Sejarah Singkat Tokopedia.COM – Marketplace Besar di Indonesia

Era digital ini memang sangat merubah pola kehidupan banyak orang, salah satunya dalam hal berbelanja. Dulu hanya ada pasar tradisional, kemudian ada mini dan supermarket, nah sekarang adalagi yaitu pasar online atau biasa disebut dengan marketplace.

Salah satu marketplace paling populer di Indonesia adalah tokopedia. Tokopedia didirikan oleh beberapa orang, salah satunya adalah William Tanuwijaya.

Karier William boleh dibilang cukup baik, seperti bekerja di PT. Boleh Net Indonesia dibidang game developer, dan sebagai software developer di beberapa perusahaan ternama di Jakarta.

Bahkan pernah menjadi mederator forum Kafegaul, sejak itulah seorang William mulai tertarik untuk memulai startup onlinenya sendiri. Dia punya pemikiran bahwa sebagai startup online yang memfasilitasi jual beli, harus dapat dipercaya oleh pihak penjual dan juga pihak pembeli.

Dengan keyakinan tersebut maka William berani untuk mengajak sahabatnya Leontinus Alpha Edison untuk mulai merintis startup online yang diberi nama Tokopedia.

Konsep Praktis yang Diperkenalkan Tokopedia

Tokopedia ini mulai dirintis pada 6 Februari 2009, akan tetapi baru dirilis untuk umum pada tanggal 17 Agustus 2009 yang lalu. Bahkan boleh dibilang perkembangan dari Tokopedia ini sangat lancar dan juga sangat membanggakan. Hal ini dapat dilihat dari tahun pertamanya saja yang sudah mendapatkan suntikan dana bahkan penghargaan dari Bubu Award sebagai salah satu startup e-commerce terbaik di Indonesia.

Tokopedia juga mampu memberikan kenyamanan bagi pihak penjual maupun pembeli dengan baik dan nyaman. Bahkan dapat menekan angka penipuan dan kriminalitas di bisnis online.

Karena pihak penjual tak akan menerima uang pembayaran sebelum pihak pembeli memberikan konfirmasi penerimaan barang. Hal ini tentunya akan memberikan garansi tersendiri bagi pihak pembeli, yang khawatir akan ditipu.

Perkembangan Tokopedia dari Waktu ke Waktu

Pada saat baru dirilis, Tokopedia hanya mempunyai 4 karyawan termasuk juga William dan Leontinus. Tapi saat masuk tahun kelimanya Tokopedia sudah mempunyai lebih dari 100 karyawan dengan tugasnya masing-masing.

Dan lihatlah sekarang ini Tokopedia sudah banyak menyediakan beragam barang untuk kebutuhan kita. Trafik yang diperoleh Tokopedia sudah mampu menembus jutaan pengguna internet, hal ini menjadikan Tokopedia salah satu website yang sering diakses.

Memperoleh Dukungan Pendanaan

Pastinya Tokopedia untuk sampai bisa sebesar ini didukung oleh banyak investor untuk pendanaannya. Bahkan ada beberapa investor asing yang memberikan kepercayaan untuk mengelolakan dana pada Tokopedia, seperti East Ventures (2010), CyberAgent Venture (2011), Beenos (212) serta Softbank (2013), Sequoia, dll.

Saat ini Tokopedia juga melebarkan sayapnya untuk merintis aplikasi mobile untuk sistem operasi Android. Bahkan Tokopedia juga telah mempunyai rencana untuk membuat aplikasi untuk para pengguna sistem operaso iOS dan juga versi tablet.

Pastinya perjalanan dari bisnis William Tanuwijaya akan memberikan banyak inspirasi bagi kita untuk meraih kesukesan yang sama. Memang hal itu tak akan mudah, untuk itu mulailah belajar dari sekarang dan tak mudah puas dengan segala hal yang kita capai. Karena kepuasan ini hanya akan membuat kita berhenti untuk berkembang dan tentunya belajar segela sesuatu yang baru.

Cari Artikel di Sini


Sejarah Singkat Tokopedia.COM – Marketplace Besar di Indonesia | Admin | 4.5
%d bloggers like this: