7 Pedoman Ads Copy (part 1)

Strategi Copy Iklan – Dalam artikel yang kali ini masih ada hubungnnya dengan promosi. Karena pada artikel yang terdahulu kita telah menjelaskan tujuan dari promosi, bila anda lupa silahkan klik disini. Karena masih dalam terdapat hubungan dengan promosi maka dapat dipastikan materinya tak akan jauh dengan namnya promosi.

Pada dasarnya copy ini merupakan issi dari sebuah iklan. Copy ini berfungsi sebgai penjeasan kepada konsumen tentang manfaat apa yang akan diperoleh dari produk serta memberikan sebuah alasan yang kuat untuk membeli produk tersebut.

Maka dari itu copy yang menarik ini harus bersifat menarik, spesifik, mudah untuk dimengerti, singkat, dapt dipercaya,sesuai dengan keinginan dari pembaca serta bersifat persuasif. Oleh sebab itu copy merupakan wakil dari sebuah pesan yang ingin disampaikan oleh pengiklan kepada konsumen.

Maka dalam pengiklan kita harus dapat kreatif baik itu dalam kata-kata, bunyi, serta format penulisannya. Pesan yang ingi dingin disampaikan kepada pembaca ini dapat disampaikan dengan gaya yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi pasar yang ingin dituju.

Dalam hasil riset komunikasi berikut ini memberikan sebuah pedoman agar dapat menyampaikan copy kepada sasaran (Jain, 1990)

1.Kredibilitas Sumber

Untuk hal ini diperlukan pemanfaatan dari orang-orang yang sudah terkenal, anggota kelompok referensi, serta pakar untuk dapat merekomendasikan sebuah produk karena itu semua sangatlah membantu untu pemasaran.

Yang perlu diingat bahwasannya seiring dengan berjalannya waktu, konsumen boleh jadi akan kembali ke pilihannya dulu serta tak mengaitkan pesan yang terdapat pada produk dan juga orang yang telah menyampaikan di dalm iklan tersebut.

Oleh sebab itu mungkin kita perlu untuk dapt menghindari pengiklan menggunakan orang-orang terkenal, misalkan saja bial publik mempunyai pandanagn bahwa sebuah perusahaan hendak ingi memakasakan sesuatu, sebaiknya menggunakan mereka apabila perusahaan menganggap bahwa kredibilitas itu dianggap penting oleh perusahaan.

strategi copy iklan

karyawan ynng sedang membuat rancangan iklan (image : google)

2.Keseimbangn Argumen

Dalam hal ini sangat berkaitan erat dengan apakah dalam pengiklanan, pengiklan hanay perlu untuk menonjolkan dari sisi baiknya produk tersebut atau bersama-sama dengan sisi buruk dari produk tersebut.

Dalam hal ini perlu adanya beberapa hal yang harus diperhatiakan dalam keseimbangan argumen ini, yaitu :

  • Kita dapat menunjukkan kedua sisi (sisi baik serta sisi buruk) dsri produk tersebut daripada kita hanya memperlihatkan salah satu sisi tersebut kepada publik ataupun individu yag mana mereka tidak setuju dengan satu sis yang telah ditunjukkan tersebut.
  • Kita haruslah pandai menunjukkan sisi mana yang harus ditunjukkan kepada publik. Bila mana kepada oarng yang berpendidikan kita hendaknya memperlihatkan segi positif serta segi negatif dari produk tersebut.

Sedangkan kepada orang tidak berpendidikan kita lebih baik untuk menonjolkan aspek yang sesuai dengan mereka saja.

  • Kepada orang yang telah diyakinkan dengan satu sis saja, maka penyakinan dengan dua sisi ini malah tidak aka efektif lagi bial dibandingan satu sisi yang mana telah menduakung keyakinannya sejak awal.
  • Penyajian dua sisi ini sanagtlah tidak efektif bagi merek yang tidak berpendidikan yang mana telah diyakinkan.
  • Untuk produk yang prestise (barang mewah), penyajian dua sisi ini malah akan merusak citra dari produk tersebut.

3.Pengulangan Pesan

Pengulangan pesan ini dilakukan dengan tujuan agar pesan yang ingin disampaikan produk dapat diterima denga benar oleh konsumen. Perlu diiingat bahwa pengulangn pesan ini mempunyai sebuah batasan, yaitu membuat orang menjadi bosan serta tak tertarik lagi.

Apabila dalam situsi tersebut pengulan pesan ini terus dilakukan maka akan berakibat pada publik yang akan muak serta sikap awal terhadap produk akan menjad rusak total.

Jadi bila kita ingin melakukan pengulangna iklan ini, kita hanya akan memperthankan sentralnya saja, sedangkan untuk penyajiannya kharuslah tetap bervariasi.

Itu adalah 3 pedoman untuk dapat menyampaikancopy kepada publik sasaran, untuk 4 pedoman yang lainnya akan dibahas pada artikel yang selanjutnya. Terima kasih telah membaca artikel kami, somoga bermanfaat. Dan sampai jumpa pada artikel-artikel yang lainnya.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: