Profil Eka Gustiwana : Salah Satu Youtuber Sukses di Indonesia

Tahun 2013 banyak kejadian menarik yang muncul, tak terkecuali banyak parodi Arya Wiguna yang muncul di Youtube. Dan salah satu sosok yang populer yang membuat parodi Arya Wiguna pada tahun 2013 silam adalah Eka Gustiwana.

Mungkin sebelum munculnya parodi tersebut kita megenal Eka Gustiwana. Karena pada tahun 2013 yang saat itu membuat parodi Arya Wiguna adalah karya perdana dari Eka Gutiwana. Tapi sekarang ini Eka Gustiwana ini menjadi sosok sukses di media Youtube, dengan karya-karya speech composer yang dibuatnya, malah kini ia dikenal sebagai jawara Youtube Indonesia.

Didalam akun Youtube-nya sendiri Pria asal Jakarta ini telah mempunyai 277.000 subscriber. Tentu saja ini jumlah yang tidaklah sedikit dari sebuah akun Youtube. Akan tetapi apakah anda mengetahui beberapa hal mengenai Eka Gustiwana sebelum menjadi jawa Youtube Indonesia? Kalau belum, berikut ini ulasan singkat mengenai Eka Gustiwana.

Mencintai Dunia Musik

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa Eka Gustiwana sangat mencintai musik. Kecintaan musik ini ia mulai sejak duduk dibangku SMP, ini terbukti dengan dia yang lebih memilih berkarier didunia musik setelah lulus SMA. Walaupun terdapat sedikit ditentang oleh orang tuanya, Eka tak pernha menyerah dan putus asa. Dengan berbekal dengan kecintaan akan musik dan keyakinan, dia membuktikan kepada orang tuanya bahwa ia dapat sukses di dunia musik.

Baca juga : 28 Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil & Tips Sukses Berbisnis

Dengan bermodal keyboard yang dipunya, Eka memulai kariernya dengan berkeliling (ngamen) dari kafe ke kafe. Pada saat itu ia hanya mendapat bayaran maksimal Rp. 200 ribu untuk sekali tampil. Walaupun begitu dia pantang menyerang, karena juga faktor keterpaksaan, dia tetap melayani permintaan untuk manggung di beberapa kafe.

Hasilnya pun cukup lumayan, banyak order (permintaan) yang menghampiri Eka, yang mana dalam seminggun dia dapat tampil sebanyak 8 kali.

Dari hasil manggungnya ini, Eka menabung dan membeli peralatan produksi musik digital, seperti halnya komputer dan peralatan lainnya. Dari sinilah perjuangan Eka untuk menjadi seorang kompuser lagu dimulai.

Menjadi Komposer Lagu

Studio dibuat dirumahnya sendiri dari hasil kegiatan maggung selama beberapa tahun. Untuk awalnyam Eka memberikan project secara cuma-cuma kepada teman-temannya dan siapa saja yang ingin mengaransemen sebuah lagu. Dikatan project cuma-cuma ini dikarenakn gratis tanpa membayar, hal ini dilakukan karena Eka merasa belum dikenal dan masih belum mempunyai jam terbang yang cukup.

Peluang yang cukup besar datang ketika ia diminta untuk menulis sekaligus mengaransemen lagu dari artis Nikita Willy pada tahun 2010.

Baca juga : 8 Peluang Bisnis Online tanpa Modal Besar yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Namanya juga semakin berkibar dikala ia mememanangkan sebuah kontes pembuatan jingle taman hiburan dunia fantasi dengan merengkuh juara pertama. Setelah hal tersebut banyak permintaan berbayar untuk membuat serta mengaransemen lagu.

Kini Eka telah mempunyai beberapa klien langganan untuk dibuatkankan atau diaransemenkan lagu, seperti perbankan, telekomunikasi, rumah sakit maupun stasiun televisi nasional.

Yang dulunya project musik dikerjakannya sendiri, sekarang ini sudah tidak dapat lagi dihandle sendiri. Kini ia membutuhkan orang yang dapat membantunya dan dikerjakanlah beberapa porject tersbeut bersama dengan teamnya.

Kreatif Dalam Berkarya

Dikutip dari maxmanroe, pada tahun 2013 silam, Eka iseng-iseng untuk mengedit video Arya Wiguna yang sedang marah-marah kepada Eyang Subur. Dengan teknik speech composer yang dimilikinya, ia berhasil untuk membuat parodi video tersebut yang kemudian ia unggah di Youtube. Tak disangka-sangka, bahwa video parodi tersebut mendapat respon yang sangat luar biasa dan menghebohkan dari para pengguna Youtube.

Bahkan video hasil karyanya beberapa kali nongol di acara infotaimen televisi nasional. Dari situlah Eka mulai dikenal oleh khalayak luas sebagai seorang speech composer. Teknik inilah yang terus digunakan Eka dalam membuat karya-karyanya di Youtube, bahkan menjadi spesialisasi Eka.

Speech Composer Youtube

Speech Composer sendiri merupakan sebuah proses menciptakan dan menciptakan lagu (composing & arranging) dengan mengolah sebuah file tertentu yang didalamnya terdapat kata-kata yang akan disusun menjadi sebuah lirik lagu. Kebanyakan dari karya Eka dengan teknik speech composing ini bertemakan parodi atau jenaka.

Namun justru karena bertemakan parodi ini karya-karya dari Eka banyak digemari oleh banyak kalangan. Kini Eka telah membuat tidak kurang 50-an dengan teknik speech composing yang telah di unggah di akun Youtube Eka Gustiwana.

Baca juga : 50 Peluang Bisnis Online Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah Untung Jutaan

Dengan jumlah subcribe yang telah mencapai angka 277 ribu, yang mana menjadikan Eka sebagai jawara untuk Youtube Indonesia.

Media Youtube yang tak disangka-sangka dapat menghasilkan pendatan yang lumayan membuat Eka tak bisa lagi main-main (iseng) dalam membuat karyanya. Dengan mengandalkan spesialisasi speech composing, Eka selalu membuat karya parodi yang selalu menghibur.

Bahkan ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa teknik video speech composing ini adalah pertama kali yang ada di Indonesia. Maka boleh dikatan bahwa Eka Gustiwana merupakan pelopor untuk teknik video speech composing di Indonesia.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: