Nikmati Fitur Pembukuan Lengkap dengan Jurnal.id

Laporan keuangan sudah tidak asing lagi di telinga lulusan Akuntansi. Laporan keuangan adalah hasil dari proses akuntansi yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Sebagai seorang akuntan, laporan keuangan dibuat untuk mempertanggungjawabkan kegiatan suatu perusahaan terhadap pemilik perusahaan sekaligus memberi informasi mengenai posisi keuangan yang telah dicapai suatu perusahaan. Namun, bagi pemilik bisnis, laporan keuangan memiliki banyak manfaat penting seperti:

1. Evaluasi Bisnis

Dengan adanya laporan keuangan, pemilik perusahaan dapat mengevaluasi sekaligus membuat inovasi untuk mengembangkan bisnisnya.

2. Pengambil Keputusan

Setelah melakukan evaluasi, pemilik bisnis juga dapat mengambil keputusan yang paling tepat dengan adanya laporan keuangan. Jika laporan keuangan menunjukkan perkembangan, maka pemilik bisnis bisa bebas menentukan strategi untuk tahun mendatang.

3. Mendapatkan Pinjaman Modal

Laporan keuangan merupakan salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman modal ke bank atau kreditur lain. Dengan laporan keuangan yang baik, kreditur akan lebih mudah memutuskan untuk memberikan pinjaman ke perusahaan tersebut.

4. Mudah Menentukan Pajak

Setiap usaha yang dijalankan wajib membayar pajak ke pemerintah. Dengan adanya laporan pajak, pemilik perusahaan akan dengan mudah menentukan besarnya pajak yang harus ditanggung oleh perusahaan.

Dari banyaknya manfaat laporan keuangan, masih banyak pemilik perusahaan yang belum menjalankan proses akuntansi yang satu ini dengan alasan ribet, tidak mengerti, hingga tidak ada waktu untuk membuatnya. Selain itu, dalam proses akuntansi ini juga sering terjadi kesalahan, seperti salah pencatatan dan rekonsiliasi, tidak menyimpan kuitansi dan nota, atau kesalahan dalam perhitungan.

Dengan adanya teknologi, kini proses akuntansi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan praktis. Software akuntansi online adalah salah satu teknologi yang dapat membantu proses akuntansi sekaligus membantu pemilik bisnis dalam memonitor keuangannya tanpa perlu khawatir akan kesalahan pada laporan keuangan sehingga dapat lebih fokus mengembangkan bisnisnya. Jurnal adalah salah satu software akuntansi online yang yang aman, praktis, dan dapat diandalkan untuk mengelola laporan keuangan usaha kecil maupun menengah. Beberapa keuntungan yang didapat dengan menggunakan Jurnal:

5. Laporan Keuangan Instan

Dengan menggunakan software akuntansi Jurnal, pemilik perusahaan tidak akan direpotkan lagi dengan penyusunan keuangan bisnis. Hanya dengan sekali klik, laporan keuangan dapat dilihat secara instan dan real-time seperti, laporan neraca, laporan laba-rugi, laporan arus kas, laporan piutang-utang, laporan penjualan-pembelian, dan juga laporan biaya serta pengeluaran.

6. Cashlink

Fitur baru dari Jurnal ini dapat membantu pemilik perusahaan untuk memonitor arus kas masuk dan keluar sehingga mempermudah dalam  mengembangkan bisnis yang lebih matang. Hanya dengan menambahkan akun bank pada Jurnal, pemilik perusahaan dapat melakukan rekap rekening dengan mudah untuk memastikan saldo di bank sesuai dengan saldo pada akun Jurnal.

7. Monitor Biaya Pengeluaran

Memonitor biaya pengeluaran merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pemilik perusahaan. Dengan software akuntansi Jurnal, pemilik perusahaan dapat mengatur biaya pengeluaran bisnis dengan mudah. Selain dapat menjaga biaya pengeluaran tetap terlacak, software ini juga dapat menyimpan bukti pembayaran dengan fitur ‘attachment’.

8. Monitor Stok Barang

Dengan fitur Stok Barang pada Jurnal, pemilik perusahaan dapat melihat informasi seperti jumlah stok barang, harga jual beli, dan pemberitahuan mengenai jumlah ketersediaan stok secara real-time. Selain itu, pemilik perusahaan juga dapat mengetahui barang yang paling diminati konsumennya sehingga akan lebih mudah dan tepat saat akan mengambil keputusan dalam pemesanan barang.

9. Catatan Penjualan dan Pembelian

Dengan Jurnal, pemilik perusahaan dapat dengan mudah memonitor transaksi penjualan dan pembelian yang terjadi dalam bisnisnya. Jurnal juga dilengkapi fitur invoice dengan 11 desain profesional yang dapat disesuaikan dengan bisnis yang sedang dijalankan.

10. Keamanan & Bantuan Terjamin

Jurnal telah memiliki sistem keamanan informasi yang terakreditasi dan tersertifikasi ISO/IEC 27001. Tidak hanya itu, pemilik perusahaan juga dapat melakukan backup data secara otomatis dengan Jurnal. Dan jika terdapat kendala, live chat online pada software Jurnal siap membantu 24 jam.

Jurnal adalah layanan software pembukuan online yang aman dan handal untuk usaha kecil dan menengah di Indonesia. Jurnal tersedia sebagai layanan yang dapat diakses dari manapun dengan koneksi via internet atau WIFI.

Dengan Jurnal, tidak perlu lagi download atau install apapun di komputer Anda. Tidak ada biaya instalasi untuk mulai memakai Jurnal serta dapatkan update gratis secara otomatis dan tanpa perlu kontrak. Anda hanya perlu daftar, login dan mulai mengerjakan pembukuan usaha Anda kapanpun dan dimanapun. Usaha yang memakai Jurnal berjalan lebih baik karena jauh lebih menghemat waktu dalam proses administrasi dan operational.

Dengan menggunakan software akuntansi Jurnal, Anda akan mendapatkan laporan aset secara real-time yang akan menampilkan daftar aset tetap dengan harga perolehan awal, akumulasi penyusutan, hingga nilai aset tersebut. Jadi dari urusan pembuatan Invoice/Faktur, pengecekan Inventory secara real-time dan online hingga pembuatan Laporan Keuangan perusahaan Anda akan dapat dibuat dengan lebih mudah dan cepat agar Cashflow Bisnis Anda pun dapat berkembang jauh lebih positif. Coba GRATIS sekarang juga hanya di Jurnal.id dan untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi support@jurnal.id atau hubungi kami via telepon di (021) 2902 5471 pada hari dan jam kerja (Senin-Jum’at: 09:00 WIB – 18:00 WIB). Jurnal, Simple Online Accounting Software.

Cari Artikel di Sini


Nikmati Fitur Pembukuan Lengkap dengan Jurnal.id | Admin | 4.5
%d bloggers like this: