Tips Sederhana tapi Efektif Jualan Online di Internet sampai Sukses

Bagi sebagian orang yang berjiwa wirausaha, mungkin pernah berpikir untuk mencoba berjualan online. Pasar perdagangan via online memang sangat menjanjikan namun disatu sisi juga sedikit menyeramkan. Dunia maya memang dunia yang banyak diselami oleh kebanyakan orang, hampir 90 juta orang menggunakan internet di Indonesia, disitulah anda harus membuka mata lebar lebar bahwa terdapat peluang yang amat besar bagi bisnis anda melalui dunia internet atau online.

Namun disisi lain, cara untuk dapat terjun dalam pasaran bisnis online ini tentunya bukan hal yang mudah karena berurusan dengan bidang teknologi yang perkembangannya dinamis. Namun, selama anda mempunyai jaringan internet yang stabil, sedikit pengetahuan tentang internet, serta membaca beberapa panduan yang tersedia, impian anda untuk dapat sukses berjualan di internet pun akan dengan mudah tercapai.

Berjualan secara online bukanlah hal yang susah sejak mulai bermunculannya beberapa marketplace atau disebut juga sebagai pasar online seperi olx.co.id ataupun FJB kaskus dan Tokopedia. Anda tinggal menunggah produk yang anda jual pada marketplace tersebut dan mungkin dalam hitungan menit anda bisa mendapatkan pembeli.

Selain melalui marketplace, ada media lain yang bisa anda manfaatkan sebagai media berjualan online, yaitu BBM, Instagram, dan facebook. Beberapa pelaku usaha pun hanya mengandalkan marketplace untuk berjualan tanpa membuat situs websitenya sendiri. Meskipun menarik dan nyaman, namun memakai marketplace mempunyai kelemahan dimana marketplace tersebut bukanlah milik pribadi dan sewaktu waktu mungkin dapat ditutup.

Untuk itu, guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan, setidaknya anda sudah saatnya anda melirik peluang untuk menciptakan website anda sendiri dalam bertransaksi jual beli. Setelah anda mengetahui atau bahkan telah terjun dalam dunia jual beli online, maka anda perlu untuk membangun website berjualan anda sendiri. Memang hal ini membutuhkan biaya domain dan hosting yang tidak sedikit serta sumber daya manusia yang mumpuni.

Namun hal ini tentunya akan sebanding dengan penghasilan yang kelak akan diperoleh. Anda dapat menjalankan bisnis online ini dengan cara online shop atau e-commerce. Mana yang menurut anda enjoy untuk anda lakukan baik itu pelaksanaannya atau pengelolaannya, hendaknya itulah yang perlu anda tekuni.

Setelah website terbangun dan mempunyai landasan pondasi yang kuat, maka selanjutnya adalah maksimalkan kekuatan sosial media. Melalui sosial media yang anda punyai, anda dapat melakukan kegiatan promosi dan menjalankan fungsi marketing baik itu melalui facebook, instagram, ataupun bbm dan juga twitter.

Banyaknya pengguna sosial media di Indonesia ini bisa menjadi target yang pas bagi bisnis online anda. Anda cukup meningkatkan keahlian dalam berkata kata atau melalui infografis agar masyarakat tertarik untuk membeli produk anda yang dapat dilihat melalui website yang telah anda bangun tadi.

Membuat landasan pondasi berupa website dan sosial media memang mudah, namun yang menjadi tantangan selanjutnya adalah mendapatkan pembeli pertama. Produk yang tidak terjual di awal kemunculannya bukan berati tidak mendapat tempat di pasaran. Terdapat beberapa faktor yang perlu anda perhatikan seperti faktor persaingan yang ketat, kualitas produk, serta pelayanan yang diberikan oleh pelaku usaha.

Untuk dapat meningkatkan penjualan anda, tentu anda dapat memanfaatkan jasa dari selebgram dengan sistem endorsement, memakai sistem SEO dalam memberikan review atau mengiklankan produk, bisa juga dengan memasang iklan pada bidang bidang yang menyediakannya atau melakukan kerjasama dengan blogger dan youtuber untuk mereview produk yang anda berikan. Cara ini cukup efektif guna menggalang pembeli dan juga meningkatkan penjualan pada bisnis online anda.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: