7 Tips Sukses Berbisnis Orang-orang Tionghoa

Bukan hal yang tabu jika orang Tionghoa yang tinggal di Indonesia sebagian besar berprofesi sebagai pengusaha. Hebatnya, hampir keseluruhan dari mereka semua merupakan pengusaha sukses. Apapun bisnis yang dijalankan oleh para pengusaha Tionghoa seakan selalu berjalan dengan lancar dan membawa mereka ke jalan kesuksesan. Ada banyak sekali nilai yang bisa anda pelajari dari sistem tata kelola bisnis para pengusaha Tionghoa.

Berikut ini kami sajikan rahasia sukses para pebisnis Tionghoa sehingga meraih sukses yang menakjubkan.

1. Pembelajaran Bisnis dimulai Sejak Dini

Suatu hal yang lumrah bagi keluarga Tionghoa saat menjalankan bisnis keluarga diajarkan sejak dini. Jangan kaget jika ada keluarga pengusaha Tionghoa yang membuka usaha sebuah toko dan menemukan anaknya menjadi pelayan maupun ibunya menjaga kasir.

Pembelajaran bisnis seperti ini dirasa efektif dan efisien dalam kultur para pengusaha Tionghoa serta memberikan banyak manfaat bagi anak. Sehingga saat mereka dewasa, mereka sudah paham seluk beluk bisnis keluarganya dan saat mereka dilepas untuk mengurus bisnis, mereka tidak akan kaget.

2. Manajemen Keuangan Baik

Rahasia yang satu ini mungkin tidak banyak diikuti oleh pengusaha kita. Para pengusaha Tionghoa, sekecil apapun skala bisnisnya, mereka akan selalu membuat pembukuan serapi mungkin dan tentunya sedetail mungkin karena mereka sadar betul akan pentingnya tata kelola keuangan dalam sebuah bisnis.

3. Sistem Administrasi Rapi

Mungkin anda akan jarang menemui sebuah toko milik orang Tionghoa yang kehabisan stok barang. Hal ini membuktikan bahwa mereka benar benar memperkirakan peluang yang ada dan mereka menggenggam erat peluang tersebut agar jangan sampai terlepas.

Hal ini juga memberikan bukti bahwa mereka mampu mengolah administrasi yang mereka punyai secara apik dan rapi. Prinsip yang mereka pegang adalah jika mereka tidak bisa melayani pelanggan, maka kredibilitas toko mereka akan menjadi taruhannya. Maka dari itu mereka selalu menjalankan sistem administrasi bisnis serapi dan sedetail mungkin.

4. Biaya Hidup diminimalisir

Sebelum para pengusaha Tionghoa benar benar kaya, maka mereka akan menekan biaya hidup seminimal mungkin. Mereka terbiasa hidup berhati hati dan bahkan hanya menggunakan sebesar 20% dari penghasilan yang telah mereka dapat. Mereka tidak pernah bersenang senang sebelum posisi usaha mereka mencapai target atau mencapai puncak dan dirasa aman.

5. Berani Mengambil Risiko

Faktor ini juga sangat berpengaruh karena dengan keberanian yang tinggi dalam mengambil risiko, nantinya setiap keputusan akan dipikirkan dengan baik dan disertai dengan analisa kuat berdasarkan sebuah pengalaman.

Spekulasi para pengusaha Tionghoa dalam berbagai jenis bisnis sangatlah bagus. Intuisi yang mereka miliki cukup kuat sehingga menunjukkan bahwa mereka mempunyai jam terbang dalam bisnis yang tinggi dan pandai membaca peluang.

6. Belajar pada Siapapun Tanpa Pandang Bulu

Para pengusaha Tionghoa tidak sungkan belajar dari siapapun. Mereka tidak pernah malu ataupun segan bertanya pada siapapun yang dianggap mampu memberikan informasi terkait bisnis yang sedang mereka jalani. Hal ini membuat wawasan mereka senantiasa luas dan usaha yang dikelola senantiasa berkembang pesat.

7. Etos Kerja Baik

Terakhir, sudah bukan rahasia lagi sebenarnya bahwa para pengusaha Tionghoa mempunyai etos kerja yang luar biasa. Mereka selalu bekerja dengan penuh tanggung jawab, tuntas, dan berintegritas tinggi. Mereka sadar betul akan passionnya sehingga semangatnya selalu besar dan bisnisnya pasti maju.

Cari Artikel di Sini


7 Tips Sukses Berbisnis Orang-orang Tionghoa | Admin | 4.5
%d bloggers like this: