8 Tips Sukses Berbisnis Properti “Tanpa Modal”

Bila berbicara tentang bisnis properti maka yang terlintas adalah modal yang besar. Tapi hal itu tak sepenuhnya benar, kita masih bisa memulai bisnis properti dengan mengeluarkan modal yang terbilang kecil.

Yang terpenting adalah keterampilan berbicara atau dengan kata lain marketing kta harus bagus. Nah berkut ini beberapa cara memulai bisnis properti dari nol yang mungkin bisa dicoba.

1. Mulai dari NOL

Pada saat kita mulai bisnis dari nol, maka sebenarnya kita punya keahlian yang lebih dibandingkan dengan yang meneruskan sebuah bisnis dari tengah. Hal ini dikarenakan kita akan belajar untuk mengatasi segala kegagalan untuk meraih kesuksesan. Untuk itu siapapun yang bilang bisnis dai nol itu susah, kita harus membuktikannya bahwa hal itu tak selamanya benar.

2. Buat Merk Usaha

Setelah bisnis kita mulai lancar, lebih baik kita membuat merk usaha sendiri agar terlihat profesional. Cari nama yang mudah diingat dan punya makna mendalam.

Baca juga : 8 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar

Dan nama tersebut kita daftarkan secara hukum agar kelak tak terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Karena biasanya pembeli atau penjual akan percaya dengan sebuah jasa yang mempunyai nama usaha.

3. Rajin Melihat Iklan

Sekarang ini sudah banyak media yang menyediakan iklan properti. Nah disini kita bisa ikut untuk memasarkan properti yang sedang dijual tersebut kepada orang yang membutuhkan. Kita bisa memasang harga yang lebih tinggi agar kita bisa mendapatkan sedikit keuntungan.

4. Tawarkan Kerjasama

Setelah kita menemukan penjual, akan lebih baik kita mulai untuk menawarkan kerjasama. Dan kerjasama ini harus kita tuliskan agar nantinya tak ada pihak yang dirugikan. Kita juga harus mengatahui detail dari rumah yang dijual, baik itu luas, harga, kondisi lingkungan, cara pembayaran, komisi yang kita dapatkan bila berhasil menjual rumah, dan lain sebagainya.

Nah setelah kita melakukan kerjasama, baru kita mulai mencari pelanggan. Disini kita akan sangat membutuhkan kemampuan marketing. Tapi yang jelas kita harus mengatakan yang sejujurnya tentang kondisi rumah, hal ini agar mereka mau menggunakan jasa kita lagi.

5. Dimulai dari Lingkungan Anda

Pasti disekitar kita ada orang yang sedang menjual atau membeli rumah, nah disini kita bisa mengamati bahkan bisa ikut berpastisipasi ke pembicaraan tersebut. Dengan mengatahui informasi sedetail mungkin kita bisa tahu seperti apa yang sedang dicari atau dijual.

Baca juga : 7 Bisnis Dengan Prospek Masa Depan yang Sangat Menjanjikan

Yang perlu kita ingat kita tak terikat perjanjian kita harus mencarikan atau menjual rumah sampai dapat. Paling tidak kita belajar untuk menjalankan bisnis ini, jadi boleh dibilang sifatnya nothing to lose. Walaupun demikian kita harus rajin dan fokus agara pekerjaan kita tak sia-sia.

6. Sisihkan Keuntungan

Saat kita mendapatkan komisi jangan lupa kita menyisihkan keuntungannya untuk ditabung untuk membesar usaha atau bisa juga untuk sedekah. Jangan takut miskin karena berbagi rejeki, ingat Tuhan itu Maha Kaya. Dengan seiring berkembangnya bisnis kita, uang tabungan tadi bisa kita gunakan untuk membayar karyawan. Karena pastinya setelah bisnis kita besar kita tak mungkin mencari penjual dan pembeli sendirian, untuk itu kita membutuhkan bantuan orang lain.

7. Mencari Calon Penjual

Pada saat kita sudah berdiskusi dengan calon pembeli, langkah selanjutnya adalah mencari calon pejual. Untuk mencari penjual ini kita harus rajin-rajin datang ke lokasi perumahan ataupun pameran properti yang sedang diselenggarakan. Kita harus mengatahui secara detail seperti apa rumah yang diinginkan, agar nantinya kita punya gambaran rumah idamannya.

8. Membuat Website untuk Promosi

Dengan kemajuan teknologi, kita juga bisa memanfaatkannya dengan menggunakan media online. Teknik promosi ini sering disebut zero marketing. Bukan hanya dengan media sosial tapi kita juga bisa membuat website gratis, tujuannya untuk mempertemukan penjual dengan pembeli.

Baca juga : 50 Peluang Bisnis Online Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah Untung Jutaan

Tapi yang jelas semua kontak harus lewat kita, jangan memberikan informasi kontak pembeli atau penjual di website tersebut. Yang jelas dengan teknik ini akan sangat memperluas pasaran kita.

Tadi beberapa tips untuk memulai bisnis properti dengan modal minim. Dan yang perlu kita ingat bahwa sebuah kesuksesan tak akan hadir secara instan. Untuk itu pada saat kita mengalami sebuah kegagalan kita harus bangkit dan pantang menyerah. Dan semoga beberapa cara tadi bermanfaat bagi Anda semua untuk mengembangkan atau memulai bisnis.

Cari Artikel di Sini


8 Tips Sukses Berbisnis Properti “Tanpa Modal” | Admin | 4.5
%d bloggers like this: