Ini dia Sejarah Internet Dunia dan Indonesia

Dengan perkembangan teknologi sekarang ini sudah membuat internet menjadi bagian yang penting bagi kehidupan sebagian masyarakat. Ini bukan pernyataan yang berbelihan, karena bila kita lihat betapa besarnya manfaat internet yang dirasakan sebagian masyarakat untuk memperlancar segala aktivitas sahari-hari. Tapi apakah kita sudah tahu bagaimana perkembangan internet sampai bisa seperti sekarang ini? Kalau belum tahu mari simak penjelasan singkat tentang perkembangan internet berikut ini.

Asal Mula Internet

Cikal bakal internet ini berasal dari jaringan komputer bentukan departemen pertahanan Amerika Serikat tahun 1969. Projek ini dinamakan ARPANET (Advanced Researc Project Agency Network). Tujuan pembentukan ARPANET ini guna mendukung semua kepentingan militer. Untuk prinsip kerjanya menghubungkan beberapa software dan hardware komputer berbasis UNIX untuk bisa berkomunikasi jarak tertentu dengan saluran telepon.

Pada tahun 1972 ARPANET mengalami perkembangan pesat dan dibagi menjadi dua kelompok MILNET (untuk kepentingan militer) dan ARPANET baru (untuk kepentingan lainnya). Dan untuk gabungan keduanya disebut dengan DARPA yang sekarang kita sebut dengan istilah internet.

Dan kini internet menjadi lebih canggih dan dapat jadi sarana komunikasi yang bisa menghubungkan manusia dibelahan bumi manapun. Dan juga dapat mempermudah kita mengakses bermacam-macam informasi.

Masa “Pra-Sejarah” Internet di Indonesia

Untuk kawasan Eropa sendiri sudah mulai membangun jaringan (koneksi) internet pada tahun 1985. Kala itu Eropa membuat EuropaNET dan EBONE sebagai sistem yang mengintegrasikan jaringan komputer berteknologi internet di kawasan Eropa. Perkembangan teknologi ini diikuti oleh negara-negara dikawasan Asia. Dan pada awal dekade 80-an untuk pertama kalinya teknologi internet menjangkau Indonesia.

Mulanya perkembangan  internet ini hanya mencangkup kegiatan yang bersifat hobi dan non-komersial. Pada 1990-an internet sudah digunakan komunitas akademisi, mahasiswa dan para ahli telekomunikasi. Dan selanjutanya muncul IndoNET sebagai salah satu penyedia layanan jaringan internet. Momen itulah titik balik dalam bidang penggunaan internet di Indonesia.

Internet Indonesia di Masa Kini

Dan sekarang ini Indonesia menjadi salah satu negara yang punya jumlah pengguna internet terbesar untuk kawasan Asia. Dan gaya hidup masyarakat kita sudah mulai bergeser dan memanfaatkan segala fasilitas yang ada di internet. Baik anak-anak hingga orang tua sudah banyak memanfaatkan jaringan internet. Untuk lembaga akademisi pun ikut membuat sistem teknologi baru agar dapat mendukung proses pembalajaran.

Dengan perkembangan internet ini juga membawa angin segar bagi perkembangan ISP. Dan para provider belomba-lomba menjanjikan tarif murah dan kecepatan prima dalam mengakses jaringan internet.

Internet memang sangat mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Tapi ingatlah bahwa hubungan sosial antar manusia tak dapat ditandingi dengan apapun, walaupun itu dengan kehebatan internet. Karena msyarakat adalah makhluk sosial, yang sangat memerlukan bantuan dari orang lain bukannya makhluk individu.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: