Tarif Iuran BPJS Kesehatan Terbaru Tahun 2017

BPJS Kesehatan adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berwenang untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama PNS, Pensiunaan PNS/TNI/Polri/Verteran, ataupun rakyat biasa.

BPJS Kesehatan kependekan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kesehatan, selain BPJS Kesehatan ada juga BPJS Ketenagakerjaan yang mengcover / menjamin para pekerja jika ada kecelakaan ketika kerja ataupun saat akan pensiun.

BPJS Kesehatan dulunya bernama Askes atau asuransi kesehatan dikelola PT. Askes Indonesia (Persero). Tetapi berdasarkan UU No.24 Tahun 2011, diganti namanya menjadi BPJS Kesehatan per tanggal 1 Januari 2014.

Ketentuan dan Jumlah Iuran Bulanan BPJS Kesehatan

Info Biaya Iuran Bulanan BPJS Kesehatan Terbaru

Sebetulnya di website bpjs kesehatan resmi sudah tertera jelas berapa iuran yang harus dibayarkan oleh para anggotanya (klik disini) tetapi mungkin bahasanya agak kurang praktis, maka akan saya rangkum di artikel ini.

Berikut ini daftar iuran bulanan wajib BPJS Kesehatan :

NoPesertaJumlah IuranDibayar SendiriDibayar Pemerintah/Perusahaan
1Peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran)Semua dibayarkan pemerintah100%
2PNS, TNI, Polri, Pejabat Negara, Pegawai Pemerintah Non PNS5% Gaji / Bulan2%3%
3Pegawai BUMN, BUMD, dan Swasta5% Gaji / Bulan1%4%
4Saudara Pegawai Lainnya (Saudara kandung/ipar, asistem rumah tangga, dll), peserta bukan pekerja
  1. Rp 25.000/orang/bulan (Ruang Perawatan Kelas III)
  2. Rp 51.000/orang/bulan (Ruang Perawatan Kelas II)
  3. Rp 80.000/orang/bulan (Ruang Perawatan Kelas I)
100%
5Keluarga Tambahan Pegawai (Anak ke 4 dst, ayah, ibu, mertua)1%/orang/bulan100%
6Veteran, Janda/Duda/Anak Yatim Piatu dari Veteran5% dari 45% Gaji pokok PNS Gol III/a Masa kerja 14 tahun/bulan100%

Nah diatas adalah table jumlah iuran yang harus dibayarkan oleh setiap peserta BPJS Kesehatan. Silahkan lihat Anda termasuk golongan peserta yang mana.

Denda jika belum/tidak membayar iuran BPJS Kesehatan

Mulai tanggal 1 Juli 2016 pihak BPJS Kesehatan meniadakan denda keterlambatan iuran bagi para peserta BPJS Kesehatan.

Denda baru akan dikenakan jika peserta mendapatkan pelayanan dari BPJS seperti rawat inap setelah 45 hari terhitung keanggotaannya diaktifkan maka akan dikenakan denda sebesar 2,5% tiap bulan yang tertunggak, dengan ketentuan denda BPJS Kesehatan adalah :

  1. Jumlah iuran tunggakan maksimal 12 bulan
  2. Jumlah denda paling tinggi Rp 30.000.000

Cara cek jumlah denda dan Rincian Keterlambatan

Jika Anda merasa terlambat membayar iuran BPJS Kesehatan, Anda bisa mengecek berapa jumlah tunggakan yang belum Anda bayar, caranya bisa mengecek ke kantor BPJS kesehatan terdekat atau bisa juga lewat ATM bank Mandiri, BNI dan BRI.

Sistem Pembayaran VA BPJS (Virtual Account) & Keuntungannya

Berdasarkan peraturan yang baru yaitu dari tanggal 1 September 2016, bagi member BPJS kategori PB dan PBU bisa membayarkan iuran seluruh anggota keluarganya selama masih dalam satu Kartu Keluarga (KK) melalui kartu virtual account.

Jadi pembayarannya dilakukan secara kolektif melalui transfer bank yang memiliki kerjasama dengan BPJS Kesehatan seperti Mandiri, BTN, BRI dan BNI. Pembayaran ini tidak dikenakan biaya administrasi.

Cara lain untuk membayar BPJS Kesehatan dengan virtual account adalah melalui Indomaret, Kantor Pos, Alfamart, Pegadaian dan JNE. Untuk setiap transaksi dikenakan biaya administrasi Rp 2.500 saja. Itu sudah bisa membayar semua anggota keluarga. Atau juga bisa melakukan pembayaran via situs tokopedia.com.

BPJS Kesehatan juga menyediakan aplikasi di smartphone jadi Anda bisa mengecek detail akun Anda dengan lebih mudah. Silahkan klik link dibawah ini untuk mendownload aplikasi BPJS Kesehatan :

Download Aplikasi Android BPJS Kesehatan

Dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan pengecekan tagihan, info seputar BPJS Kesehatan, pendaftaran dll.

Itu tadi adalah informasi seputar tarif bpjs kesehatan terbaru, jika ada update beaya yang harus dibayar kami sebisa dan secepat mungkin akan memperbarui artikel ini supaya bisa memberikan informasi seakurat mungkin bagi Anda.

Cari Artikel di Sini


Tarif Iuran BPJS Kesehatan Terbaru Tahun 2017 | Admin | 4.5
%d bloggers like this: