Semua Tentang PPM Manajemen, Sekolah Manajemen Tertua Indonesia

PPM Manajemen – Dalam artikel sebelumnya kita pernah membahas tentang salah satu perguruan tinggi di Indonesia yaitu PKN-STAN atau Politeknik Keuangan Negara – Sekolah Tinggi Akuntansi  Negara. Nah kali ini kita kan mengulas satu lagi perguruan tinggi manajemen tertua yang ada di Indonesia, PPM Manajemen.

Apa itu PPM Manajemen? Banyak dari kita yang diluar Jakarta mungkini tidak terlalu kenal dengan PPM Manajemen. Supaya lebih kenal dan tertarik artikel ini akan mengulas sedikit tentang PPM Manajemen mulai dari sejarah hingga cara pendaftaran masuk. Jadi selamat membaca.

PPM Manajemen

Sejarah PPM Manajemen

Gagasan Awal PPM Manajemen

Pada tahun 1966 pemerintah Indonesia melakukan berbagai pembe­nahan, baik di sektor politik, ekonomi, sosial budaya, dan tentunya juga sektor pertahananan dan keamanan.

Nah di saat yang bersamaan di Eropa dan Amerika juga sedang berkembang gerakan moral dan salah satu organisasi yang menggagas gerakan itu adalah Moral Re-armament, dengan tokohnya Mr. FG. Hendricks dari Belanda.

Artikel Lain : Cara Manajemen File dan Folder dengan Efektif

Ternyata be­liau juga sempat bertandang ke Indonesia untuk mem­pelajari aktivitas mahasiswa dan pelajar sepanjang tahun 1966. Pada waktu yang hampir bersamaan, Dr AM. Kadarman SJ, yang pada saat itu masih menjabat sebagai Ketua Jurusan Ekonomi IKIP Sanata Dharma Yogyakarta, sedang melakukan lawatan ke Eropa.

Sekembalinya dari Eropa beliau mempunyai gagasan untuk mendirikan sekolah bisnis semacam Harvard Business School di Indonesia. Lewat perantara Mr. F. Diepen, Direktur Fokker (perusahaan pesawat terbang), Dr. Kadarman bertemu dengan Mr. FG. Hendricks di Belanda.

Keduanya sepakat menyatu­kan gagasan dan berusaha mewujudkan sekolah bisnis tersebut di Indonesia. Dr. Kadarman dan Mr. FG. Hendricks berusaha men­emui beberapa pengusaha, termasuk pengusaha dari pabrik mobil DAF, dan pejabat Direktorat Kerjasama Teknik Internasional dari Departe­men Luar Negeri Belanda.

Berdirinya Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Manajemen

Tahun 1967, tepatnya pada tanggal 3 Juli 1967 bertempat di kediaman seorang pengusaha yang bernama C. Soebianto di Jl. Wijaya I/41 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, diadakan ra­pat pendirian yayasan.

Artikel Lain : Apa itu Manajemen Pemasaran?

Bapak C. Soebianto kemudian juga menyediakan ruang kantor di Jl. Melawai Raya 16 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan untuk menopang kegiatan awal pendirian yayasan. Salah satu agenda rapat adalah meminta kesediaan tiga tokoh yaitu:

Prof. Dr. Bah­der Djohan mewakili tokoh muslim, Mr. Dr. AM. Tambu­nan sebagai wakil dari Kristen Protestan, dan IJ. Kasimo mewakili kaum Katolik, untuk bertindak sebagai pendiri Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Manajemen di depan notaris.

Alasan ketiga tokoh tersebut dipilih adalah karena telah dikenal, dan senantiasa teguh dalam perjuangan dan pengabdian kepada Republik Indonesia. Dalam perjalanan sejarahnya, komposisi ini kemudian dilengkapi dengan unsur yang mewakili Budha dan Hindu.

Setelah Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Manajemen didirikan di depan notaris dengan berbagai golongan agama yang ikut masuk dalam kepengurusan yayasan semakin utuhlah pondasi Yayasan. Adapun maksud dan tujuan didirikan yayasan ini, yaitu untuk mengembangkan manajemen di Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Artikel Lain : Apa itu Manajemen Biaya?

Sebuah sistem manajemen yang memperhatikan kepentingan semua golongan yaitu: pemilik modal, karyawan, konsumen, masyarakat, dan pemerintah.

Yayasan juga secara tegas menolak manajemen kapitalis yang memutlakkan laba, juga menolak dengan tegas manajemen ala komunis yang mengorbankan kepribadian manusia demi kepentingan kolektif.

Berpindah Menuju Menteng

Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Manajemen waktu itu Letjen (Purn.) TNI AD Dr. TB. Simatupang dan Duta Besar Belanda Mr. Hugo Scheltema pada 9 September 1969 menandatangani Cofinancing Agreement.

Selanjutnya Pemerintah Belanda menunjuk Nederlandse Organisatie voor Inter­nationale Samenwerking di Den Haag sebagai pelaksana untuk mendapatkan dana pengadaan Gedung Bina Manajemen. Akhirnya pada 1 Juni 1972 seluruh aktivitas LPPM berpindah dari Jl. Budi Kemuliaan No 2 ke Gedung Bina Manajemen Jl. Menteng Raya 9.

Perguruan Tinggi PPM School of Management

Salah satu lembaga yang berada dibawah naungan yayasan PPM Manajemen adalah PPM School of Management atau PPM SoM. Berikut cerita singkat bagaiman PPM SoM bisa berdiri.

Setelah rapat pertama pendiri Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Manajemen pada 19 Februari 1968 Management Institute (PTM) secara resmi berdiri. Dr. A.M Kadarman diangkat sebagai Rektor pertama.

PTM itu terkenal sebagai lembaga yang ketat dipilih staf mereka. Dari 250 pelamar pada tahun 1970, misalnya, hanya ada 20 orang yang diterima.

Pada tahun 1969, seperti yang disarankan oleh Pendidikan Indonesia dan Departemen Kebudayaan, PTM menjadi School of Management (STM) dan terakreditasi oleh departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Artikel Lain : Cara Manajemen File dan Folder dengan Efektif

Sejak didirikan, lembaga ini berorientasi untuk mendapatkan pengakuan dari komunitas bisnis yang dimanfaatkan lulusannya. Pada tahun 1970, STM berubah menjadi Lembaga Pendidikan Manajemen dan Pelatihan (LPPM) yang memberikan pelatihan jangka pendek dan jangka panjang.

Tahun 1977, LPPM memperkenalkan salah satu program yang sangat baik, yaitu Program Manajemen Wijawiyata (WM). Ini adalah program non gelar 10 bulan bagi mereka yang baru saja lulus dari tingkat pendidikan tinggi. Setelah minimal kerja 12 bulan, siswa WM dapat melanjutkan studi mereka untuk mendapatkan gelar Master.

Kemudian di tahun 1985 LPPM didirikan PPM Graduate School of Management dengan membuka program MBA (Master of Business Administration). Seiring dengan perkembangan program gelar, LPPM berubah menjadi Institut PPM. Pada tahun 1993, program MBA menjadi Program Magister Manajemen Eksekutif (MM Eksekutif)

Pada tahun 1999 nama resmi dari Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Manajemen berubah menjadi Lembaga Manajemen PPM dengan empat unit strategis, yaitu Direktorat Pelatihan Eksekutif dan Pengembangan, Direktorat Konsultan (PT Binaman Utama), Direktorat Sekolah (Institut Manajemen PPM atau PPM School of Management) dan Unit publikasi (PT Binaman Pressindo).

Artikel Lain : Pengertian Konsultan Manajemen serta Pentingnya dalam Perusahaan

Jurusan PPM Manajemen SoM

Saat ini Manajemen Institut PPM atau PPM School of Management menawarkan tiga program studi sebagai berikut:

1. Program Studi Sarjana (terakreditasi dengan “A” menurut Tingkat Pendidikan Nasional (BAN-PT))

  • Sarjana Manajemen Bisnis Reguler (SMB)
  • Sarjana Profesional Manajemen Bisnis (SMB-Pro)
  • Sarjana Akuntansi Bisnis (SAB)
  • Sarjana dan Master PPM – Universitas Fu Jen Taiwan

2. Program Studi Magister (terakreditasi dengan “A” menurut Tingkat Pendidikan Nasional (BAN-PT))

  • Magister Manajemen Wijawiyata (MM-WM)
  • Magister Muda Manajemen Eksekutif (MM-EM)
  • Magister Eksekutif Manajemen (MM-E)

Cara Mendaftar PPM Manajemen School of Management

Prosedur Pendaftaran

  1. Isi formulir pendaftaran
  2. Lakukan pembayaran Rp 200.000, – untuk tes seleksi melalui cabang BCA Kwitang atas nama PPM Yayasan “Yayasan PPM” (nomor rekening 6860038801) atau melalui kasir PPM School of Management
  3. Melampirkan fotokopi kartu identitas (KTP / SIM / Paspor).
  4. Melampirkan 2 (dua) lembar foto berwarna ukuran 4 X 6.
  5. Melampirkan salinan semua laporan SMU / SMK (dengan legalisir).
  6. Untuk siswa Manajemen Bisnis Profesional (SMBP), perlu melampirkan transkrip legalisir dari universitas sebelumnya

Artikel Lain : Cara Mudah Manfaatkan Mananjemen UN Dapodik

Persyaratan Calon Mahasiswa

  1. Terdaftar sebagai siswa kelas XII (dua belas) / 3 SMU / setara.
  2. Lulus tes seleksi yang diadakan oleh PPM School of Management
    • Tes Psikologi
    • Tes bahasa Inggris atau memiliki laporan nilai akhir ≥ 7,5 / toefl 500 / Ilets 6
    • Matematika, atau memiliki laporan nilai akhir ≥ 7,5

Syarat dan Ketentuan Pembayaran

  1. Kandidat yang lulus seleksi telah diberi informasi dan skema biaya pendidikan dari PPM School of Management.
  2. Kandidat akan disimpan dalam database sebagai mahasiswa baru Sekolah Tinggi Manajemen PPM, jika mereka sudah membayar biaya kuliah dari jumlah konfirmasi Rp 10.000.000 (sepuluh juta) melalui BCA Cabang Kwitang atas nama “Yayasan PPM” (nomor rekening 6860038801 ) atau melalui kasir PPM School of Management.
  3. Calon harus mengirim tanda terima melalui e-mail ke: tet@ppm-manajemen.ac.id (cc: kasir_stm@ppm-manajemen.ac.id) telepon 021 2300313 ext 2445 (Mr Marsudi / Ibu Teti), atau datang langsung untuk PPM School of Management, Gedung B, lantai 4, Menteng Raya No.9, Jakarta Pusat.

Biaya Investasi

  • Grade A Rp. 25.000.000, –
  • Grade B Rp. 35.000.000, –
  • Grade C Rp. 45.000.000, –
  • Grade D Rp. 55.000.000, –
  • Biaya pembangunan Rp. 6.000.000, – / Semester
  • Kredit Biaya Rp. 400.000, – / SKS
  • Orientasi Biaya Rp. 1.500.000, –

Artikel Lain : Bagaimana Pola Manajemen Orang Jepang?

Selain sekolah manajemen yayasan PPM Manajemen juga memberikan layanan seperti Pelatihan manajemen, Asesmen SDM, Riset dan Konsultasi, hingga jasa penulisan dan penerbitan.

Nah itulah tadi sedikit info mengenai PPM Manajemen. Semoga dapat bermanfaat jika ada pertanyaan mengenai PPM Manajemen anda bisa mengunjungi website ppm-manajemen.ac.id. Cukup sekian dari saya, sampai jumpa pada artikel selanjutnya semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini


Semua Tentang PPM Manajemen, Sekolah Manajemen Tertua Indonesia | Rocket Manajemen | 4.5
%d bloggers like this: