Apa itu Tax Amnesty (Pengampunan Pajak)?

Tax Amnesty berawal dari adanya rapat paripurna DPR yang mengesahkan Undang Undang Pengampunan Pajak atau dikenal dengan nama tax amnesty. Kebijakan tax amnesty ini sudah berlaku sejak tanggal 1 Juni 2016 lalu hingga tanggal 31 Maret 2017. Undang undang tersebut merupakan wujud komitmen pemerintah untuk terus melakukan tindakan reformasi kebijakan dalam sistem perpajakan secara simultan dari tahun lalu hinggal tahun 2017. Kebijakan pemerintah ini diharapkan dapat menyerap banyak dana agar masuk ke anggaran negara.

Di awal, kebijakan ini sempat meresahkan masyarakat akibat sosialisasi yang belum tepat. Banyak dari mereka yang belum paham betul mengenai tax amnesty dan juga kegunaannya baik bagi pribadi maupun dalam arti yang luas. Begitu pula dengan prosedur dalam mengikuti tax amnesty. Pada paragraf berikutnya akan kami coba uraikan mengenai hal hal tersebut.

Secara harfiah, tax amnesty merupakan pengampunan pajak dimana tax amnesty merupakan sebuah kebijakan pemerintah dengan satu tujuan yaitu menambah pemasukan negara untuk menambal defisit anggaran yang bersumber dari pendapatan negara berupa pajak. Tax amnesty menjadi salah satu cara yang dilakukan Pemerintah Indonesia agar para wajib pajak yang mempunyai simpanan di luar negeri bersedia untuk mengungkap dana yang dimilikinya untuk selanjutnya membayar pajak dengan tarif yang lebih rendah.

Cara Mendapatkan Tax Amnesty

Sejak UU Tax Amnesty disahkan, muncul berbagai macam pro dan kontra yang bergejolak di masyarakat. Pro kontra di masyarakat muncul karena ada banyak sekali orang yang merasa bahwa hal semacam tax amnesty ini dirasakan kurang efektir sebab condong menunjukkan sebuah kecenderungan adanya rasa putus asa dari Pemerintah Indoensia untuk mengejar wajip pajak yang nakal yang melakukan penggelapan pajak dengan memanfaatkan tax amensty sehingga mereka semuanya dapat melarikan uangnya sendiri ke luar negeri.

Tax amnesty juga dikhawatirkan akan menimbulkan kecemburuan antara wajib pajak yang taat pajak sehingga nantinya ia akan berubah pikiran dan mulai tidak membayar pajak.

Untuk dapat mengikuti program tax amnesty, ada beberapa hal yang harus anda lakukan.

  1. Melakukan pelaporan kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) baik dalam maupun luar negeri yang dilakukan sendiri langsung oleh wajib pajak.
  2. Menyetorkan surat pernyataan aset kepada petugas pajak dimana data yang dilaporkan harus asli dan sesuai dengan keadaan untuk kemudian wajib pajak akan mendapat surat keterangan dalam waktu tidak lebih dari 10 menit setelah proses berlangsung.
  3. Terakhir,a da proses penghapusan dan pembebasan sanksi dimana inilah proses terpenting dalam tax amnesty. Dalam proses ini terdapat proses pemberian fasilitas penghapusan pajak termasuk juga didalamnya pembebasan dari sanksi pidana dan sanksi administrasi misalnya denda.

Meskipun tax amnesty menimbulkan pro dan kontra sebagaimana telah disebutkan di awal paragraf diatas, kebijakan tax amnesty yang diinisiasi oleh Pemerintahan Joko Widodo ini tetap harus memperoleh apresiasi. Tax amnesty merupakan sebuah bagian dari usaha untuk mengembalikan pendapatan negara dari sektor pajak dan juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terutama wajib pajak yang merupakan pengusaha sukses akan pentingnya sektor pajak bagi Indonesia.

Manfaat lain dari adanya tax amnesty adalah diharapkan dapat mendorong pertumbuhan investasi sebab dengan adanya wajib pajak baru, maka akan timbul iklim investasi yang nantinya akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi. Selain itu, melalui tax amnesty nantinya akan diketahui berapa besaran Tax Based yang ada di negeri ini secara nyata.

Cari Artikel di Sini


Apa itu Tax Amnesty (Pengampunan Pajak)? | Admin | 4.5
%d bloggers like this: