Strategi Marketing Bagi Market Follower

Strategi Pemasaran Pengikut Pasar – Setelah sebelumnya kita membahas tentang bagaimana strategi pemasaran yang cocok untuk market leader dan market challenger, kali ini kita akan lanjutkan dengan strategi yang biasa digunakan untuk usaha dengan predikat pengikut pasar.

Seperti yang kita tahu pengikut pasar adalah mereka yang berusaha menghindari serangan-serangan langsung terhadap pemimpin pasar dan lebih memilih mengikuti cara-cara yang digunakan pemimpin pasar. Meskipun berkesan hanya mengikuti bukan berarti market follower berjalan tanpa menggunakan strategi.

Strategi Pemasaran Bagi Market Follower

Market follower juga memerlukan strategi agar mampu mempertahankan konsumen nya dan memperoleh tambahan pelanggan. Di samping itu, perusahaan dalam kategori pengikut pasar perlu merumuskan strategi untuk meningkatkan pertumbuhan peusahaan dan berusaha agar tindakannya tidak memancing balasan dari perusahaan lain.

Artikel Lain : Apa itu WordPress? CMS Terbaik di Dunia

Berikut ini adalah tiga strategi umum yang biasa digunakan oleh usaha dengan kategori pengikut pasar :

Cloner

Strategi ini mengharuskan bagi para pengikut pasar untuk meniru dan menyamai segmen pasar dan bauran pemasaran dari pemimpin pasar. Dalam kasus ekstrim beberapa perusahaan pengikut bahkan menjiplak atau bahkan memalsukan produk-produk populer dari pemimpin pasar.

Sebagai contoh adalah produk ‘KW’ yang beredar dipasaran. Namun kekurangan dari strategi ini adalah  perusahaan seringkali dianggap sebagai parasit karena sedikit sekali berbuat untuk menstimulasi pasar dan hanya berharap hidup dari investasi market leader.

Imitator

Dalam strategi ini perusahaan pengikut pasar melakukan beberapa diferensiasi meskipun tetap meniru pemimpin pasar dal hal pembaharuan pasar dan buaran pemasaran seperti pada strategi cloning. Sebagai contoh yaitu merk adibas yang meniru adidas dan lain sebagainya.

Dengan strategi ini pengikut pasar dapat diterima oleh pemimpin pasar karena tidak begitu mengganggu kegaitan pemasaran mereka selain itu karena pangsa pasar pengikut tersebut membantu pemimpin agar tidak dianggap sebagai monopolis.

Adapter

Strategi ketiga yang bisa digunakan adalah mencontoh produk-produk dari pemimpin pasar, memproduksinya namun dengan sedikit improvisasi. Perusahaan yang menggunakan strategi adapter lebih memilih untuk menjual ke pasar yang berbeda agar terhindar dari konfrontasi langsung dengan pemimpin pasar.

Strategi ini termasuk strategi yang sangat efektif terbukti jika perusahaan tersebut sangat inovatif perusahaan akan mampu untuk tumbuh menjadi penantang pasar di kemudian hari. Contoh nyatanya adalah Xiaomi brand China yang mencoba mengadaptasi Apple saat ini telah  berkembang dengan pesat.

Artikel Lain : Cara Ganti Domain Blogspot dengan COM, Net atau yang Lainnya

Itulah tiga strategi yang bisa digunakan ketika usaha kita termasuk kedalam kategori pengikut pasar. Kita bisa memilih strategi yang sesuai dengan kemampuan dan target kita, memanfaatkannya dan terus berkembang menjad lebih baik.

Jika ada pertanyaan mengenai artikel berikut silahkan mengisi nya dikolom komentar yang ada. Saya mohon maaf atas kesalahan dalam penulisan semoga dapat bermanfaat sekian dan terima kasih.

Referensi Tulisan : 

Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, hal 319

Cari Artikel di Sini


Strategi Marketing Bagi Market Follower | Rocket Manajemen | 4.5
%d bloggers like this: