5 Mental Dan Karakter Wirausahawan Menurut Bob Sadino

Menjadi wirausahawan merupakan sebuah profesi yang semakin mendapatkan tempat di masyarakat. Meskipun untuk menjadi wirausahawan sukses penuh tantangan dan hambatan serta rintangan yang harus dihadapi, belum lagi seorang wirausahawan harus mampu mengandalkan modal dan sumber daya yang dimilikinya untuk memajukan usahanya. Seorang wirausahawan harus mempunyai mental dan karakter wirausaha yang kuat karena tidak sedikit wirausahawan atau pelaku usaha yang harus gulung tikar karena tidak memiliki mental dan karakter berwirausaha yang mumpuni.

Saat bisnis mereka tidak kunjung memperoleh keuntungan meskipun telah lama berdiri, seseorang yang tidak mempunyai mental dan karakter berwirausaha yang mumpuni pasti akan langsung putus asa dan menyerah. Mental dan karakter entrepreneur sukses inilah yang menjadikan seorang master bisnis di Indonesia bernama Bob Sadino, menjadi seorang pengusaha berhasil sekaligus pendiri perusahaan Kemfood dan Kemchick.

Ada setidaknya 5 mental dan karakter yang harus dipunyai oleh wirausahawan sukses menurut Uncle Bob Sadino, simak ulasannya berikut ini.

1. Niat dan bertekad kuat

Mental dan karakter pertama yang harus dipunyai seorang wirausahawan adalah mempunyai niat dan tekad yang kuat saat pertama memulai dan mengawali bisnis tertentu. Saat memulai suatu bisnis pasti anda akan dihadapkan dengan berbagai macam kemungkinan, hanya orang yang mempunyai niat teguh dan tekad yang kuatlah yang bisa bertahan dalam masa masa tersebut.

2. Punya kemauan yang keras

Dalam sebuah bisnis sudah pasti terdapat tantangan, hambatan, dan rintangan tertentu bahkan keadaan tersebut bisa membuat wirausahawan menjadi pesimis atau putus asa. Dengan mental dan karakter yang kedua ini berupa kemauan yang keras untuk sukses, maka wirausahawan akan mampu melewati segala permasalahan yang menghadang.

3. Berani menghadapi dan mengambil risiko

Sebagai wirausahawan, seringkali anda dituntut untuk dapat menentukan keputusan bisnis yang berdampak pada nasib dan masa depan bisnis anda. Di fase inilah anda dituntut untuk dapat berpikir keras dan mengambil semua risiko yang mungkin akan dihadapi akibat pengambilan keputusan tersebut.

Keberanian mengambil risiko merupakan mental dan karakter seorang wirausahawan sejati yang sangat krusial menurut Bob Sadino. Kerugian merupakan hal biasa yang menjadi risiko bagi setiap wirausahawan. Jika memang anda tidak siap untuk rugi dan menghadapi risiko lainnya, maka anda tidak usah repot repot berbisnis karena hanya akan membuang waktu, tenaga, dan modal.

4. Tahan banting

Berwirausaha bisa jadi salah satu sarana untuk belajar dan mandiri serta memperluas lapangan kerja. Untuk dapat mandiri, seorang wirausahawan harus tahan banting dan tidak mudah lengah dalam menghadapi berbagai macam tantangan dan rintangan di dunia bisnis. jika mental dan karakter ini tidak dimiliki oleh seorang wirausahawan, pasti mereka akan mudah tergerus dan tereliminasi dari dunia entrepreneur kata Bob Sadino.

5. Ikhlas dan bersyukur

Terakhir, seorang wirausahawan harus selalu ikhlas dan bersyukur atas apapun yang ia terima dalam berbisnis. Meskipun di sisi lain wirausahawan harus bertekad kuat dan berkemauan keras, namun wirausahawan juga dituntut untuk ikhlas dan bersyukur dalam segala pencapaian bisnisnya.

Sukses memang butuh proses yang harus dijalani dengan penuh rasa ikhlas dan syukur. Rasa keikhlasan dan senantiasa bersyukur akan membuat seorang wirausahawan memaknai setiap hasil yang diperoleh dari bisnis yang dijalankannya. Sekecil apapun keuntungan usaha yang ia peroleh tetap akan ia syukuri karena itulah hal utama untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis.

Cari Artikel di Sini


5 Mental Dan Karakter Wirausahawan Menurut Bob Sadino | Admin | 4.5
%d bloggers like this: