8 Ciri-Ciri Pesan Hoax, Spam atau “Sampah” di Whatsapp

Ciri-ciri pesan spam dan hoax di whatsapp ada lumayan banyak. Namun sebelum membahas tentang ciri-ciri pesan spam dan hoax diwhatsapp, prlu kita bahas terlebih dahulu apa itu pesan spam dan hoax.

Pengertian pesan spam adalah pesan yang dikirim berulangkali dan ini buan atas keinginan kita sehingga kita merasa terganggu dengan adanya pesan ini. Mungkin kamu sudah sendiri pernah mengalami sendiri. Ada orang tidak dikenal tiba-tiba mengirimi pesan kepada kita. Setelah kita buka ternyata pesan yang kita terima pesan yang tidak jelas sama-sekali. Dan ini dilakukan berulang kali sehingga kita merasa terganggu. Inilah yang dinamakan pesan spam.

Sedangkan pengertian pesan hoax adalah pesan yang berisi sesuatu untuk menipu atau mengakali pembaca/penerima pesan dengan maksud mempengaruhi dan membuat percaya penerima pesan, padahal pesan tersebut hanyalah kebohongan dan palsu.

Nah, kalau pesan hoax ini mungkin kita sangat sering sekali menerimanya. Karena kita tahu sendiri masih banyak orang yang menggunakan whatsapp sangat mudah dipengaruhi pesan hoax ini. Ini dikarenakan kurangnya tabayun kepada sumber aslinya.

Setelah mengetahui apa itu pesan spam dan pesan hoax, maka kamu juga perlu mengetahui apasaja Ciri-ciri pesan spam dan hoax di whatsapp. Ada beberapa ciri-cirinya :

  1. Terdapat kesalahan penulisan dan tata bahasa
  2. Meminta kamu untuk melakukan klik pada tautan pesan tersebut
  3. Meminta kamu untuk membagikan informasi pribadimu (seperti kartu kredit dan nomor akun bank, tanggal lahir, kata sandi, dsb.)
  4. Terdapat ajakan untuk meneruskan pesan tersebut.
  5. Mengatakan kamu akan dikenakan biaya penggunaan whatsapp jika tidak ikut meneruskan pesan. Padahal pihak whatsapp sendiri sudah dengan jelas mengatakan bahwa penggunaan aplikasi whatsapp ini gratis tanpa dipungut biaya apapun.
  6. Pengirim pesan mengaku bekerjasama dengan WhatsApp
  7. Pesan mengklaim bahwa kamu dapat menghindari hukuman, seperti suspensi/blokir akun jika kamu meneruskan pesan tersebut.
  8. Pesan berisi imbalan atau hadiah dari WhatsApp atau orang lain.

Nah, jika kamu menerima pesan dengan ciri-ciri diatas, maka bisa dipastikan pesan tersebut termasuk pesan spam dan pesan hoax. Kami sarankan ketika kamu menerima pesan seperti itu untuk melakukan pemblokiran nomor pengirim pesan itu, serta mengabaikan dan menghapus pesan tersebut.

Jangan melakukan klik pada tautan yang ada pada pesan tersebut karena bisa jadi pesan tersebut merupakan jebakan untuk kita demi keuntungan pengirim pesan atau pemilik tautan. Dan yang paling penting jangan sampai kita ikut-ikutan meneruskan pesan tersebut tanpa melakukan tabayun terlebih dahulu untuk mencari kebenarannya.

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan kita bisa membedakan mana pesan spam dan hoax dengan pesan asli. Bagi kamu yang masih merasa bingung atau memiliki pertanyaan mengenai artikel diatas, kamu bisa menuliskannya pada kolom komentar dibawah. Insya Allah akan kami balas. Terimakasi telah membaca artikel kami. Baca juga artikel kami lainnya yang tak kalah menariknya.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: