3 Tanggungjawab Manajer Dalam Mengelola Sistem

Mengelola Sistem – Pada dasarnya sistem sangatlah penting untuk dikelola, dengan mengelola sistem anda dapat memastikan semuanya berjalan benar. Karena pada dasarnya, semua itu bermula dari sistem sehingga bila sistemnya baik semua akan baik pula. Untuk lebih jelasnya mengenai pengelolaan sistem mari kita perhatikan penjelasan berikut ini.

Kita ketahui bahwa pemenang hadiah nobel, Ilya Prigogine menemukan bahwa sistem yang kompleks dapat mengatur dirinya sendiri hanya bila terdapat batasan disekitarnya. Karena batasan tersebut akan menjelaskan “diri” yang akan dikembangkan melalui organisasi-diri.

Tanpa adanya batasan, sistem tidak akan mempunyai motivasi dan juga hambatan untuk dapat mengelola dirinya sendiri. Mereka harusnya mempunyai batasan sehingga secara langsung menyatakan kebutuhannya pada manajemen.

Ini merupakan salah pengartian yang umum, dalam sebuah sistem tanpa adanya pengaturan tidak akan ada yanga mempunyai batasan. Seharusnya semua itu terdapat batasan. Kita seharusnya menyadari bahwa alam raya ini merupakan batasan bagi kita.

Planet bumi juga batasan, sumber daya juga mempunyai batasan. Maka kita dapat mengambil pelajaran bahwa selalu terdapat banyak peluang untuk organisasi-diri tercipta, serta akan cukup sering, setidaknya sesuatu akan muncul dari hal tersebut.

cara mengelola sistem

sistem akan bekerja bila semua juag bekerja (image : google)

Akan tetapi pada saat ini anda seorang manajer yang menetapkan sistem tersebut untuk pertama kalinya, dan mengendalikan sistem tersebut. Anda hendaknya mengambil peluang untuk dapat memastikan bahwasannya apa yang akan muncul mempunyai nilai untuk Anda serta lingkungan.

Pada dasarnya sains tidak meminta anda untuk menanti munculnya solusi yang tepat bagi anda, Maka jalan manejer untuk dapat menetapakan batasan serta hambatan sangatlah mempengaruhi apa saja yang akan muncul dari tim pengelola dirinya sendiri (Lewis, Regine 2001). Anda haruslah menyadari bahwa anda tidak akan bisa untuk mengatur orang, akan tetapi anda dapat mengelola sistem.

Dalam biologi, istilah tersebut adalah evolusi terarah. Pada perusahaan yang bergerak dalam bidang bioteknologi yang akan menggunakan kekuatan evolusi untuk dapat membuat obat-obatan. Mereka akan berusah bertanggungjawab atas semua tekanan yang sifatnya selektif serta membolehkan alam agar mengelola dirinya sendiri serta melakukan yang tersisa.

Upaya agar dapat mengarahkan evolusi itu terkait dengan mengubah batasannya sehingga alam mengsahilkan sebuah molekul yang sangat bernilai. Maka organisasi-diri yang hanya terfoku pada sebuah bisnis merupakan masalh diaman kita dapat memanfaatkan hambatan yang ada sehingga kelompok orang kan memberi hasil yang bernilai pada organisasi sebagai suatu kesatuan.

Pada saat kita menyatukan hambatan untuk sekelompok orang, maka tanggung jawab ketiga dari seorang manajer merupakan menetapkan dimana arah dari sistem pengelolaan diri, jadi semua itu benar bahwa manejar merupaakn manipulator. Akan tetapi mereka merupakan manipulator sistem, bukannya manipulator orang.

Pada dasrnya kita telah mengidentifikasi dari ketiga tanggung jawab untuk seorang manajer pada saat akan menetapkan hambatan dalam suatu sistem organisasi: 1) mengembangkan sistem, 2) melindungi sistem, 3) mengarahkan sistem.

Uraian diatas merupakan penjelasan singkat tentang tanggungjawab dari seorang manajer pada saat ingin menetapkan hambatan. Semoga artikel tersebut dapat bermaanfaat bagi anda, terimakasih telah membaca artikel kami. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: