Profil Yongki Komaladi, Pebisnis Sepatu Lokal yang Sukses Menggebrak Pasar

Dalam membeli sesuatu pastinya orang akan memperhatikan kualitas dan terkadang adalah brand dari produk tersebut. Dan salah satu produk sepatu yang tak bisa dipandang sebelah mata adalah brand sepatu kepunyaan Yongki Komaladi. Dan bahkan saat ini brand yang sama dengan nama pendirinya tersebut telah hadir dalam bentuk tas dan sandal. Tapi bagaimana ceritanya Yongki sampai bisa sesukses ini? Berikut ini ulasan singkatnya.

Dari Penjaga Butik, Model Hingga Desaigner

Yongki mengawali petualangan kariernya dengan menjaga sebuah butik pada tahun 1977. Dan setelah beberapa tahun dia ditawari untuk menjadi model dari sebuah merk kacamata.

Pada saat itu boleh dikatakan karier sebagai model cukup sukses. Namun ternyata Yongki lebih tertarik dengan dunia desaigner, dia pun berhenti dan bekerja di sebuah pusat perbelanjaan sebagai perancang. Dari sinilah dia menemukan jati dirinya, dan beberapa rancangan pakaian dia disukai oleh banyak orang.

Dan untuk desain sepatunya bukanlah hal yang disengaja, karena pada saat itu ia mendapatkan pesanan untuk mendesainkan sepatu. Nah dari situlah Yongki mulai memakai namanya sebagai brand (merk) dari sepatunya. Dan siapa sangka hal tersebut mendapatkan respon baik, sajak saat itu dia lebih fokus lagi kedalam bisnis sepatu.

Memulai Dari Nol, Bahkan Sampai merasa Tak Percaya Diri

Sebenarnya Yongki memulai bisnis sepatu ini malao dari nol, bahkan boleh dibilang bermodalkan nekat. Hal ini karena dia tak mempunyai latarbelakang dalam bidang sepatu, tapi dengan belajar secara ototidak. Tapi mulanya dia sempat ragu dengan brand yang dia berikan, dan bahkan beberapa kali mendapat cemoohan karena brand yang terlalu sulit dalam pengucapannya dan dianggap kurang komersil.

Tapi hal tersebut tak membuat Yongki patah arang, malah hal tersebut dijadikan cambukan untuk lebih bekerja keras lagi. Dan lihatlah hasilnya sekarang ini? Brand Yongki Komaldi sudah menjadi brand sepatu yang besar.

Produk yang Tak Asal Dibuat

Untuk membuat sebuah sepatu Yongki tak pernah asal-asalan. Dia harus melakukan riset terlebih dahulu baru dituangkan dalam sebuah sketsa. Setelahnya baru di dibuatlah sepatu tersebut. Dia juga terus mengupdate rancangan sepatunya untuk mengikuti perubahan selera masyarakat.

Berkolaborasi Dengan Perancang Busana Dan Membina UMK

Produk dari Yongki ini terkenal dengan kesimplelan dan aktualnya. Hal ini lah mengapa ada beberapa perancang busana yang melakukan kerjasama dengan dia utnuk melengakapi rancangan busana mereka. Bahkan saat ini Yongki juga membina lebih dari 80 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dari penjuru tanah air. Dia bercita-cita UMKM di Indonesia mempunyai kualitas yang mampu bersaing dengan produk asing.

Tantangan Tren Sepatu Kedepan

Yongki mengungkapkan bahwa tren sepatu telah mengalami perubahan yang cukup dinamis. Hal ini dikarenakan hidup masyarakat yang sudah medern dan dengan adanya internet. Dan hal tersebut menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi setiap orang yang ingin terjun ke dunia sepatu. Dan yang terpenting lagi kreativitas menjadi suatu hal yang penting untuk dikembangkan agar bisnis sepatu kita tetap langgeng dan survive.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: