Tips Optimasi SEO Terbaik untuk Blog WordPress Terbaru

Plugin Wordpress Terbaik

Plugin WordPress Terbaik – Saat ini dunia marketing sudah bergeser jauh sejak adanya internet. Ya, sekarang sudah muncul istilah digital marketing dan growth hacking. Salah satu didalamnya adalah SEO, SEO kependekan dari Search Engine Optimization. Yaitu optimisasi website agar baik dimata mesin pencari (google) dengan harapan mendatangkan pengunjung yang banyak lewat mesin pencari tersebut.

Ada banyak sekali parameter-parameter dalam SEO, kalau dibagi secara umum ada dua yaitu SEO Off Page dan SEO ON Page. Nah, didalam artikel ini saya fokus untuk membahas SEO ON Page saja ya, karena untuk SEO Off Page sudah saya tulis di artikel sebelumnya.

Artikel Terkait : 7 Sumber Backlink Berkualitas Untuk SEO Off Page

Sejauh ini saya belajar SEO hanya untuk 2 CMS yaitu wordpress dan blogger.com, dari keduanya saya simpulkan bahwa wordpress adalah CMS terbaik untuk SEO.

Mengapa saya bisa katakan demikian? Karena wordpress memiliki banyak sekali plugin-plugin yang dapat membantu kita mengoptimisasi website kita.

Bagi Anda yang belum paham plugin di wordpress itu apa, plugin adalah aplikasi-aplikasi/fitur-fitur yang bisa ditambahkan di website kita. Misalkan kita ingin membuat toko online, kita tinggal menginstall plugin toko online seperti woocommerce.

Karena dukungan banyak plugin inilah kita bisa bereksplorasi sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan kita.

Tapi…

Karena ada banyak sekali plugin yang ada (mencapai ratusan ribu) banyak sekali blogger-blogger pemula bingung plugin mana yang harus di install. Sayapun juga pada tahun-tahun awal menggunakaan wordpress bingung mau install yang mana.

Karena itulah, saya mencoba membahasnya sedikit di artikel ini.

Pada dasarnya plugin wordpress itu bermacam-macam tipenya, ada plugin untuk optimasi SEO, plugin untuk toko online, plugin mempercantik tampilan, dll. Karena artikel ini membahas SEO maka saya akan membahas plugin tentang SEO saja.

Plugin SEO Terbaik untuk WordPress

Tentu saja ada banyak sekali plugin-plugin untuk mengoptimasi SEO baik yang berbayar ataupun gratis. Tapi di artikel ini saya hanya akan membahas yang gratis saja. Saya sudah mencoba banyak sekali plugin-plugin SEO, dan akhirnya saya memutuskan berikut ini plugin seo terbaik wordpress menurut saya :

  1. Yoast SEO
  2. SEO Smart Link
  3. Recent Post By Category Widget
  4. NextScripts: Social Networks Auto-Poster
  5. Jetpack by WordPress.com
  6. Far Future Expiration Plugin
  7. Autoptimize
  8. HTML Javascript Adder
  9. SI CAPTCHA Anti-Spam

Plugin-plugin diatas memiliki fungsi yang berbeda-beda, tetapi pada intinya plugin tersebut akan membantu kita mengoptimisasi SEO ON Page di website kita. Berikut penjelasan untuk tiap-tiap plugin diatas :

1. Yoast SEO : Plugin optimasi title tag terbaik

Plugin ON Page Terbaik : Yoast

Yoast adalah salah satu plugin SEO Terbaik Saat Ini

Saya telah mencoba banyak plugin untuk mengoptimasi ON Page, dari sekian banyak plugin yang saya coba Yoast SEO adalah yang terbaik menurut saya. Plugin tandingannya seperti AIO SEO Packpun masih kalah dibanding dengan Yoast SEO.

Artikel Terkait : Cara Membuat Toko Online Gratis dengan Blogger

Salah satu kelebihan yang dimiliki Yoast adalah kemudahan untuk mengoptimasi title halaman, baik halaman tag, post, page, ataupun kategori. Jika Anda sudah benar-benar paham riset keyword maka plugin ini sangat berguna untuk mengoptimasi website Anda.

Untuk lebih jelasnya berikut ini fitur-fitur yoast seo :

  1. Fokus keyword dan analisis konten.
  2. Post title (judul artikel) dan meta deskripsi
  3. Konfigurasi robot meta
  4. Readability check
  5. Canonical
  6. Breadcrumbs
  7. Primary Categori (Kategori Utama, jadi tiap artikel bisa lebih dari 1 kategori, dan dipilih 1 kategori utamanya)
  8. Permalink Cleanup (Mengoptimasi URL Website)
  9. XML sitemap
  10. RSS enhancment

Nah itu beberapa fitur SEO di yoast seo, lebih jelasnya silahkan klik disini. Dari banyaknya fitur diatas, yang paling berpengaruh untuk SEO adalah fokus keyword dan post title. Karena ini adalah inti dari SEO On page tersebut.

Free Download Yoast SEO Plugin untuk WordPress

2. SEO Smart Link : Plugin Membuat Internal Link Otomatis Terbaik di WordPress

SEO Smart Link Plugin

SEO Smart Link : Plugin Generate Internal Link Otomatis Terbaik

Ini adalah salah satu plugin terfavorit saya. Mengapa? Karena dengan plugin ini kita bisa membuat internal link secara otomatis.

Internal link disini yang saya maksud adalah, link-link yang saling berhubungan di satu artikel dengan artikel yang lain. Semakin banyak internal link yang relevan maka semakin bagus, asalkan tidak terlalu banyak.

Internal link ini juga memudahkan user untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, misalkan di Artikel A anda membahas suatu topik, ternyata topiknya berhubungan dengan artikel B. Maka Anda bisa memasang link artikel B ke dalam artikel A tersebut.

Free Download SEO Smart Link Plugin untuk WordPress

3. Recent Post By Category Widget :  Menampilkan Artikel Terbaru by Kategori

Recent Post by Category

Plugin untuk menampilkan artikel terbaru berdasarkan kategori

Plugin ini berguna untuk menampilkan artikel terbaru berdasarkan kategori tertentu. Plugin ini sangat penting, apalagi jika web Anda membahas banyak topik. Meskipun satu topikpun plugin ini juga cukup penting.

Misalkan, plugin ini dipasang dibagian sidebar. Maka bisa meningkatkan pageview website kita. Plugin ini juga hampir sama fungsinya dengan theme website yang bertema magazine. Seperti yang kita tahu, magazine style ini bisa memisahkan kotak-kotak widget artikel terbaru berdasarkan kategorinya.

Misalkan, web Anda tentang tempat wisata. Maka bisa dipasang widget artikel terbaru dengan kategori artikel terbaru, kategori wisata air, kategori wisata gunung, kategori penginapan, dll. Sehingga memudahkan pengunjung untuk melakukan navigasi website.

Free Download Recent Post by Category Widget untuk WordPress

4. NextScripts: Social Networks Auto-Poster : Plugin Autoshare WordPress Terbaik

Plugin Autoshare Terbaik

Plugin autoshare ke sosial media dan blog web 2.0 terbaik untuk wordpress

Backlink memang menjadi salah satu parameter penting untuk SEO dari jaman dulu. Terkadang kita malas jika harus membuat backlink ke website kita.

Nah, dengan plugin ini kita bisa dengan mudah menshare artikel yang kita publish ke jaringan yang kita miliki, baik sosial media ataupun web 2.0.

Artikel Terkait : Cara Membuat Blog di Blogger

Plugin ini sangat cocok jika Anda memiliki banyak sekali akun sosial media, dengan sekali klik sudah autopost ke semua jaringan. Dengan plugin ini jelas kita bisa menghemat banyak waktu, dan efeknyapun sangat terasa.

Free Download NextScripts: Social Networks Auto-Poster Plugin untuk WordPress

5. Jetpack by WordPress.com : Salah Satu Plugin Statistik Analisis Terbaik untuk WordPress

Jetpack Plugin untuk WordPress

Plugin untuk menganalisa visitor terbaik di wordpress

Banyaknya visitor suatu website menjadi salah satu parameter penting untuk kesuksesan website tersebut selain banyaknya profit yang didapat.

Untuk mengetahui jumlah pengunjung yang datang ke website kita, kita membutuhkan plugin untuk menghitung berapa jumlah visitor yang datang setiap hari.

Tentu saja ada banyak sekali software-software untuk mengetahui jumlah pengunjung, misalkan histats dan google analytics. Tapi keduanya tidak menjadi plugin untuk wordpress, dan kita harus menginstall script khusus kedua layanan tersebut.

Untuk itu, jetpack by wordpress.com plugin menjadi pilihan pertama untuk menganalisis berapa banyak pengunjung yang datang ke website kita. Dengan plugin ini kita bisa mengetahui jumlah visitor, artikel mana yang paling banyak dibaca.

Mengetahui hal ini sangat penting, dengan mengetahui artikel mana yang paling banyak dibaca bisa memberikan kita data topik mana yang paling populer di website kita. Sehingga kita bisa memperbanyak konten tentang topik tersebut.

Free Download Jetpack by WordPress.COM Plugin

6. Far Future Expiration Plugin : Plugin mengoptimasi kecepatan website wordpress

Plugin mempercepat loading

Plugin ini diguanakan untuk mempercepat load website

Memiliki website yang ringan dan cepat diakses tentunya salah satu syarat wajib yang harus kita penuhi. Percuma websitenya bagus tapi sangat berat untuk diakses.

Semakin cepat website kita bisa diakses maka semakin bagus posisi kita untuk SEO. Salah satu plugin yang membantu mempercepat loading website adalah Far Future Expiry Header. Plugin ini bisa mengoptimasi script website kita, sehingga web tidak perlu meload script yang tidak perlu/tidak digunakan.

Free Download Far Future Expiry Header Plugin untuk WordPress

7. Autoptimize

Autoptimize plugin wordpress

Plugin untuk mengoptimasi script wordpress

Selain plugin Far Future Expiry Header ada satu plugin lagi yaitu Autoptimize, plugin ini juga berfungsi untuk mempercepat loading website kita dengan mengkompres cache, script baik html, css, ataupun js.

Dengan menggunakan plugin ini loading website kita menjadi lebih cepat dibanding biasanya.

Free Download Autoptimize Plugin untuk WordPress

8. HTML Javascript Adder, Untuk Menambah Widget HTML

Plugin Add HTML JS

Menambahkan html dan javascript widget wordpress

Plugin ini memudahkan kita untuk menambahkan widget berupa html dan javascript. Dengan plugin ini kita bisa mengedit tampilan dan fitur website dengan lebih leluasa.

Plugin ini secara fitur hampir sama dengan fitur add html/js di blogger. Plugin ini hadir karena di fitur bawaan wordpress tidak ada fitur untuk menambahkan html dan javascript di sidebar kita.

Free Download HTML Javascript Adder Plugin untuk WordPress

9. SI CAPTCHA Anti-Spam, Memproteksi Website menjadi Lebih Aman

Captcha Plugin for WordPress

Plugin ini berfungsi untuk menampilkan captcha di setiap form web

Untuk membuat website lebih aman kita membutuhkan captcha supaya meminimalisir spam yang masuk di web kita.

Meskipun sudah dipasang captchapun terkadang masih ada komentar spam yang masuk, apalagi jika tidak dipasang? Hal ini sangat penting, karena terkadang di komentar-komentar spam tersebut menanam backlink ke website mereka.

Kalau komentar mereka relevan, dan backlinknyapun relevan tidak masalah. Kalau komentarnyapun copas + backlinknya tidak sesuai apa iya harus kita approve? Dengan plugin ini kita menghindari komentar-komentar spam (sampah) seperti itu.

Free Download SI CAPTCHA Anti-Spam Plugin untuk WordPress

Itu tadi adalah beberapa plugin SEO terbaik untuk wordpress, tentunya masih ada banyak plugin-plugin lainnya. Tapi sejauh ini 9 plugin diataslah yang saya pakai.

Jika Anda tidak merasa cocok, Anda bisa mencoba plugin-plugin lainnya sesuai dengan kecocokan Anda. Artinya apa yang saya sajikan ini tidak bersifat mutlak harus Anda ikuti, karena menurut saya SEO is Art. SEO itu seni, dan setiap orang memiliki style yang berbeda-beda.

Cari Artikel di Sini


Tips Optimasi SEO Terbaik untuk Blog WordPress Terbaru | Admin | 4.5
%d bloggers like this: