4 Strategi Pasar Berdasarkan Letak Geografis Pasar

Strategi Geografis Pasar – Strategi dapat dipecah berdasarkan beberapa hal, seperti halnya berdasarkan geografis pasar. Dalam aspek geografisnya, strategi pasar ini dapat dibagi menjadi beberapa macam strategi, kita urutkan dari pasar yang wilayahya kecil yaitu strategi pasar lokal, strategi pasar regional, strategi pasar nasional, dan strategi pasar internasional. Untuk dapat memahami keempat strategi tersebut maka strategi tersebut akan dibahas satu persatu.

1. Strategi Pasar Lokal

Strategi ini digunakan dengan cara melakukan konsentrasi usaha di suatu tempat (daerah ) tertentu yang relatif masih terbatas dan daerah tersebut masih dekat dengan lokasi perusahaan. Pada umumnya perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang pengecer dan organisasi jasa banyak yang memulai dengan perusahaannya dengan menggunakan strategi ini.

Baca Juga : Contoh Lengkap Laporan Keuangan

Tujuan utama dari strategi ini ialah untuk dapat mempertahankan kendali atas usaha ataupun bisnis yang dijalankan. Adapun faktor yang yang harus diperhatikan ketika perusahaan menggunakan strategi ini, yaitu :

  1. Perusahaan hendaknya mempunyai reputasi yang baik dalam daerah (geografis) tersebut. Sehingga konsumen akan percaya dengan kualitas produk perusahaan yang dijual, ini juga akan membuat konsumen menjadi loyal terhadap produk perusahaan.
  2. Perusahaan harus dapat mempertahankan persyaratan pasar. Dengan begitu perusahaan akan menjadi kuat untuk wilayah geografis tertentu.

Dalam strategi ini harapan yang ingin dicapai ialah kesuksesan dalam jangka waktu pendek, yang selanjutnya akan diperluas pada daerah geografis lainnya.

Dengan kata lain, strategi ini merupakan batu loncatan bagi sebuah perusahaan (langkah awal untuk memulai perusahaan), yang kemudian perusahaan akan mengembangkan dan memperluas sehingga dapat mencangkup daerah geografis yang lebih luas lagi.

Akan tetapi perusahaan hendaknya memulai strategi ini dengan serius sehingga perusahaannya kan berkembang dan bisa memperluas pasar mereka pada geografis yang berbeda.

2. Strategi Pasar Regional

Biasanya perusahaan yang menerapkan strategi ini adalah perusahaan yang beroperasi dalam dua atau tiga provinsi ataupun wilayah dari suatu negara. Misalkan saja perusahaan media cetak yang hanya melayani provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah saja.

Disini bukan berarti perusahaan tidak mempunyai dana untuk mengembangkan usahanya lagi, melainkan mereka berpikir bahwa daerah tersebut sudah sangat prospektif. Sehingga mereka hanya bergerak dalam pasar regional saja, dan menurut mereka pasar regional disini masih sangat rendah persaingannya. Dalam penerapan strategi ini perusahaan diwajibkan mempunyai dua sasaran utama, yaitu :

a. Untuk mendiversifikasikan resiko, sehingga tidak hanya tergantung dalam pada suatu wilayah tertentu saja. Apabila terjadi guncangan terhadap wilayah yang satu maka profitabilitas masih akan berjalan dengan normal, ini seperti perusahaan mempunyai cadangan penghasilan.

b. Mempertahankan pengendalian yang tersentralisasi
Dengan menjalankan strategi pasar regional, maka hasil yang akan diharapkan (ingin dicapai) adalah meningkatnya pertumbuhan, pangsa pasar yang lebih luas, dan mampu untuk mengatasi persaingan. Untuk dapat mencapai tiga hasil tersebut maka perusahaan membutuhkan syarat tambahan yang harus perusahaan penuhi, diantaranya :

  1. Adanya komitmen (keseriusan) manajemen untuk melakukan ekspansi
  2. Tersedianya sumber daya yang memadai
  3. Mempunyai kemampuan logistik untuk dapat melayani daerah regional

3. Strategi pasar Nasional

Pada dasarnya strategi ini sering digunakan pada perusahaan yang berada di Indonesia dikarenakan segmen pasar sangatlah besar. Karena biasanya perusahaan di Indonesia ingin sekali untuk menguasai pasar Indonesia secara menyeluruh, ini dikarenakan masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang cukup konsumtif.

Strategi ini ditandai atau berciri bahwa beroperasinya suatu perusahaan secara nasional, dengan bertujuan agar dapat meningkatkan pertumbuhan dan memperluas jangkauan pelayanan kepada para konsumen.

Sebagai contoh yaitu media cetak yang beroperasi nasional yaitu Kompas, Media Indonesia, Suara Pembaharuan dan masih banyak lagi. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi apabila suatu perusahaan ingin menggunakan strategi ini, yaitu :

  1. Adanya keseriusan (komitmen) manajemen puncak
  2. Sumber daya modal yang besar ataupun dapat memenuhi semua kebutuhan operasional perusahaan
  3. Adanya kemauan untuk mengambil resiko, karena dalam strategi ini memiliki resiko kegagalan yang cukup besar Adapun hasil yang ingin diperoleh (capai) apabila menggunakan strategi ini ialah meningkatnya pertumbuhan, pangsa pasar, dan juga laba.

4. Strategi Pasar Internasional

Dalam strategi ini cakupan wilayahnya sangatlah luas, yaitu meliputi antar negara. Sehingga strategi ini sangatlah membutuhkan manajemen yang sangat kuat agar dapat menghadapi perusahaan-perusahaan lokal yang memproduksi produk yang sama dengan perusahaan kita.

Strategi ini berkembang karena adanya blok-blok perdagangan (seperti MEE, AFTA, NAFTA, dan sebagainya) dan adanya perdagangan bebas sehingga perusahaan mempunyai peluang untuk masuk pasar internasional, sehingga perusahaan dapat menjual produk mereka keluar negeri. Perusahaan yang menggunakan strategi ini bertujuan untuk memanfaatkan peluang berbisnis diluar bisnis domestik mereka.

Akan tetapi produk yang kita ciptakan haruslah lebih baik, harga dapat bersaing dengan produk lokal, dan juga dapat mengganti kan produk lokal yang sudah ada. Adapun persyaratan pokok yang harus dipenuhi oleh perusahaan apabila ingin menggunakan strategi ini , yaitu :

  1. Adanya komitmen (keseriusan) manajemen puncak
  2. Sember daya modal yang cukup besar
  3. Mempunyai pemahaman yang cukup tentang pasar internasional

Dalam strategi ini hasil utama yang ingin diperoleh (dicapai) adalah peningkatan pertumbuhan, pangsa pasar, dan laba.


Cari Artikel di Sini


Originally posted 2015-11-18 08:53:16.

Leave a Reply

*

%d bloggers like this: