7 Pedoman Ads Copy (part 2)

Strategi Copy Iklan – Nah untuk kesempatan kali ini kan melanjutkan penjelasan tentang pedoman dalam strategi copy iklan, pada artikel yang sebelumnya telah dibahas 3 pedoman bial anda lupa silahkan klik disini.

Maka untuk kesempatan ini akan dijelaskan sisanya, yaitu masih terdapat 4 pedoman lagi yang perlu diperhatiakan dalam strategi copy iklan. Berikut penjelasnnya.

4.Daya Tarik Rasional versus Daya Tarik Emosional

Dalam hal ini kita harus menggunakan kedua daya tarik tersebut serta menggunakannya secara bersamaan. Dalam hal ini daya tarik emosional dguanakn agar dapat mengefektifkan kampanye iklan, sedangkan untuk daya tarik rasional sendiri digunakan untuk dapt mendukung pendekatan emosional.

5.Daya Tarik Humor

Untuk yang berkaitan dengan adanya aspek humor dalam sebuah iklan, terdapat beberapa hasil penelitian yang telah diperolah para pakar periklanan. Diantaranya sebagai berikut :

  • Pesan yang terdapat humur akan menjadi perhatian
  • Dengan humor akan mengingatkan kredibilitas sumbernya
  • Dengan adanya konteks humor akan meningkatkan kesuksesan pada sumber serta menimbulkan mood yang positif. Sehingga dapat enumbuhkan efek persuatif yang telah ada.
  • Pada tingkat konteks humor difungska sebagai penguat positif, komunikasi persuatif yang mana telah diletakkan pada konteks tersebut akan mengalami kefektifan.
  • Pasan yang terdapat humor akan merusak pemahan ikaln yag sesungguhnya.
  • Dalam hal in humor dapat membingungkan publik, mengurangi argumentasi, serta meningktakan sebuah suatu bujukan.
  • Sebaik-baiknya sebuah humur tidak efekti dalam melakukan bujukkna bila mana kita bandingkan dengan penggunaan daya tarik yang serius.
  • Dalam ini karakteristik dari publik juga kana menghancurkan efek humor tersebut.
menuju kesuksesan

ilustrasi tim yang bekerja sama untuk menuj kesuksesan (image : google)

6.Keadan Mata dalam Memandang Iklan Gambar

Dalam hal ini mata sangatlah berpengaruh untuk membuat keputusan, karena pupil mata ini dapat menjadi sebuah indikator yang dapat melhat sikap mental dari individu. Yang mana pada saat pupil mata membesar ini menunjukkan bahwa orang tersebut sedang bergembira.

Sedang dengan kebalikkannya pupil mata yang menyempit menunjukkan bahwa orang tersebut sedang bersedih. Dalam sebuah penelitian tentang pengaruh dari membesar mngekilnya pupil mata ini serta arah gerakn dari mata pada iklan, maka dapat disimpulkan :

  • Pupil yang membesar ini menunjukkan sikap positif orangnya terhadap suatu hal, dan secar tidak langsung akan mempengaruhi minat serta sikap konsumen terhadap kominikator.
  • Apabila bola mata ini bergerak kearah kanan, maka individu tersebut lebih memandang gagasan yang objektif serta rasional pada pesan iklan yang disampaikan tersebut.

Ini berkebalikannya, bila bla matanya bergerak kearah kiri maka individu tersebut lebih condong ke ekspresi subjektif seta emosionalnya dari pesan iklan tersebut.

7.Iklan Perbandingan

Yang diamksunkan denga iklan perbandingan adalah iklan yang mana isinya memperlihatkan 2 atau lebih merk produk yang mana produk tersebut saling bersaing dengan jelas-jelas menyebutkan berbagai atribut yang spesifik dari sebuah produk serta jasa yang diiklankan.

Akan tetapi dalam hal ini masih terdapat perdebatan lebih efektfi mana antara iklan perbandingan denag iklan individual.

Demikianlah penjelasan tentang 7 pedoman dalam strategi copy iklan ini. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel kami. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: