Kamu Males Belajar? Rugilah Kamu!

Cara Meningkatkan Minat Belajar – Ilmu merupakan hal penting untuk dapat meraih sebuah kesuksesan, walaupun ilmu yang tanpa didasari dengan agama juga akan sia-sia saja. Bila kita dapat mengintegrasikan dan interkoneksikan ilmu dengan agama maka percayalah prestasi yang anda peroleh akan luar biasa.

Karena dengan agama dan ilmu itu merupakan kombinasi yang bagus untuk meraih yang namanya kesuksesan. Dalam Al-Qur’an surat Al Mujadilah ayat 11 telah dijelaskan bahwa, “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu serta orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.”

Dari penjelasan dalam Al-Qur’an tersebut maka kita dapat mengambil pelajaran bahwa kita harus memperoleh ilmu serta mendapatkan ilmu. Ada yang pepatah yang mengatakan kejarlah ilmu sampai ke negeri Cina.

Baca Juga : Peluang Bisnis Online lewat Google Adsense

Orang yang akan sukses serta orang yang dapat meledakkan semua potensi dirinya, yang mana dapat mengambil setap kesempatan serta peluang yang ada merupakan orang yang peka, sensitif serta proaktif dalam memaknai ilmunya sebagai bekal yang pokok.

Kita dapat mengambil pelajaran dari sahabat Rosulullah yaitu Abu Bakar Ah-Shiddiq. Beliau sangatlah cepat dalam merespon amal shalih, yang mana itu dikarenakan beliau banyak tahu (punya ilmu banyak), bahwasannya setiap amal itu dapat memperluas bangunan rumah beliau di surga.

Kita dapat melihat langsung orang yang tak punya ilmu dalam kehidupan sehari-hari, yaitu orang yang sering membuang waktu, tak efektif serta efisien dalam melakukan apapun, sehingga tidak banyak manfaat baik entah itu untuk dirinya ataupun orang lain.

Baca : Peluang Kerja Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa

Seperti yang dijelaskan tadi bahwa tanpa ilmu maka kesuksesan tak akan pernah bisa diraih. Ini dikarenakan bahwa ilmu merupakan bagian terpenting dalam kehidupan, seperti halnya oksigen yang sangat dibutuhkan manusia untuk dapat bernafas.

Ada perumpamaan bahwa hidup tanpa ilmu bagaikan berjalan ditengah malam yang gelap gulita tanpa ada secercah cahaya. Dengan begitu tanpa ilmu ini maka manusia tak akan mampu untuk dapat menegakkan aturan serta syari’at Allah dengan kesuksesan.

anda tak berilmu

ilmu merupakan roda penggerak sebuah ide yang dapat membuat sukses kita (image : google)

Karena dengan ilmu kita akan memperoleh hidayah dari Allah yaitu berupa hidayah iman. Manusia yang tanpa ilmu maka hanya sedikit yang dapat dilakukannya dalam kehidupannya. Ada juga anggap bahwa ilmu hanya dapat diperoleh dari lembaga pendidikan saja.

Baca Juga : Pengertian Manajemen dan Fungsinya dalam Hidup

Akan tetapi itu salah, karena ilmu itu dapat diperoleh dari manapun. Tanpa ilmu ini umat islam hanya kan menjadi kuli, penonton serta pelayan yang hanya dapat mengekor atau mematuhi tuannya. Serta akan sukarela hanya menjadi konsumen sampah pada peradaban saat ini.

Begitu sialnya orang yang hidup tanpa ilmu itu, yang mana orang lain dapat berebut momentum untuk sukses, meraih sebuah keutamaan pada saat waktu prima yang digunakan untuk ibadah serta doa. Sementara itu ia tak punya bekal apa-apa untuk mendapatkannya.

Ilmu merupakan sebuah modal pokok bagi kita yang ingin sukses. Tanpa ilmu kita mau berbuat apa? Ilmu juga merupakan kunci, yang mana dapat membuka pintu kebaikan kesuksesan. Serta kunci untuk dapat menjawab semua pertanyaan serta masalah yang ada dalam dunia ini.

Ilmu juga kunci untuk menjawab pertanyaan yang akan diajukan oleh malaikat di alam kubur serta dia akhirat kelak: waktumu kau pergunakan untuk apa, masa mudamu kau gunakan untuk apa, hartamu kau peroleh darimana serta untuk apa, dan ilmumu kau kemanakan?

Maka kita mengambil kesimpulan bahwa terlalu banyak kerugian (kehilangan momentum) jika engkau tak mempunyai ilmu dalam kehidupanmu itu. Tidak ada kata terlambat untuk mencari ilmu, maka kita harus mencari ilmu sebanyak mungkin.

Mungkin dengan ilmu itu dapat mengantarkan kita untuk meraih kesuksesan bagi kita. Demikianlah paparan tentang pentingnya ilmu, karena orang yang tak punya ilmu merupakan orang yang rugi. Semoga artikel tadi dapat bermanfaat bagi anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel kami, sampai jumpa pada judul-judul artikel yang lainnya.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: