 5 juta / proyek.

Dimana, setiap proyek biasanya terdiri minimal 1-3 kata kunci. Itu yang paling murah, kasarannya adalah pemilik jasa yang levelnya masih dibawah / merasa kasian dengan kamu.

Untuk jasa SEO professional nilainya minimal 30 juta / proyek. Sangat mahal bukan? Rata-rata jasa SEO berkisar 50 juta keatas, tergantung pada kata kunci yang dibidik. Masih menganggap SEO itu gampang?

Masih menganggap jasa SEO itu murah? Jika iya, mending kamu tidak usah lagi belajar internet marketing ya…

Aspek-aspek dalam SEO

Tentu saja ada banyak sekali aspek-aspek dalam SEO. Bagaimanapun Google tetaplah mesin, namanya juga mesin pencari bukan?

Tentu saja ada banyak sekali aspek penilaian Google sebagai sebuah mesin untuk merangkin website. Jika pengen nyogok Google pakailah Google Adwords, dimana website kamu dengan kata kunci tertentu akan ditampilan secara spesial di halaman sponsor.

Secara umum ada 2 aspek penilaian dalam SEO yaitu SEO Off Page dan SEO On Page. Ada bedanya? Kan Cuma off dan on? Keduanya sangatlah berbeda, gampangnya kalau On Page itu kita optimisasi di websitenya itu, kalau Off Page kita optimisasi di luar website tersebut.

Aspek-Aspek Dalam SEO

Aspek-Aspek Dalam SEO (Gambar : Google)

Logikanya gini aja ya, kalau SEO On Page itu ibarat kita mempercantik sorum / toko kita. Kita buat semenarik mungkin, sebesar mungkin, barang-barang yang kita jual itu dibutuhkan orang, harga murah, dll.

Pokoknya bagaimana cara buat pengunjung mau mengunjungi toko kita, nah itu adalah SEO On Page. Jadi, kita mempercantik website kita, memperkaya konten dalam hal ini adalah artikel. Sehingga pengunjung itu betah di website kita.

Nah, kalau SEO Off Page itu ibarat diluar toko itu. Misalkan adalah bagian marketing, yang menyebarkan brosur, atau yang lain.  Pokoknya bagaimana caranya agar toko kita itu dipromosikan oleh orang lain.

Dalam hal ini kita sebut SEO Off Page yang pada intinya lagi SEO Off Page adalah cara agar web kita mendapatkan backlink. Backlink ? Apa lagi itu?

Apa itu Backlink?

Duh, ternyata SEO kompleks ya? Ya iya lah! Sapa bilang SEO itu gampang? Gampang dari hongkong iya! Tapi, kalau kamu sudah tau inti SEO maka SEO akan menjadi makanan yang enak dan gampang kok. Saya Cuma butuh waktu 7 tahun untuk paham betul konsep SEO. Hehehe…

Balik lagi ke apa itu backlink? Sebelum tahu apa itu backlink, kamu sudah tahu link itu apa belum? Link dalam bahasa Indonesia adalah tautan. Gampangnya kalau kata / kalimat itu bisa di klik dan mengarah ke halaman lain itu yang namanya tautan atau link.

Nah, backlink itu sendiri adalah tautan / link dari website lain yang jika di klik backlink itu mengarah ke website kita. Ada banyak sekali tipe-tipe baclik, seperti blog comment, blogroll, link on article, dll. Saya tidak akan membahas detailnya disini ya, Insya Allah saya bahas di artikel lain.

Jadi, backlink itu trik bagaimana caranya agar website lain itu mau mempromosikan web kita dengan cara menaruh link web kita di web mereka.

Logikanya, semakin banyak yang ngasih backlink otomatis semakin bagus bukan web kita? Nah, hal inilah yang menjadi salah satu penilaian utama mbah Google untuk merangking web kita.

Inti dari SEO

Kalau saya boleh bilang, inti dari SEO itu ada di backlink. Semakin tinggi, semakin banyak backlink yang ditanam, maka ranking web kita semakin naik.

Tapi, ingat backlink kita juga harus berkualitas ya. Tidak asal menaroh link, apalagi di website p*r* atau j*d1 itu sangat dilarang ya, dan web-web lain sejenisnya.

Tetapi, jika web kamu membahas Long Tail Keyword (apalagi itu? Sabar ya… hehe) dengan jumlah artikel yang sangat banyak, misal 300 keatas maka kamu tidak harus pusing memikirkan backlink.

Karena, asal artikel kamu dari hasil riset Long Tail Keyword dan artikelnya panjang-panjang serta berkualitas maka sangat gampang ranking 1 di Google.

Tapi, jika website kamu adalah web profil perusahaan / jasa , yang otomatis tidak banyak bahkan tidak ada konten/artikel didalamanya hanya halaman profil sejenisnya saja maka backlink berkualitas adalah sangat mutlak.

Misal kamu menarget jasa potong rambut maka otomatis kamu membutuhkan banyak sekali backlink untuk merangking web kamu, karena kata kuncinya general dan web kamu tidak ada artikel didalamnya.

Beda urusan jika kata kuncinya jasa potong rambut laki-laki di Kulon Progo nah meskipun tak ada artikel maka akan gampang kamu merangking kata kuncinya, karena lebih spesifik. Jadi, selain artikel maka kata kunci itu juga penting.

Cara memilih kata kunci inilah yang para mastah disebut dengan Research Keyword / Riset Kata Kunci. Duh… SEO puyeng juga ya ternyata?

Tenang, ini masih belum seberapa. Seperti yang telah saya jelaskan, saya hanya butuh waktu 7 tahun untuk belajar SEO. Jadi, misal kamu baru belajar beberapa minggu ya saya anggap kamu TK aja belum lulus ya. Hehehe…

Itu tadi adalah pembahasan singkat tentang cara mendatangkan pengunjung dengan SEO. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin belajar SEO. Maaf jika ada kata-kata kurang berkenan ya.

Insya Allah saya akan menulis artikel-artikel lain seputar internet marketing terutama SEO lebih banyak lagi. Terutama belajar SEO dari nol, mulai dari riset keyword. Terimakasih.

Cari Artikel di Sini


Trik Mendatangkan Visitor dengan SEO | Admin | 4.5
%d bloggers like this: