Tips Mengetik 10 Jari dan Software Untuk Belajarnya

Dalam kemajuan teknologi sekarang ini, kita tak akan lepas dari namanya masalah ketik-mengetik menggunakan perangkat komputer maupun leptop. Bukan hanya sekedar untuk main-main saja, tapi komputer akan sangat membantu kita dalam membuat tugas, entah itu laporan maupun yang lainnya.

Untuk itu kita akan dituntut untuk memaksimalkan penggunaan atau mengetik dengan cepat dengan menggunakan 10 jari kita. Pastinya dalam mengetik jari kita akan selalu berada di atas keyboard dan masing-masih jari akan memerankan perannya masing-masing. Keyboard merupakan sebuah metoda input yang sangat efetif dan efisien.

Jenis keyboard ini ada dua macam, yakni fisik dan juga vitual. Kalau yang fisik ini seperti yang dapat kita temui pada komputer maupun leptop. Sedangkan untuk yang vitual sendiri umumnya dapat kita temui di perangkat layar sentuh.

Kedua jenis keyboard tersebut memang berbeda, akan tetapi fungsinya masih tetap sama serta penulisan tanda baca juga telah ada dan lengkap. Untuk mengetik menggunakan keyboard maka kita akan memerlukan sebuah keahlian dalam mengetik. Karena itulah kita akan belajar untuk mengetik menggunakan 10 jari yang benar serta mudah digunakan.

Pentingnya Cara Mengetik 10 Jari yang Benar

Ingat! Tipe keyboard yang kita gunakan adalah QWERTY International, karena ada banyak sekali layout-layout keyboard yang ada di dunia. Tapi QWERTY adalah keyboard umum  yang digunakan khususnya di Indonesia.

Bagi kita yang bekerja mengharuskan menggunakan komputer, maka mengetik menggunakna 10 jari itu adalah sesuatu yang wajib. Karena tentunya hal tersebut akan sangan membantu kita dalam menyelesaikan tugas maupun pekerjaan. Mari kita mulai belajar mengetik menggunakan 10 jari seperti berikut ini :

1. Pembagian Jari Ketik Pada Tangan Kanan

  • Jati Telunjuk bertugas untuk menekan tombol huruf B, Y, H, N, U, J, M dan juga angka 6 serta 7.
  • Jari Tengah akan bertugas pada tombol huruf I, K, tanda koma serta angka 8.
  • Jari Manis akan bertugas di tombol huruf O, L, tanda titik, serta angak 9.
  • Jari Kelingking di hurf P, tanda titik koma, dan tanda Slash.
  • Jempol (Ibu Jari) akan menekan Space serta Alt.

2. Pembagian Jari Ketik Pada Tangan Kiri

  • Jari Kelingking akan menekan angka 1, huruf Q, A, Z serta tombol Shift, Tab Caps Lock.
  • Jari Manis akan menekan angaka 2, huruf W, S, X.
  • Jari Tengah Menekan angka 3, huruf E, D, C.
  • Jari Telunjuk akan menekan angka 4, 5, 6 dan huruf R. F, V, T, G, B, Y.
  • Jempol (Ibu Jari) aka menekan tombol Space dan Alt.

Selanjutnya kita dapat memulai dengan mempratekkannya di komputer sambil kita menghafalkan penempatan jari. Untuk itu hafalkan jari mana untuk menekan tombol mana.

Kemungkinan untuk awal-awal cara mengetik dengan menggunakan 10 jari ini terasa lambat. Akan tetapi bila sudah terbiasa hal ini sesungguhnya akan lebih cepat. Untuk latihan kita tak perlu untuk mengetikan kalimat.

Kita dapat mengetikan saja semebarangan dengan cara beraturan, disini yang terpenting adalah mengafal atau mengingat letak jari kita dan tombol keyboardnya. Bila kita sudah mulai hafal kita langsung praktek menggunakannya pada tugas serta laporan kita.

Keunggulan dan Manfaat Jika Mengetik 10 Jari

Ada beberapa keunggulan yang kita dapatkan saat kita mengetik menggukana  10 jari, diantaranya :

  1. Akan fokurs kepada teks
  2. Mengetik yang lebih cepat
  3. Minim dengan keselahan pengetkan (typo)
  4. Sikap duduk kita akan menjadi benar dikarenakan akan terfokus ke pada layar.
  5. Jarak mata dengan monitor akan menjadi normal (tak terlalu dekat)

Sebenarnya masih banyak lagi keuntungan yang lain dari mengetik menggunakan 10 jari. Intinya adalah mengetik menggunakna 10 jari ini akan sangat berguna dan menguntungkan.

Software Yang Membantu Untuk Belajar Mengetik 10 Jari

Pada saat saya belajar pertama kali mengetik 10 jari saya menggunakan bantuan software yaitu typing master.

Dalam software ini diberikan illustrasi yang cukup jelas pembagian dari setiap jari untuk mengetik, serta ada banyak sekali latihan-latihan yang ada untuk melatih ketepatan dan kecepatan mengetik 10 jari.

Download Gratis Typing Master – Software untuk Belajar Ngetik 10 Jari


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: