Bahaya Custom ROM dan ROOT Bagi Whatsapp

Istilah root dan custom ROM mungkin terdengar asing bagi kita. Root dan custom ROM ini sering kita jumpai bagi pengguna smartphone berbasis android, tapi apa sih sebenarnya maksud dari root dan custom ROM? Pada artikel ini akan kami jelaskan maksud dari root dan custom ROM serta dampaknya bagi aplikasi Whatsapp

Root

Secara sederhana definisi root adalah sistem akun yang dapat memberikan akses penuh terhadap file perangkat android. Jadi ketika perangkat android dalam keadaan root, kita dapat melakukan modifikasi terhadap file , aplikasi dan semua bagian piranti lunak android. Contoh mudahnya adalah kita bisa mengubah font pada smartphone kita.

Secara default kita tidak di beri akses penuh ke dalam file perangkat android kita. Sehingga ketika kita melakukan root pada perangkat android, maka masa garansi sudah tidak berlaku lagi untuk smartphone kita. Bisa di katakan masa garansi hilang setelah kita melakukan root. Karena melakukan root pada smartphone akan memudahkan malware menyerang smartphone kita dan efek terburuknya terjadi kerusakan pada perangkat android kita.

Custom ROM

Pada dasarnya pengertian custom ROM adalah proses modifikasi file firmware perangkat tertentu (android) oleh pihak ketiga. Biasanya custom ROM ini menghilangkan file-file yang di rasa tidak perlu atau jarang di gunakan pengguna perangkat android sehingga penyimpanan file lebih luas/lega.

Penulis sendiri dulu juga sering melakukan custom ROM. Dalam hal ini smartphone penulis dulu adalah acer, namun kemudian di custom ROM menjadi perangkat android seperti smartphone OPPO dan memang dirasa menjadi lebih enteng dan tidak nge-lag.

Namun perlu di perhatikan bahwa ketika terlalu sering melakukan custom ROM pada smartphone maka smartphone tersebut akan semakin rawan rusak seperti yang dialami penulis yaitu smartphone acer rusak ic power gara-gara terlalu sering di custom ROM.

Efek root dan custom ROM bagi pengguna whatsapp

Whatsapp sendiri sangat tidak menyarankan penggunanya untuk melakukan root maupun custom ROM. Hal ini karena terlalu banyak variasi ROM yang di modifikasi sehingga menyebabkan whatsapp tidak dapat bekerja dengan normal. Root dan custom ROM juga tidak mengizinkan model keamanan yang di terapkan oleh whatsapp.

Jadi ketika kamu menggunakan whatsapp pada perangkat android yang di root dan di custom ROM, maka pesan-pesan yang kamu kirimkan dan kamu terima tidak akan di lindungi dengan enkripsi end-to-end.

Selain dampak negatif tadi ada dampak positif yang bisa kamu manfaatkan ketika kamu menggunakan smartphone dalam kondisi root, yaitu kamu bisa memindahkan data whatsapp ke kartu SD sehingga data backup whatsapp masuk ke kartu SD dan tidak menuh-menuhin internal smartphone kamu.

Karena ketika dalam kondisi normal tanpa root, kamu tidak bisa memindahkan data penyimpanan whatsapp pada kartu SD. Namun tentu saja ini tidak sebanding dengan keamanan pesan-pesan kamu yang kehilangan sistem keamanan end-to-end.

Nah, itu tadi bahaya menggunakan whatsapp pada perangkat android yang sudah di root maupun di custom ROM. Setelah mengetahui bahaya tersebut, kami sarankan gunakanlah smartphone seperti biasa dan jangan “neko-neko” atau aneh-aneh dengan melakukan root dan custom ROM karena nantinya yang akan di rugikan kita sendiri.

 

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: