Info Lengkap Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara – Sebentar lagi siswa tingkat tiga pada jenjang sekolah menengah atas atau SMA dan sederajat akan memasuki tahap selanjutnya yaitu perkuliahan. Meskipun ada juga siswa yang memilih tidak melanjutkan kuliah, perkuliahan tetap merupakan hal yang penting untuk membantu kita di masa depan.

Biasanya kita bingung untuk melanjutkan kemana perguruan tinggi ini kah? atau universitas itu kah? pokoknya bikin pusing. Nah supaya tidak terlalu pusing artikel kali ini kita akan membahas salah satu perguruan tinggi yang cukup banyak diminati yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Untuk kalian yang belum tahu apa itu sekolah tinggi akuntansi negara atau STAN artikel ini akan memberikan informasi mengapa harus memilih STAN. Sedangkan untuk kalian yang sudah memilih STAN untuk melanjutkan sekolahnya maka artikel ini  akan memantapkan pilihan kalian. So, selamat membaca.

Artikel Lain : Kumpulan Jurnal Akuntansi Lengkap

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

Sejarah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN-STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan (Prodip Keuangan).

Sekolah tinggi akuntansi negara atau STAN pertama kali berdiri tahun 1952 tepatnya 31 Juli 1952 atas Surat Keputusan Menteri Keuangan No.167941/UP dengan nama Kursus Djabatan Ajun Akuntan (KDAA).

KDAA memiliki dua jurusan pada masa itu yaitu Ajun Akuntan Negara (AAN) yang diselenggarakan di Bandung dan Ajun Akuntan Pajak (AAP) yang diselenggarakan di Jakarta.

Kemudian di tanggal 4 Oktober 1956 berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No: 213812/UP dibentuk Akademi Pajak. Setahun setelahnya akademi pajak ini pun berubah menjadi Akademi Pajak dan Pabean (AP2) atas Keputusan Menteri Keuangan No:248621/UP pada tanggal 25 November 1957.

Artikel Lain : 6 Langkah Membuat Proposal Akuntansi

Penyelenggaraan kuliah Akademi Pajak dan Pabean (AP2) dilaksanakan di tiga tempat berbeda yang salah satunya dilaksanakan di Jl. Purnawarman 99 Kebayoran Baru Jakarta.

Berdasarkan Surat Keputusan Menkeu No: 175402/UP/X pada tanggal 31 Desember 1959 berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara (STIKN) yang merupakan pengganti dari Akademi Pajak dan Pabean. STIKN dikenal juga sebagai kampus Sumitro Djojohadikusumo.

Selain STIKN terdapat juga beberapa perguruan tinggi bidang keuangan lain seperti Akademi Dinas Pemeriksa Keuangan (ADPK) yang didirikan tahun 1963 oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Akademi Treasury Negara (ATN) yang dibentuk pada tahun 1958 oleh Departemen Keuangan.

Pada tahun 1967 berdasarkan Keppres  No.167 tahun 1968 berdirilah Institut Ilmu Keuangan (IIK). IIK merupakan peleburan dari STIKN, ATN, dan ADPK dan telah berbentuk perguruan tinggi setara dengan perguruan tinggi lainnya yang melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Namun pada akhirnya IIK dibubarkan pada tahun 1975.

Artikel Lain : Fungsi dan Tujuan Akuntansi Biaya

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara pada awalnya bukan merupakan perubahan dari IIK. STAN merupakan salah satu Pusdiklat di bawah Badan Pendidikan dan Latihan keuangan (BPLK) yang dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 45 tahun 1974 jo. Keputusan Presiden Nomor 12 tahun 1967.

Baru pada tanggal 17 Maret 1975 melalui Surat Keputusan Nomor 13495/MPK/1975 diperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan akuntan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Jurusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN memiliki empat jurusan utama yang terdiri dari progam diploma (prodip) DI dan DIII yang bisa kita pilih diantaranya :

Jurusan Akuntansi

  • D-III Akuntansi
  • D-IV Akuntansi

Jurusan Pajak

  • D-III Pajak
  • D-III PBB/Penilai
  • D-I Pajak

Artikel Lain : 7 Fungsi Dasar dari Akuntansi

Jurusan Kepabeanan dan Cukai

  • D-III Kepabeanan dan Cukai
  • D-I Kepabeanan dan Cukai

Jurusan Manajemen Keuangan

  • D-III Kebendaharaan Negara
  • D-III Manajemen Aset
  • D-I Kebendaharaan Negara

Persyaratan Masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara STAN

Kalian tahu tidak STAN merupakan perguruan tinggi dengan peminat terbanyak bahkan saking banyaknya hal tersebut sampai memecahkan rekor MURI. Dari ratusan ribu pendaftar yang berhasil diterima berkuliah di STAN hanya berjumlah ribuan. Tentu saja bukan hal mudah

STAN juga memberikan persayaratan yang cukup selektif bagi calon pendaftar. Berikut ini persyaratan yang harus dipenuhi calon pendaftar untuk bisa masuk STAN pada tahun ajaran 2017/2018 :

Artikel Lain : 9 Bidang Spesialisasi Akuntansi

  1. Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat (SMK, MA, MAK) untuk semua bidang keahlian/jurusan.
  2. Nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah atau ijazah sementara/SKL/SKHUN (bagi lulusan tahun 2017 yang pada saat pendaftaran belum memperoleh ijazah) tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan.
  3. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 20 tahun.
  4. Berbadan sehat, tidak cacat badan, dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif ilegal lainnya).
  5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  6. Khusus Program Studi Kepabeanan dan Cukai ditambahkan persyaratan sebagai berikut:
    a. Untuk Program Studi Diploma I:
    − Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm;
    − Perempuan tinggi badan minimal 155 cm;
    b. Untuk Program Studi Diploma III:
    − Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm;
    c. Tidak buta warna;
    d. Untuk pengguna kaca mata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.
  7. Menyetor biaya pendaftaran USM sebesar Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) dan biaya yang dikeluarkan akibat transaksi pembayaran tersebut ditanggung oleh pendaftar.

Artikel Lain : Pengertian Akuntansi Secara Umum dan Jenis-Jenisnya

Cara Daftar Masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara STAN

Untuk pendaftaran masuk STAN bisa dilakukan secara online, baru kemudian pada penyetoran berkas dan pengambilan Bukti Peseta Ujian (BPU) dilakukan pada tempat yang telah ditentukan di berbagai daerah. Berikut ini tatacara untuk melakukan pendaftaran STAN

  1. Registrasi melalui portal Kementrian PAN-RB pada website panseldikdin.menpan.go.id
  2. Mengisi formulir pendaftaran online di website www.usm.stan.ac.id untuk mendapatkan kode MVA (Mandiri Virtual Account)
  3. Melakukan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Pembayaran dilakukan melalui bank Mandiri dengan menggunakan MVA
    • Telah memenuhi persyaratan yang diminta dan uang yang telah disetor tidak bisa ditarik kembali
    • Peserta yang telah melakukan pendaftaran online dan pembayaran pada periode penyetoran dapat melanjutkan pada verifikasi berkas dan mengambil BPU
  4. Pengumuman jadwal verifikasi berkas dan pengambilan BPU dapat dilihat melalui situs www.kemenkeu.go.id, www.bppk.kemenkeu.go.id dan www.pknstan.ac.id
  5. Calon peserta melakukan verifikasi berkas dan pengambilan BPU dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Calon peserta datang sendiri dan tidak diwakilkan
    • Menyerahkan hasil cetak Bukti Pendaftaran Online
    • Menunjukan ijazah asli untuk lulusan diatas 2017 atau ijazah sementara dan rapor untuk caln lulusan 2017
    • Menyertakan satu set fotokopi rapor lima semester yang telah dilegalisir atau foto kpi ijazah yang telah dilegalisir kepala sekolah
    • Menyertakan bukti pembayaran
    • Menyerahkan foto studio ukuran 4×6 dengan latar merah dan mengenakan kemeja putih sebanyak tiga lembar
    • Menunjukan bukti diri asli (KTP/ijazah/rapor/SIM/Paspor/SKCK) yang masih berlaku
    • Calon peserta tidak dapat mengajukan perubahan lokasi verifikasi berkas, pengambilan BPU, dan pelaksanaan ujian
  6. Calon yang tidak memenuhi ketentuan 1 sampai dengan 5 dianggap gugur dan tidak akan dilayani
  7. Tempat verifikasi berkas, pengambilan BPU dan pelaksanaan ujian dapat dipilih di beberapa daerah ada tempat yang telah ditentukan seperti  Jakarta, Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Cimahi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Kupang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Manado, Palu, Makassar, Sorong, Ambon, Jayapura.

Artikel Lain : Apa Itu Tujuan Akuntansi?

Nah itulah tadi sedikit info mengenai sekolah tinggi akuntansi negara atau STAN. Bagaimana semakin mantap untuk mendaftar di STAN?. Semoga artikel ini dapat bermanfaat cukup sekian dan terima kasih.

Apabila terdapat pertanyaan mengenai artikel ini dapat ditanyakan melalui kotak komentar yang tersedia atau membuka website resmi stan. Artikel ini dikutip melalui website stan.ac.id dan pendaftaranonline.web.id.

Cari Artikel di Sini


Info Lengkap Sekolah Tinggi Akuntansi Negara | Rocket Manajemen | 4.5
%d bloggers like this: