Profil dan Kode Bank Danamon: Untuk Anda, Bisa

Sejarah dan Profil Bank Danamon Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas tentang sejarah beberapa bank yang pada saat ini memiliki memiliki aset terbesar di Indonesia seperti Bank Mandiri dan Bank BRI. Kali ini kita akan membahas bank devisa pertama di Indonesia yaitu Bank Danamon.

Bank Danamon merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia dengan jaringan yang tersebar di berbagai wilayah dari aceh hingga papua. Bank Danamon selalu berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di berbagai segmen. Cita-cita Bank Danamon ini tidak lepas dari sejarah panjang sejak pertama kali berdiri di tahun 1956. Berikut ini sejarah dan profil singkat Bank Danamon.

Sejarah Bank Danamon

Pada tanggal 16 Juli 1956, Bank Danamon didirikan dengan nama awal PT. Bank Kopra Indonesia. Barulah setelah dua puluh tahun berdiri tepatnya tahun 1976 nama bank berganti menjadi PT. Bank Danamon Indonesia.  Di tahun 1976 juga Bank Danamon telah menjadi pelopor penukaran mata uang asing di Indonesia.

Pada tahun 1988 Bank Danamon menjadi bank devisa pertama di Indonesia. Setahun setelahnya Bank Danamon melakukan penawaran pertama atas sahamnya pada Bursa Efek Indonesia (BEI) dan menjadi bank publik. Tahun 1997 Bank Danamon mengalami sedikit hambatan.

Artikel Lain : Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Finansial)

Krisis finansial yang melanda Asia mengakibatkan Bank Danamon mengalami kesulitan likuiditas. Sehingga di tahun 1998 pemerintah mengambil alih Bank Danamon dan menempatkan bank ini dibawah pengawasan Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) sebagai Bank Taken Over (BTO).

Di tahun 1999, BPPN melakukan rekapitalisasi kepada Bank Danamon sebesar Rp. 32 Miliar dalam bentuk Government Bonds (Surat Hutang Negara). Sebagai bentuk restrukturisasi, BPPN juga melakukan merger terhadap beberapa BTO lain kedalam Bank Danamon di tahun ini.

Tahun 2000 merupakan awal kebangkitan Bank Danamon. Bank Danamon secara legal menjadi bank utama dalam penggabungan dengan 8 BTO lainnya. Langkah ini menjadikan Bank Danamon sebagai salah satu pilar ekonomi di Indonesia.

Tiga tahun setelahnya Bank Danamon melakukan restrukturisasi secara menyeluruh pada berbagai bidang seperti bidang manajemen, SDM, anggaran dasar, organisasi, sistem informasi dan logo perusahaan. Usaha tersebut membuahkan hasil dalam bentuk pengkokohan pondasi dan infrastruktur Bank Danamon untuk mencapai tujuannya meraih pertumbuhan yang maksimal.

Artikel Lain : Penyebab Ekonomi Jakarta Maju

Di tahun yang sama yaitu tahun 2003 sebagian besar saham pemerintah di Bank Danamon diakuisisi oleh konsorsium Asia Finance Indonesia (Pte.) Ltd. Dengan akuisisi ini Bank Danamon melakukan penataan ulang model bisnis dan strategi usaha untuk mampu menjadi terus lebih baik.

Mulai tahun 2008 Bank Danamon lebih dikenal dengan Danamon memulai kampanya “Untuk Anda, Bisa” melalui berbagai program salah satunya pada tahun 2010 Bank Danamon melundurkan program televisi Semangat Bisa di salah satu stasiun televisi Indonesia.

Profil Bank Danamon

Visi dan Misi Bank Danamon

Dengan visi “Kami peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan”, Bank Danamon bertujuan untuk menjadi lembaga keuangan Terkemuka di Indonesia yang keberadaannya diperhitungkan.

Misi Bank Danamon sendiri ialah menjadi organisasi yang berorientasi kepada nasabah, yang melayani semua segmen, dengan menawarkan nilai yang unik untuk masing-masing segmen, berdasarkan keunggulan penjualan dan pelayanan, dengan didukung oleh teknologi kelas dunia.

Nilai-Nilai Budaya dan Brand Personality Bank Danamon

Bank Danamon memegang nilai-nilai budaya yang mampu mengantarkan mereka menuju terwujudnya visi dan misi dimasa mendatang. Nilai budaya tersebut adalah Peduli, Jujur, Mengupayakan yang terbaik, Kerjasama dan Professionalisme yang disiplin.

Artikel LainTingkatkan Penjualan dengan Marketing Research Efektif

Karena itu Bank Danamon memantapkan dirinya dengan brand personality yang ingin disampaikan kepada nasabah sehingga menjadi ciri dari Bank Danamon diantaranya :

  • Memberdayakan – Untuk Anda, Bisa
  • Enerjik – Kerja keras dan pantang menyerah
  • Proaktif – Mengambil inisiatif serta senantiasa mengantisipasi kebutuhan dan tantangan
  • Adaptif – Mampu menyesuaikan diri di lingkungan yang berubah
  • Mampu – Terlatih dengan baik serta memiliki pengetahuan
  • Tulus – Menyatakan apa yang sebenarnya, serta melaksanakan apa yang dijanjikan.

Alamat dan Kontak Bank Danamon

PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. beralamat di Menara Bank Danamon Jl. HR. Rasuna Said, Blok C No. 10 Kel. Karet, Kec. Setiabudi, Jakarta 12920 – Indonesia Phone: (+62 21) 80645000.

Penghargaan Bank Danamon

Berkat pelayanan dan profesionalitas serta kualitas yang dipertahankan Bank Danamon, Bank ini telah banyak memperoleh penghargaan skala nasional mauppun internasional diantaranya

  • Consumer Bank of The Year (Consumer Satisfaction Award 2014 – Roy Morgan Research)
  • Asia’s Best Companies 2015 (Finance Asia Award – Finance Asia)
  • The World’s Largest Public Companies 2014 (Forbes Global 2000 of 2014 – Forbes Magazine, United States of America)
  • Bank with category of “Very Good” on Financial Performance in 2013 (Infobank Awards 2014 – Infobank Magazine)

Artikel Lain : Daftar Kode Bank ATM Lengkap se Indonesia ada 141 Bank!

Dan masih banyak lagi penghargaan lain yang dapat anda lihat di website resmi Bank Danamon. Itulah tadi beberapa informasi mengenai sejarah dan profil dari Bank Danamon. Saya mohon maaf atas kesalahan yang terdapat dalam penulisan. Jika ada pertanyaan atau sesuatu yang kurang jelas, dapat anda tanyakan melalui kolom komentar yang disediakan atau membuka website resmi Bank Danamon. Sekian dan terima kasih

Kode Bank Danamon

Bank Danamon memiliki kode bank tiga digit untuk melakukan transaksi melalui ATM yaitu 011.

Referensi Tulisan : 

https://en.wikipedia.org/wiki/Bank_Danamon
https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Danamon_Indonesia
http://www.danamon.co.id/Home/AboutDanamon/InformasiUmum/CompanyProfile/tabid/223/language/id-ID/Default.aspx

Cari Artikel di Sini


Profil dan Kode Bank Danamon: Untuk Anda, Bisa | Admin | 4.5
%d bloggers like this: